Pengertian Asuransi Jiwa beserta Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk persiapan seseorang untuk memastikan agar kehidupan di masa mendatang bisa tetap aman dan tercukupi dari segi finansial. Seperti yang kita ketahui bahwa kematian menjadi hal yang penuh misteri dan tidak bisa ditebak.

Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang memilih untuk mengajukan asuransi jiwa untuk memberikan perlindungan kepada dirinya sendiri dan juga keluarga jika suatu hari nanti terjadi hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini yang dimaksud adalah kematian.

Namun, sebenarnya apa itu asuransi jiwa? Apa saja jenis asuransi jiwa yang bisa menjadi pilihan dan manfaatnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa adalah perlindungan bagi keluarga peserta sebagai pemegang polis asuransi jika terjadi kematian. Asuransi jiwa sangat memungkinkan sebuah keluarga mendapatkan keamanan dan juga perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Jadi, peserta yang mendaftarkan diri dan keluarganya sebagai nasabah asuransi jiwa, diwajibkan untuk membayar premi yang ditentukan secara berkala. Apabila suatu saat peserta tersebut meninggal dunia, maka uang tersebut akan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai bentuk uang pertanggungan.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Adapun jenis-jenis asuransi jiwa adalah sebagai berikut.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka adalah perlindungan jiwa dalam waktu tertentu yang telah disepakati oleh perusahaan asuransi dan peserta. Jenis asuransi jiwa ini memiliki risiko tertentu. Misalnya jika polis tidak aktif, maka manfaat yang diperoleh akan berhenti dan permi menjadi hangus.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup umumnya memberikan perlindungan hingga tertanggung berusia 99-100 tahun. Tarif premi yang harus dibayarkan bersifat tetap serta tidak mengalami peningkatan. Artinya, jika polis tidak aktif lagi hingga tertanggung meninggal dunia, maka peserta asuransi masih mendapatkan nilai tunai yang telah dijanjikan.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Asuransi jiwa dwiguna memiliki manfaat ganda berupa proteksi jiwa dan tabungan. Peserta yang memilih asuransi jiwa ini akan mendapat perlindungan asuransi yang pasti selama tertanggung hidup hingga tanggal jatuh tempo.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis asuransi yang satu ini tidak hanya bertugas untuk mengembalikan uang pertanggungan. Namun, pemegang polis asuransi jiwa link juga akan mendapatkan tambahan berupa hasil investasi.

Manfaat Asuransi Jiwa

Adapun berbagai manfaat asuransi jiwa adalah sebagai berikut.

1. Proteksi dari Risiko Kematian

Manfaat pertama dari asuransi jiwa adalah mendapat proteksi dari risiko kematian yang dapat diterima oleh pihak tertanggung.

2. Menjaga Kelangsungan Hidup Keluarga Tertanggung

Asuransi jiwa juga memberikan manfaat berupa perlindungan kelangsungan hidup bagi keluarga tertanggung atau ahli waris ketika mereka tidak lagi memiliki mata pencaharian. Jadi, asuransi memberikan dukungan secara finansial yang bisa digunakan keluarga tertanggung untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

3. Sebagai Tambahan Investasi

Bisa dikatakan bahwa asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang bisa menjadi kehidupan di masa mendatang. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak orang tertarik mendaftarkan dirinya ke asuransi jiwa.

Demikian penjelasan tentang asuransi jiwa yang perlu diketahui. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa asuransi jiwa ini bisa menjadi instrumen investasi yang menguntungkan.

Nah, selain asuransi jiwa, Anda juga bisa berinvestasi di Investree melalui layanan Reksa Dana for Lender. Anda akan mendapatkan return yang atraktif jika berinvestasi di Investree. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan diri sebagai Lender di Investree, ya.

Referensi:

https://www.katadata.co.id/redaksi/finansial/611609d483292/asuransi-jiwa-pengertian-manfaat-dan-daftar-perusahaan

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220112161448-83-745746/pengertian-dan-manfaat-asuransi-jiwa