Pengaruh Modal Usaha UMKM Terhadap Perekonomian

Pasca pandemi covid-19 jumlah masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi semakin bertambah. Keberadaan UMKM kini semakin krusial karena menjadi salah satu sumber untuk menyambung kehidupan masyarakat. Sayangnya, sebagian besar UMKM masih menggunakan modal sendiri tanpa bantuan modal dari perbankan sehingga tidak dipungkiri mempengaruhi kinerja dari UMKM itu sendiri. 

Nah, kali ini kita akan membahas pengaruh modal usaha UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Simak lebih jelasnya di paragraf berikut!

Definisi Modal Usaha UMKM

Modal adalah faktor usaha yang perlu disediakan sebelum melakukan kegiatan dagang atau usaha. Besar kecilnya modal biasanya akan mempengaruhi perkembangan usaha juga pencapaian pendapatannya.

Namun, pada umumnya UMKM memiliki modal usaha yang terbatas. Ini diakibatkan kurangnya informasi pemilik usaha akan akses pembiayaan dan keterbatasan kemampuan untuk menembus sumber modal tersebut. Di lain pihak, mengingat struktur pasar UMKM mengarah pada persaingan sempurna (banyak produsen dan banyak konsumen), tingkat persaingan sangatlah ketat. 

Lalu, bagaimana jika pelaku UMKM dapat dengan mudah mendapat sumber modal usaha? Bagaimana pengaruhnya terhadap perekonomian?

  • Pengusaha mencapai keuntungan maksimal

Mencapai keuntungan maksimal merupakan tujuan utama semua pelaku usaha. Karena jika pendapatan meningkat, maka kesejahteraan akan ikut meningkat juga. Pendapatan yang ada juga berguna untuk mempertahankan keberlangsungan suatu usaha. Apabila pendapatan terus bertambah itu merupakan tanda usahanya mengalami perkembangan. 

  • Memaksimalkan pemasaran

Tak jarang terdapat UMKM yang memiliki produk-produk berkualitas dan memenuhi standar internasional. Namun, banyak sekali UMKM yang terkendala modal usaha untuk memasarkan produknya. Jika pelaku UMKM mendapatkan modal usaha yang sesuai untuk pemasaran bukan tidak mungkin produk hasil usaha mereka dapat mengikuti dalam pameran internasional. Sehingga, masyarakat internasional mengenal produk mereka dan kemudian memesan produk tersebut.

  • Membuka lapangan pekerjaan

Sudah kita ketahui peningkatan pertumbuhan perekonomian Indonesia juga dipengaruhi oleh keterlibatan UMKM. Hal ini dikarenakan UMKM dapat menyerap tenaga kerja yang berpendidikan rendah sehingga salah satu motor penggerak bagi pembangunan ekonomi dan komunitas lokal. Tercatat  UMKM sukses menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yakni sekitar 97% dari daya serap dunia usaha Indonesia di tahun 2020.

Nah, itu tadi merupakan pengaruh modal Usaha UMKM terhadap perekonomian. Jika kamu sedang mencari modal usaha dan bingung pilih yang mana, terdapat jenis pinjaman modal usaha lain yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah Investree.

Sebagai pionir fintech P2P lending, Investree menawarkan solusi bisnis secara digital kepada para pegiat UKM melalui produk-produk pinjaman yang berfokus pada rantai pasokan serta menyediakan alternatif lain bagi masyarakat yang ingin memperoleh imbal hasil lebih secara nyaman dan bijak.

Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan.

Referensi:

13484-Full_Text.pdf (unismuh.ac.id)

MERI HANDANI..EES.150754 – Meri Handani.pdf (uinjambi.ac.id)

Begini Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia! (idxchannel.com)