Marketplace Lending

Jenis-Jenis Wesel yang Dapat Anda Pahami Lebih Dalam

Banyak jenis jenis wesel yang penting Anda ketahui. Jenis wesel tidak hanya wesel domisili atau wesel pengganti penerbit saja, tapi masih banyak lainnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari jenis-jenisnya dibawah ini.

Jenis-Jenis Wesel yang Harus Dipahami

1. Wesel Berdomisili

Wesel berdomisili merupakan jenis wesel yang diterbitkan melalui cara yang dilakukan dengan pembayaran yang ditentukan pada tempat tinggal pihak ketiga. Tujuannya yaitu agar proses pembayaran menjadi lebih mudah. Wesel berdomisili ini tertuang dalam pasal 103 Kitab-Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD).

2. Wesel Domisili Blanko

Jenis wesel satu ini tertuang dalam Pasal 126 Kitab-Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). Dimana yang dimaksud dengan wesel domisili blanko. adalah wesel yang diterbitkan melalui ketentuan pembayaran apabila memiliki perbedaan dengan tempat domisili orang yang bersangkutan.

3. Wesel Pengganti Penerbit

Untuk wesel pengganti penerbit didasarkan pada Pasal 12 ayat 1 Kitab-Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). Wesel pengganti penerbit adalah wesel yang diterbitkan dengan cara menunjuknya sendiri atau wesel ini miliki peran sebagai pemegang yang pertama. Hal ini berarti pemegang pertama dan juga penerbit merupakan orang atau pihak yang sama.

4. Wesel Penerbit Sendiri

Wesel penerbit sendiri dimuat dalam Pasal 102 ayat 2 Kitab-Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). Untuk jenis wesel ini diterbitkan dengan penerbit yang dianggap sebagai tersangkut sehingga penerbit bisa menunjuk dirinya sendiri sebagai pihak yang tersangkut. Oleh karena itu, pihak tersangkut maupun penerbit merupakan orang yang sama.

5. Wesel Perhitungan Orang Ketiga

Wesel perhitungan orang ketiga merupakan wesel yang diterbitkan atas perintah orang ketiga. Penerbitan wesel perhitungan orang ketiga harus sesuai dengan Pasal 102 ayat 3 Kitab-Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). Pada pasal ini berbunyi bahwasanya pembayaran wesel dibebankan kepada rekening milik pihak ketiga. Dalam hal ini bank merupakan pihak penerbit.

6. Wesel Inkaso atau Wesel untuk Menagih

Jenis-jenis wesel berikutnya adalah wesel inkaso atau wesel untuk menagih. Jenis wesel ini tertuang dalam Pasal 102a ayat 1 Kitab-Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). Wesel inkaso memiliki arti sebagai wesel yang diterbitkan dengan tujuan memberi kuasa pada pemegang pertama untuk menagih uang dari pihak tersangkut dan tidak untuk dijual belikan ataupun dipindah tangankan.

Fungsi Wesel

1. Alat Pembayaran Kredit

Wesel dikatakan berfungsi sebagai alat pembayaran kredit karena saat adanya tagihan dari surat berharga ini masih digantungkan di tanggal pembayaran dan juga disesuaikan dengan jenis weselnya.

2. Alat Pengiriman Uang

Sebelum adanya rekening bank untuk mengirim uang, dahulu proses pengiriman uang dilakukan dengan menggunakan wesel yang dikeluarkan oleh Perseroan Terbatas Pos Indonesia. Pengiriman uang tersebut tidak hanya bisa dilakukan antar daerah saja melainkan juga antar provinsi bahkan antar negara dengan menggunakan mata uang ataupun valuta asing.

Unsur-Unsur Di Dalam Wesel

Setelah dijelaskan tentang jenis wesel dan fungsinya, selanjutnya perlu diketahui unsur-unsur yang harus ada di dalam wesel.

  1. Suatu perintah tanpa adanya syarat yang digunakan untuk membayar sejumlah uang.
  2. Pihak yang terkait diantaranya yaitu pihak penerbit, pemegang, penerima tersangkut atau tertarik, dan endosen.
  3. Surat berharga yang tertanggal dan mencantumkan tempat penerbitannya.

Itulah penjelasan lengkap jenis-jenis wesel yang harus dipahami. Dari penjelasan diatas bahwasanya jenis wesel tidak hanya wesel domisili dan wesel pengganti penerbit saja tetapi masih ada jenis lainnya. Selain wesel, masih banyak surat berharga yang bisa Anda miliki salah satunya surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah. Anda bisa beli Surat Berharga Negara di https://investree.id/invest/sbn atau aplikasi mobile Investree for Lender yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Referensi:

S Nuraini Safitri. Wesel Adalah Salah Satu Surat Berharga. Ini 6 Jenis Wesel!. Mas-software.com : https://bit.ly/32CLmJ0v

Share this Post