Menabung

Inilah 5 Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Wajib Tahu

Cara mengatur gaji 2 juta rupiah penting Anda ketahui agar bisa hemat dan bisa menabung. Meski terlihat sulit dilakukan, namun sebenarnya sangat mudah jika Anda melakukannya dengan benar. Dengan perencanaan keuangan yang benar, Anda bisa memiliki simpanan masa depan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari beberapa cara mengatur keuangan untuk gaji 2 juta dibawah ini.

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

1. Terapkan Aturan 50/30/20

Hal pertama yang perlu dilakukan agar gaji 2 juta rupiah bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam satu bulan, perlu memakai aturan 50/30/20. Aturan tersebut sangat membantu dalam mengalokasikan gaji yang diterima.

Agar aturan ini bisa bekerja sesuai harapan maka perlu dilakukan saat gaji baru diterima dan belum digunakan untuk keperluan apapun. Contoh penerapan aturan ini, jika Anda menerima gaji 2 juta rupiah maka langsung sisihkan 50% dari total gaji. 50% dari 2 juta itu nanti digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, cicilan, tagihan bulanan, dan sebagainya.

Lalu sisihkan lagi 30%  untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan tidak tetap. Kebutuhan tidak tetap atau sekunder seperti membeli skincare, jalan-jalan, dan semacamnya. Sisanya yang 20% sisihkan untuk tabungan serta pelunasan hutang yang belum selesai.

Anda juga bisa mengalokasikan sisa uang untuk Pendanaan di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Banyak pilihan pendanaan yang bisa Anda pilih mulai dari Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender. Download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store dan mulai pendanaan sekarang juga.

2. Membuat Laporan Keuangan

Cara mengatur uang gaji 2 juta rupiah selanjutnya membuat sebuah laporan keuangan. Isi dari laporan keuangan tersebut adalah pendapatan atau pemasukan setiap bulan serta berbagai macam pengeluaran yang terjadi selama satu bulan.

Akan lebih baik jika pembuatan laporan dilakukan dengan detail dan rapi. Caranya adalah dengan membuat kategori dalam setiap pengeluaran, misalnya mengkategorikan pengeluaran yang pasti dilakukan setiap bulan yaitu sewa rumah, cicilan motor, asuransi, tagihan listrik dan internet, dan sejenisnya.

Laporan seperti itu bisa sangat membantu cara mengatur penghasilan yang didapatkan setiap bulan lebih mudah. Pastikan untuk selalu menulis setiap pengeluaran sekecil dan seremeh apapun itu.

3. Bayar Tagihan Secara Otomatis

Anda bisa menggunakan kecanggihan teknologi untuk membayar tagihan bulanan secara otomatis bisa membuat Anda terhindar dari keterlambatan pembayaran tagihan.

Jika tagihan dibayar tepat waktu tentu resiko terkena denda semakin kecil sehingga pengeluaran setiap bulan tidak akan terganggu. Cara satu ini direkomendasikan untuk Anda yang tidak memiliki waktu luang dalam membuat perencanaan keuangan secara rinci serta sulit untuk memulai kebiasaan menabung.

4. Hilangkan Pengeluaran Kecil

Saat membuat anggaran, biasanya banyak hal-hal kecil yang ikut dan masuk dalam anggaran pengeluaran. Contohnya seperti langganan TV kabel padahal TV di rumah jarang dinyalakan, atau langganan koran yang sebetulnya jarang ada waktu luang untuk bersantai dengan membaca koran. Baiknya pangkas pengeluaran kecil seperti itu agar anggaran untuk hal kecil seperti itu bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat. Bahkan akan lebih baik jika anggaran untuk hal-hal kecil tadi digunakan untuk memenuhi rekening tabungan.

5. Metode Anggaran 80/20

Ini adalah metode yang mirip dengan aturan 5030/20. Hanya saja di sini cara mainnya, sisihkan 20% untuk tabungan saat pertama kali menerima gaji, dan sisanya bisa dihabiskan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Cara ini cocok bagi Anda yang anti dan tidak suka dengan sistem laporan keuangan atau penyusunan anggaran. Cara ini juga cocok untuk mendisiplinkan diri dalam menabung demi kepentingan masa mendatang.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan untuk gaji 2 juta yang penting Anda terapkan dari sekarang. Dengan begitu, Anda bisa menata masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Referensi :

Berkeluarga. December 29, 2020. Tips Mengatur Keuangan Gaji 2 Juta, Tetap Bisa Investasi!. Berkeluarga.id : https://bit.ly/30kFR0o

Share this Post

Artikel Terbaru