Marketplace Lending

Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel Bayar yang Wajib Diketahui

Meski sama-sama wesel, ada beberapa perbedaan wesel tagih dan wesel bayar yang penting Anda ketahui. Wesel merupakan surat atau dokumen yang di dalamnya berisi tentang janji tertulis dan isinya berkaitan dengan uang  suatu pihak yang diberikan kepada pihak lainnya. Dalam surat tersebut akan tertulis tanggal pembayaran sejumlah uang. Wesel memiliki dua jenis, yaitu wesel tagih dan wesel bayar. Kedua jenis wesel ini memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Bagi Anda yang belum tahu perbedaan kedua jenis wesel ini, langsung saja simak penjelasannya di dibawah ini.

Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel Bayar yang Wajib Diketahui

1. Pengertian

Wesel tagih adalah sebuah pernyataan tertulis yang di dalamnya menyebutkan utang suatu perusahaan yang belum terbayar oleh pihak lain ataupun perusahaan lainnya. Wesel ini juga sering disebut dengan nama piutang wesel. Perlu diketahui jika wesel tagih ada yang memiliki bunga atau tanpa bunga. Ada atau tidaknya bunga merupakan keputusan pihak yang memberikan pinjaman. Biasanya bunga akan diberikan jika nominal uang yang dipinjamkan cukup besar.

Wesel bayar adalah salah satu bentuk surat utang yang diterbitkan atau dibuat oleh suatu perusahaan atau entitas dengan tujuan supaya wesel bisa digunakan untuk membayar utang usaha yang sudah atau telah jatuh tempo. Hal ini berarti jenis wesel ini dibuat oleh suatu perusahaan yang memiliki utang kepada orang lain. Tidak salah jika kemudian wesel ini juga disebut dengan nama utang wesel.

2. Karakteristik

Dilihat dari segi karakteristik, kedua jenis wesel ini memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari wesel tagih dan wesel bayar:

Karakteristik Wesel Tagih

  1. Dibuat Berdasarkan Sudut Pandang Pemberi Pinjaman Dana

Wesel tagih merupakan surat perjanjian tertulis yang diterbitkan atau dibuat oleh pihak yang memberi pinjaman atau pihak yang nanti menerima pembayaran dari pinjaman, Jenis wesel ini merupakan dasar dari bukti piutang suatu perusahaan pada pemberi pinjaman.

  1. Wesel Tagih Termasuk Aktiva

Wesel tagih atau piutang wesel termasuk aktiva. Ini dikarenakan posisi wesel tagih adalah kekayaan yang dimiliki suatu perusahaan. Jika pinjaman yang diberikan dibayar maka perusahaan akan menerima uang yang dipinjamkan tersebut.

  1. Wesel Tagih Bertambah di Sisi Debit 

Wesel tagih atau piutang wesel akan berada di sisi debit apabila dilihat pada sebuah jurnal. Maksudnya adalah pemberi pinjaman bisa mendapatkan tambahan debit berupa kas atau pendapatan. Ini berarti wesel tagih adalah salah satu aset yang dimiliki suatu perusahaan dan bisa menambah kekayaan perusahaan.

Karakteristik Wesel Bayar

  1. Dibuat dari Sudut Pandang Peminjam

Berbeda dengan wesel tagih, wesel bayar dibuat berdasarkan sudut pandang peminjam maupun pihak yang harus membayar pinjaman. Dalam hal ini berarti wesel merupakan bukti resmi untuk menagih uang yang dipinjamkan kepada peminjam.

  1. Wesel Bayar Termasuk Pasiva

Wesel bayar atau utang wesel termasuk pasiva karena ini merupakan jenis kewajiban dari penerbit wesel untuk melunasi uang yang dipinjam pada pihak lain. Jika suatu perusahaan memiliki utang wesel maka harus dibayar sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

  1. Wesel Bayar Bertambah di Sisi Kredit

Dalam sebuah jurnal, nantinya wesel bayar akan bertambah di sisi kredit. Namun, perlu dijadikan catatan bahwasanya jenis wesel ini juga bisa masuk di sisi debit. Perbedaan ini bisa dilihat ketika wesel diterbitkan. Dimana wesel bayar bisa dimasukkan pada sisi kredit saat penerbitan. Akan tetapi, bisa masuk di sisi debit apabila terjadi pelunasan.

Itulah informasi tentang perbedaan wesel tagih dan wesel bayar yang wajib diketahui. Dari penjelasan diatas bisa diketahui jika kedua jenis wesel ini memiliki banyak perbedaan. Semoga Anda sudah bisa membedakan keduanya. Selain wesel, masih banyak surat berharga yang bisa Anda miliki salah satunya surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah. Anda bisa beli Surat Berharga Negara di https://investree.id/invest/sbn atau aplikasi mobile Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Referensi:

Accurate.id. 28 April 2020. Mengenal Pengertian dan Perbedaan Wesel Bayar dan Wesel tagih. Accurate.id. https://bit.ly/3FbHjSy

Ivana. 22 September 2021. Wesel Bayar vs. Wesel Tagih, Apa Bedanya?. Konsultanku.co.id. https://bit.ly/3meZ2kk

Share this Post