Marketplace Lending

Mengenal Pengertian Crowdfunding Serta Cara Kerjanya

Crowdfunding adalah salah satu bentuk permodalan yang bisa membantu Anda mengembangkan usaha. Tidak dipungkiri bahwa modal merupakan pondasi utama dalam sebuah bisnis. Jika pondasi tersebut tidak kuat, maka tidak bisa menopang semua isinya dengan baik. Maka dari itu, memiliki dana yang cukup saat memulai bisnis merupakan hal utama yang wajib dipersiapkan. Untungnya, saat ini ada banyak cara mudah untuk mengajukan pinjaman modal bisnis atau usaha. Untuk mendapatkan pinjaman modal yang lebih baik, Anda bisa memanfaatkan crowdfunding. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa pelajari dibawah ini.

Apa Itu Crowdfunding?

Crowdfunding merupakan sebuah bentuk pendanaan bagi mereka yang membutuhkan sejumlah dana untuk mengembangkan bisnis atau usaha dimana pendanaan tersebut dikumpulkan dari beberapa orang. Sistem ini memanfaatkan upaya kolektif dari beberapa individu secara online dengan menggunakan platform atau media sosial khusus crowdfunding sebagai alat untuk menjangkaunya.

Pada beberapa tahun terakhir, aneka platform untuk urun dana semakin memperluas jangkauannya. Dengan adanya beragam platform tersebut, maka akan semakin mudah bagi para pekerja kreatif seperti penulis, seniman, musisi, hingga podcaster untuk menawarkan gagasan kreatifnya ke publik agar bisa mendapatkan pendanaan dari masyarakat yang tertarik dengan karya mereka.

Manfaat paling jelas dari platform ini adalah individu maupun perusahaan yang memiliki bisnis dan membutuhkan pendanaan bisa mendapatkan akses ke sekelompok pendana. Baik pendana berupa investor maupun masyarakat umum yang mendukung bisnis dan gagasan mereka. Dengan keberadaan sosial media, platform ini semakin menjangkau banyak pihak, sehingga semakin mempermudah individu atau pemilik bisnis untuk menemukan berbagai pihak yang tepat untuk mendukung mereka.

Cara Kerja Crowdfunding

1. Buat Proposal Usaha

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat proposal usaha. Agar orang lain tertarik untuk menanamkan dana pada bisnis Anda, maka pastikan untuk menyiapkan proposal usaha yang informatif, menarik, dan interaktif. Dengan begitu, maka informasi yang Anda berikan dalam proposal tersebut bisa diterima dengan baik oleh mereka yang akan menanamkan dana pada bisnis Anda.

Sementara itu, informasi yang harus dicantumkan pada proposal tersebut juga harus lengkap. Mulai dari jenis usaha, proses manajemen, proses pemasaran, serta tujuan utama dari bisnis tersebut. Untuk membuat proposal yang menarik, Anda bisa menyajikannya melalui teks, gambar, maupun video.

2. Daftarkan Proposal ke Platform Crowdfunding

Jika proposal sudah dibuat dengan lengkap dan baik, selanjutnya adalah mendaftarkan proposal tersebut pada platform Crowdfunding. Namun, pastikan Anda memilih platform yang terpercaya serta memiliki regulasi yang resmi. Dengan begitu, maka segala proses transaksi dana yang dilakukan bisa lebih aman.

3. Pantau Perkembangan Proposal

Jika sudah menemukan platform yang tepat, segera unggah proposal yang telah Anda buat. Tidak selesai sampai disitu, Anda juga perlu memantau perkembangan proses funding pada platform tersebut. Jika ada pemilik modal yang mengajukan pertanyaan terkait bisnis Anda, maka bisa langsung dijawab dengan memberikan jawaban yang jelas.

Dengan begitu, maka para pemilik modal yang tertarik dengan bisnis Anda bisa semakin yakin untuk menanamkan modal pada bisnis tersebut.

4. Pendanaan dari Investor

Bagi investor yang menaruh minat untuk membeli saham suatu perusahaan, langkah yang dilakukan adalah investasi sesuai keinginan. Manfaat yang didapatkan oleh investor berupa deviden yang nantinya diberikan dalam rentang waktu yang sudah ditetapkan oleh pemilik bisnis atau perusahaan. Misalnya, selama tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau bahkan setiap satu tahun sekali.

Itu dia pengertian crowdfunding beserta cara kerjanya. Meski menawarkan banyak manfaat, platform ini tentu saja memiliki beberapa kekurangan. Jadi, pastikan Anda mempelajari sistem kerjanya sebelum memutuskan untuk mencari pendanaan bisnis menggunakan platform ini. Selain crowdfunding, Anda juga bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Annasa Rizki Kamalina. 18 Oktober 2021  |  15:15 WIB. Apa Itu Skema Crowdfunding? Kenali Keuntungan dan Risiko Investasi. Finansial.bisnis.com : https://bit.ly/3EVQeaa

Share this Post

Artikel Terbaru