Pengertian, Manfaat, dan Contoh Pendanaan Jangka Pendek

Pendanaan jangka pendek merupakan salah satu solusi keuangan yang disediakan oleh lembaga perbankan. Kini ada banyak sekali contoh pendanaan jangka pendek yang bisa menjadi pilihan Anda. Solusi ini memang sangat cocok bagi seseorang yang memiliki kebutuhan dana besar dalam kondisi mendesak.

Lalu, apa sebenarnya pengertian dan manfaat pendanaan jangka pendek? Apa saja contohnya dalam dunia perbankan? Yuk, informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Pengertian dan Manfaat Pendanaan Jangka Pendek

Secara umum, pendanaan jangka pendek adalah dana pinjaman yang diberikan oleh lembaga perbankan untuk melakukan sesuatu yang harus dibayarkan dalam jangka waktu maksimal 1 tahun. Pendanaan seperti bisa didapat dari mana saja. Mulai dari bank hingga perusahaan tempat Anda bekerja.

Adapun beberapa manfaat dari pendanaan jangka pendek adalah sebagai berikut.

  1. Tidak Kesulitan Ketika dalam Keadaan Darurat

Manfaat pendanaan jangka pendek yang pertama adalah Anda tidak akan mendapat kesulitan saat butuh uang secara mendadak. Sebab, prosesnya lebih mudah dan birokrasinya tidaklah lama.

  1. Mendapat Kebutuhan dengan Cepat

Pendanaan jangka pendek membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan mendesak dengan cepat. Artinya, jika Anda bisa memilih pendanaan jangka pendek sebagai pilihan yang tepat.

  1. Pilihan Alternatif bagi Orang yang Sulit Menabung

Pendanaan jangka pendek ternyata juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang sulit menabung. Sebab, kini sebagian orang lebih memilih untuk membeli kendaraan dengan metode pendanaan jangka pendek daripada menabung selama 3 tahun untuk membelinya.

  1. Persyaratan yang Lebih Mudah

Persyaratan dalam prosedur pendanaan jangka pendek lebih mudah dilakukan. Hal inilah yang membuat mayoritas orang banyak memilih pendanaan jangka pendek dibanding jangka panjang.

Contoh Pendanaan Jangka Pendek

Berikut ini adalah berbagai contoh pendanaan jangka pendek yang perlu Anda ketahui.

  1. Utang Pajak

Utang pajak termasuk contoh pendanaan jangka pendek. Utang pajak muncul karena aktivitas transaksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Besar kecilnya utang pajak yang dibayar tergantung dari hasil laba yang diterima oleh perusahaan.

  1. Utang Dagang

Selain utang pajak, ternyata utang dagang juga termasuk ke dalam contoh pendanaan jangka pendek. Maksud dari utang dagang adalah ketika perusahaan membeli pasokan barang dagang yang diperlukan melalui supplier dengan menggunakan metode transaksi kredit.

  1. Pinjaman KTA Bank

Pinjaman KTA bank termasuk contoh pendanaan jangka pendek dalam kategori tidak spontan. Kredit tipe ini biasanya tidak mengharuskan nasabah untuk menyertakan jaminan berharga.

  1. Pinjaman dengan Jaminan dari Bank

Pinjaman dengan agunan dari bank umumnya memberikan suku bunga yang jauh lebih kecil karena debitur sudah memberikan agunan atau jaminan berharga.

  1. Leasing

Leasing adalah contoh pendanaan jangka pendek yang berupa pemberian kredit pada perusahaan. Akan tetapi, leasing adalah sewa guna usaha dalam bentuk barang modal. Baik secara finance lease maupun operating lease.

  1. Letter of Credit

Contoh pendanaan jangka pendek yang satu ini merupakan perjanjian yang diterbitkan oleh bank atas permintaan nasabah dalam melakukan transaksi dokumen ekspor dan impor yang dikirim oleh pihak penerima letter of credit.

  1. Commercial Paper

Commercial paper atau surat berharga komersial adalah bentuk pendanaan yang sering digunakan dalam berbisnis. Surat berharga komersial ini adalah instrumen pasar uang yang mana perusahaan menerbitkan surat utang jangka pendek tanpa adanya jaminan di pasar uang.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian, manfaat, dan contoh pendanaan jangka pendek yang perlu Anda pahami.

Referensi:

https://www.cekaja.com/info/jenis-jenis-pendanaan-jangka-pendek

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/06/04/pendanaan-jangka-pendek