Waspadai Kekurangan Pinjaman Modal Usaha UMKM di Bank!

Pinjaman modal usaha UMKM melalui bank merupakan salah satu program pinjaman modal usaha yang cukup terkenal di kalangan pelaku UMKM di Indonesia. Namun, sebelum mulai melakukan pinjaman modal usaha di Bank, sebaiknya kamu waspadai kekurangan pinjaman modal usaha UMKM di Bank berikut ini!

  • Prosedur Sulit

Pengajuan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan sering memakan waktu yang lama. Para pelaku usaha menganggap prosesnya berbelit dan syaratnya tidak mudah.

Bahkan mereka merasa prosedurnya merepotkan. Utamanya menyangkut persyaratan formal dan dokumen legal yang kadang tidak mereka miliki.

  • Ragu Bisa Mengembalikan Pinjaman

Banyak pelaku UMKM yang tidak mau meminjam ke bank atau lembaga keuangan dengan alasan takut tak bisa mengembalikan. Mereka merasa lebih nyaman menjalankan usaha dengan modal sendiri walaupun kecil. Tidak sedikit yang merasa dikejar-kejar utang jika menggunakan modal dari pinjaman bank atau lembaga keuangan.

Pihak bank dapat melakukan tindakan paksa entah menyita asset atau bahkan mengambil paksa apabila peminjam tidak segera meskipun harus sampai jatuh bangkrut.

Apabila peminjam tidak sampai membayar lunas hutangnya, maka bank akan menyita kepemilikan perusahaan tunggal atau mitra yang bekerjasama dengan peminjam yang ikut menandatangani kontrak kredit.

  • Kekurangan Informasi

Masih banyak pelaku UMKM yang tidak tahu cara menjadi nasabah bank. Kemungkinan mereka ingin mengajukan pinjaman, namun tidak mengetahui caranya karena tidak memiliki informasi yang meyakinkan.

Ada juga pelaku usaha yang belum pernah berhubungan dengan lembaga keuangan. Bahkan untuk menabung pun mereka masih merasa ragu. Kurangnya informasi ini bisa disebabkan minim lembaga keuangan yang berkantor hingga ke pedesaan.

Bagi kamu yang masih bingung dimana mendapatkan modal usaha terdapat jenis pinjaman modal usaha lain yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah Investree.

Sebagai pionir fintech P2P lending, Investree menawarkan solusi bisnis secara digital kepada para pegiat UKM melalui produk-produk pinjaman yang berfokus pada rantai pasokan serta menyediakan alternatif lain bagi masyarakat yang ingin memperoleh imbal hasil lebih secara nyaman dan bijak.

Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan.

Referensi:

Empat Alasan UMKM Khawatir Pinjam Modal Usaha ke Bank | merdeka.com

Meminjam Modal Usaha Dari Bank? Ini Kelebihan dan Kekurangannya – Elkana Bonding Agency (bonding-agency.com)