Marketplace Lending

Ketahui 4 Manfaat Pendanaan Proyek Beserta Contohnya

Pendanaan proyek adalah dana yang ditujukan sebagai biaya untuk pengerjaan proyek konstruksi tertentu. Umumnya pendanaan ini dilakukan oleh perbankan maupun lembaga finansial yang lainnya. Tujuan dari pendanaan proyek tersebut utamanya adalah agar program pengerjaan proyek tertentu bisa berjalan dengan lancar sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat.

Seperti diketahui bersama bahwa sebuah proyek pembangunan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun pengeluaran biaya yang besar tersebut sepadan dengan apa yang didapatkan nantinya karena akan bisa dinikmati dalam jangka panjang. Sebut saja pembangunan perumahan, jembatan, jalan raya, jalan tol dan infrastruktur lainnya sebagai contoh dari proyek dengan biaya besar.

Manfaat Pendanaan Proyek

Pendanaan untuk biaya proyek bisa diperoleh dari pemerintah maupun pihak swasta. Pendanaan atau pembiayaan proyek tersebut merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh mengingat banyaknya manfaat yang diberikan. Pembiayaan proyek yang diperoleh dari para investor akan membawa manfaat sebagai berikut :

1. Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pembiayaan yang diberikan pada proyek infrastruktur dapat mempercepat perkembangan pertumbuhan ekonomi hingga mencapai angka 6,5%. Fakta ini tentunya sangat bagus bagi pertumbuhan ekonomi jangka panjang di Indonesia yang memang sudah lebih cepat 4x lipat dari sebelumnya melalui dukungan infrastruktur yang ada. Contohnya proyek jalan tol yang mempercepat distribusi logistik dari satu daerah ke daerah lainnya sehingga produk lebih cepat sampai kepada penjual serta konsumen.

2. Meningkatkan Instrumen Pendanaan

Menurut Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia, adanya pembiayaan proyek dari pihak swasta akan berperan meningkatkan jumlah instrumen pendanaan. Dengan semakin besarnya instrumen pendanaan tersebut akan berdampak pada pasar finansial dalam negeri mengalami perkembangan yang baik. Perkembangan dan peningkatan instrumen pendanaan tersebut bukan hanya berlaku bagi perusahaan atau korporasi saja melainkan juga kepada pembiayaan ritel.

3. Sumber untuk Peningkatan Pendapatan Negara

Pembangunan proyek infrastruktur yang berjalan lancar akan membantu meningkatkan pendapatan negara melalui penerimaan pajak. Sebagai contoh semakin banyaknya orang yang ingin menempuh perjalanan lebih cepat membuat mereka lebih suka lewat jalan tol dengan membayar tarif tertentu yang akan masuk ke dalam kas negara melalui Badan Usaha Milik Negara pengelolanya.

4. Membuka Lapangan Kerja

Proyek pembangunan merupakan sektor yang menyerap tenaga kerja dalam jumlah cukup banyak. Sehingga jika proyek pembangunan jumlahnya makin banyak otomatis semakin banyak juga jumlah lapangan kerja yang tersedia.

 

Salah satu faktor yang berpengaruh pada jalannya sebuah proyek adalah faktor pembiayaannya. Tanpa adanya pembiayaan maka otomatis tidak akan ada juga proyek pembangunan yang dijalankan.

 

Pembiayaan proyek tersebut selain digunakan untuk penyediaan sarana dan prasarana juga dipakai untuk pembayaran gaji tenaga kerjanya. Semakin terbukanya lapangan kerja berarti juga menurunkan angka pengangguran di Indonesia.

Dalam melaksanakan sebuah proyek infrastruktur pemerintah akan menggandeng pihak ketiga atau pihak swasta sebagai rekanannya. Supaya proyek bisa selesai tepat waktu pendanaan harus diperhitungkan dan dipersiapkan sejak awal.

Investree peduli kepada perusahaan pelaksana proyek agar bisa menjamin tersedianya biaya. Salah satunya melalui produk pinjaman Invoice Financing yang khusus ditujukan kepada Usaha Kecil Menengah berkembang yang memiliki kerjasama dengan perusahaan besar seperti Badan Usaha Milik Negara, perusahaan terbuka maupun lembaga pemerintah.

Pinjaman modal dengan sistem konvensional maupun syariah bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan tagihan berjalan atau invoice yang dimiliki sebagai jaminannya. Invoice Financing dari Investree membantu Anda menyediakan pendanaan proyek secara mudah dan aman karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Referensi :

Ilyas Istianur Pradita. 9 Oktober 2018. 3 Manfaat Pembiayaan Swasta di Proyek Infrastruktur. Liputan6.com : https://bit.ly/3Gck5vt

Pembiayaan Proyek.kamustokopedia.com : https://bit.ly/33320C1

Pembiayaan Proyek. Id.scribd.com : https://bit.ly/3rAidZh

Share this Post

Artikel Terbaru