Marketplace Lending

Mengenal Pendanaan Perusahaan Beserta Contoh Kecilnya

Company funding atau pendanaan perusahaan merupakan bentuk pendanaan dari pemberi dana kepada suatu perusahaan. Terkadang istilah ini juga disebut sebagai pembiayaan perusahaan. Pada dasarnya suatu perusahaan memiliki sumber pendanaan yang berasal dari saham (ekuitas) atau utang. Bagi Anda yang belum paham tentang pendanaan perusahaan, mari pahami bersama-sama disini.

Apa Itu Pendanaan Perusahaan?

Pendanaan perusahaan adalah suntikan dana dari penyandang dana kepada suatu perusahaan. Pendanaan juga bisa diartikan sebagai cara yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan dana yang akan digunakan sebagai modal utama ataupun modal dana tambahan. Dana yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk mengerjakan suatu program, proyek, portofolio dan sebagainya.

Seperti yang disebutkan diatas bahwasanya sumber pendanaan suatu perusahaan berasal dari saham dan utang. Adapun tujuan dari pendanaan atau pembiayaan perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Menyewa Tempat

Apabila bisnis yang dijalankan terus berkembang tentu membutuhkan tempat atau lahan baru untuk menjalankan bisnis. Contohnya membutuhkan kantor baru untuk karyawan bekerja serta membutuhkan gudang baru untuk menyimpan stok. Jika Anda tidak memiliki tempat tersebut disarankan untuk menyewa tempat.

Menyewa tempat membutuhkan modal yang besar sehingga banyak perusahaan tidak melakukannya karena keterbatasan modal. Namun, masalah ini bisa diatas dengan keberadaan fasilitas pendanaan atau pembiayaan perusahaan.

2. Menggaji Karyawan

Untuk menjalankan bisnis pasti membutuhkan pendanaan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan, salah satunya menggaji karyawan. Peran karyawan dalam perusahaan sangat penting karena membantu pemilik usaha untuk menjalankan usahanya. Gunakan fasilitas pendanaan untuk menggaji karyawan supaya bisnis Anda semakin berkembang.

3. Merawat dan Memperluas Perlengkapan atau Peralatan

Agar proses produksi bisa berjalan dengan lancar dan optimal maka dibutuhkan peralatan atau perlengkapan. Peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan biasanya didapatkan dengan harga yang mahal sehingga harus dirawat dengan baik. Perawatan peralatan dan perlengkapan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi demi meningkatkan produktivitas hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan fasilitas pendanaan.

4. Membuka Cabang Baru

Bisnis yang semakin berkembang dan besar tentu pemiliknya memiliki rencana untuk membuka cabang baru. Akan tetapi, membuka cabang baru bukan suatu yang mudah. Ini dikarenakan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya soal dana.

Sebelum membuka cabang baru, pastikan dana yang dimiliki sudah cukup. Jika belum cukup dan dipaksa membuka cabang baru maka akan mengakibatkan pendanaan perusahaan menjadi terganggu. Maka dari itu, fasilitas pendanaan menjadi sumber dana yang bisa dimanfaatkan untuk membuka cabang baru.

Jenis Pendanaan Perusahaan

1. Berdasarkan Jangka Waktu

a. Pendanaan Jangka Pendek

Pendanaan jangka pendek adalah pendanaan yang harus dilunasi perusahaan dalam jangka waktu satu tahun atau kurang.

b. Pendanaan Menengah Jangka Panjang

Pendanaan ini mengharuskan perusahaan mengembalikan dana yang dipinjam dalam jangka waktu dua tahun atau lebih.

2. Berdasarkan Sumbernya

a. Pendanaan Internal

Pendanaan internal berarti uang atau dana berasal dari internal perusahaan , seperti dari laba ditahan.

b. Pendanaan Eksternal

pendanaan eksternal berarti uang atau dana berasal dari pihak eksternal, baik berasal dari utang atau modal ekuitas.

Contoh Pendanaan Perusahaan

Suatu perusahaan sedang membutuhkan dana untuk membuka cabang baru. Dana yang dibutuhkan cukup besar dan perusahaan tidak memiliki dana sebesar itu. Masalah dana ini bisa diatasi dengan menerbitkan saham. Saham yang diterbitkan bisa saham biasa atau saham preferen.

Itulah informasi tentang pendanaan perusahaan beserta contoh kecilnya. Setiap perusahaan pasti membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya, baik membuka cabang baru, menggaji karyawan atau membeli peralatan baru. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

Kargo.tech. 10 Maret 2021. Pengertian Pendanaan, Manfaat Pendanaan dan Contoh pendanaan. Kargo.tech. https://bit.ly/3m0bt3x

Cerdas.co. 14 September 2021. Pendanaan Perusahaan : Tujuan, Jenis. Cerdas.co. https://bit.ly/3m442bs

Share this Post