Mengenal Biaya Peluang Secara Lebih Jauh dan Mendalam

Biaya peluang adalah biaya yang dikeluarkan oleh seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang dipilihnya. Menurut teori ekonomi, setiap pilihan yang dibuat oleh seseorang mengandung sebuah peluang. Untuk mendapatkan sesuatu yang dipilihnya tersebut seseorang harus mengeluarkan biaya supaya bisa diwujudkan.

Apakah biaya peluang dapat Anda alami dalam kehidupan sehari-hari? Jawabannya sangat mungkin, bahkan Anda mungkin pernah mengalaminya. Misalnya ketika di dompet Anda hanya tinggal uang Rp. 100 ribu saja dan bingung antara membeli kuota internet atau makan mana yang Anda pilih?

Jika pada akhirnya Anda memilih menggunakan uang tersebut untuk membeli kuota internet itu berarti Anda kehilangan peluang membeli makanan dan juga sebaliknya. Artinya saat itu Anda juga sedang dihadapkan pada biaya peluang (opportunity cost).

Penjelasan Mengenai Biaya Peluang

Istilah biaya peluang mungkin memang masih sangat terasa asing di telinga masyarakat meskipun sebenarnya sering atau pernah mengalaminya. Lantas apakah yang dimaksud dengan biaya peluang itu sebenarnya? Agar menemukan jawabannya Anda bisa menyimak beberapa hal penting terkait berikut ini.

1. Pengertian Biaya Peluang

Pengertian biaya peluang itu sendiri setidaknya ada dua sumber yaitu :

a. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Biaya peluang menurut OJK adalah pendapatan yang bisa diperoleh dari pemilihan alternatif melalui penanaman dana daripada apa yang telah dipertimbangkan.

Contohnya biaya yang dikeluarkan ketika Anda memilih reksa dana dibandingkan dengan deposito karena dianggap lebih menguntungkan.

b. Menurut Hall dan Lieberman

Kedua ahli tersebut di dalam bukunya mengatakan bahwa biaya peluang merupakan suatu konsep mengenai biaya yang terlengkap dan akurat sebagai acuan untuk membuat sebuah keputusan ataupun menganalisis keputusan yang telah dibuat oleh orang lain.

c. Menurut Spiller

Melalui tulisan pada Journal of Consumer Research, Spiller berpendapat bahwa mempertimbangkan biaya peluang dapat membantu seseorang untuk mengurangi jumlah biaya konsumsi, mengurangi tingkat pengeluaran, meningkatkan efisiensi produksi serta lebih fokus pada kebutuhan.

Spiller juga mengatakan bahwa dalam membuat keputusan terkait biaya peluang hal-hal yang menjadi dasar pertimbangan antara lain adalah :

  • Membuat skala prioritas kebutuhan.
  • Memakai pedoman saat berbelanja.
  • Mencari informasi sebanyak mungkin tentang cara pengaturan keuangan.

2. Ciri Biaya Peluang

Biaya peluang pada dasarnya tidak sama dengan biaya sehari-hari. Untuk membedakannya, Anda bisa mengenali ciri-cirinya sebagai berikut  :

  • Biaya peluang tidak harus berwujud uang namun bisa juga berbentuk lainnya seperti keuntungan, kesenangan, waktu dan sebagainya yang diperoleh seseorang di masa yang akan datang.
  • Adanya beberapa kemungkinan dalam penggunaan biaya peluang tersebut.
  • Pengambilan keputusan terkait biaya peluang sangat dipengaruhi oleh kondisi dan situasi dari individu ataupun perusahaan.
  • Biaya peluang pada umumnya masuk dalam kategori kebutuhan sekunder maupun sekunder.

3. Fungsi dari Biaya Peluang

Biaya peluang mempunyai suatu fungsi tertentu diantaranya adalah :

  • Bisa membantu individu atau perusahaan untuk menghitung biaya modal usaha
  • Lebih mudah mengetahui hal-hal mana saja yang harus dijadikan sebagai prioritas karena lebih mendesak sifatnya dibandingkan dengan kebutuhan lainnya.
  • Membantu mengendalikan pengeluaran kas perusahaan karena adanya prioritas dalam membelanjakan sesuatu.
  • Membantu Anda mendapatkan alternatif terbaik dan paling tepat bagi usaha/ perusahaan Anda.

Kesimpulannya, biaya peluang adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang ataupun perusahaan sebagai kompensasi dari sesuatu yang dipilihnya. Biaya peluang yang dibuat dengan skala prioritas membantu perusahaan untuk mengurangi cost-cost yang tidak begitu diperlukan sehingga kerugian bisa dikurangi. Jadi, pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi:

Fattimatuzahro. 10 September 2021. Mengenal Biaya Peluang dan Perbedaannya dengan Biaya Sehari-hari. tirto.id: https://bit.ly/3pUqZ3b

19 Oktober 2021. Biaya Peluang : Pengertian, Ciri dan Fungsinya. Idntimes.com: https://bit.ly/3eWC5yk