Marketplace Lending

Tips Bisnis Usaha Pangkas Rambut Serta Rincian Modalnya

Usaha pangkas rambut menjadi salah satu bentuk usaha yang tengah berkembang pesat saat ini karena mempunyai prospek yang sangat luas. Terlebih, jenis bisnis ini bisa dimulai dengan peralatan sederhana yang tidak terlalu mahal. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari cara memulai usaha pangkas rambut dibawah ini.

Tips Memulai Bisnis Pangkas Rambut

1. Mempertajam Skill Potong Rambut

Penting untuk menguasai skill potong rambut dengan baik. Sebagai pengusaha pemula, Anda mungkin mempertimbangkan untuk merekrut karyawan atau bekerjasama dengan kerabat atau sahabat yang mempunyai kemampuan tersebut. Akan tetapi, jika bisnis pangkas rambut dioperasikan seperti itu, perkembangan bisnis Anda akan bergantung pada mereka. Dengan mempertajam skill potong rambut, bisnis Anda akan bergantung pada Anda sendiri. Jikapun suatu saat nanti Anda membutuhkan karyawan baru, Anda dapat memberikan arahan dengan lebih baik.

2. Menentukan Brand yang Mudah Diingat

Nama dan logo yang menjadi representasi suatu brand harus dibuat sedemikian rupa agar mudah diingat oleh pelanggan. Lebih baik lagi jika nama dan logo brand di desain dengan karakteristik yang sesuai dengan konsep bisnis pangkas rambut Anda. Pastikan untuk tidak menjiplak logo dari pihak lain mengingat adanya pelanggaran hak cipta yang akan menimbulkan masalah bagi usaha Anda nantinya.

3. Menentukan Konsep Usaha Pangkas Rambut

Saat ini cukup banyak usaha pangkas rambut yang mengangkat konsep unik untuk menarik minat khalayak menggunakan jasa potong rambutnya. Beberapa diantaranya mengadopsi konsep balap dengan membuat tempat duduknya seperti motor balap, beberapa lainnya menggunakan konsep vintage dengan memadukan dekorasi, interior, furniture, hiasan dinding, hingga seragam pegawai yang di desain klasik, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mencari konsep yang sesuai dengan preferensi Anda, serta utamakan kenyamanan pelanggan dalam konsep tersebut.

4. Menyediakan Layanan Tambahan

Sebagian besar tempat pangkas yang sukses tidak hanya menyediakan potong rambut sebagai layanan utamanya, namun juga melengkapinya dengan berbagai layanan tambahan seperti cat rambut, keriting, meluruskan rambut, dan lainnya.

Rincian Modal Bisnis Pangkas Rambut

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis pangkas rambut sebenarnya tidak terlalu besar, apalagi jika skala usahanya masih skala rumahan yang target pasarnya warga sekitar. Namun jika Anda menghendaki usaha pangkas rambut yang lebih profesional, rincian modal berikut dapat menjadi referensi.

1. Sewa Tempat

Rata-rata, sewa tempat di daerah perkotaan membutuhkan anggaran sekitar Rp 1.000.000 sampai Rp 2.000.000 per bulan. Sementara untuk daerah pinggiran, mungkin bisa lebih rendah. Selain menggunakan satuan bulanan, beberapa penyewa ruko memberlakukan uang sewa tahunan dengan range sewa Rp 6.000.000 sampai Rp 10.000.000 per tahun.

2. Peralatan Pangkas Rambut

  • Mesin cukur elektrik Rp 350.000;
  • Gunting sasak Rp 75.000;
  • Gunting khusus potong rambut Rp 50.000;
  • Silet Rp 20.000;
  • Handuk kecil Rp 15.000;
  • Pisau cukur Rp 15.000;
  • Botol spray Rp 15.000; dan
  • Sisir Rp 10.000.

3. Perlengkapan Ruangan

Beberapa perlengkapan ruangan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengisi usaha pangkas rambut adalah kaca, kursi, kursi khusus cuci rambut, kipas angin atau AC, dan lainnya. Sebagai gambaran, keperluan ini membutuhkan uang sekitar Rp 5.000.000, bisa lebih atau kurang bergantung pada besar modal yang dimiliki dan konsep bisnis yang digunakan.

4. Staff

Asumsikan biaya upah pegawai dianggarkan sebesar Rp 800.000 sampai Rp 1.500.000 per bulan untuk setiap pegawainya.

Dengan demikian, total modal yang diperlukan untuk membuka usaha pangkas rambut adalah Rp 19.050.000. Nilai tersebut diambil dari nominal terbesar yang sudah dirinci di atas. Bagaimana? Sudah siap mengembangkan usaha Anda sendiri? Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha pangkas rambut, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha pangkas rambut dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

Supplier Salon. 7 Tips Memulai Usaha Bisnis Barbershop (Pangkas Rambut). Suppliersalon.com : https://bit.ly/30pSkjT

Share this Post

Artikel Terbaru