Marketplace Lending

Inilah Pinjaman Online Terpercaya yang Bisa Kamu Pilih

Mencari perusahaan pinjaman online terpercaya merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh setiap nasabah. Salah satu faktor yang harus dilihat yaitu apakah perusahaan pinjaman online atau fintech tersebut sudah terdaftar atau berizin secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Fintech resmi yang berizin OJK tentu jauh lebih aman untuk melakukan peminjaman dana online.

Selain memastikan apakah perusahaan fintech tersebut sudah resmi terdaftar atau belum, hal lain yang harus diperhatikan yaitu jenis produk yang ditawarkan. Mengapa? Agar nasabah bisa memilih mana jenis produk pinjaman online yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Setelah itu jangan lupa baca semua ketentuan dan persyaratan yang diberikan oleh fintech tersebut.

Jenis Produk Pinjaman Online

Banyaknya jumlah fintech saat ini dengan beragamnya produk pinjaman online yang ditawarkan kepada nasabah. Begitu juga dengan Investree sebagai salah satu fintech terpercaya yang telah berizin resmi OJK menawarkan berbagai pilihan pinjaman online. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa simak jenis produk-produknya sebagai berikut.

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Salah satu faktor yang membuat masyarakat tertarik dan antusias melakukan pinjaman online adalah tidak harus menyiapkan agunan atau jaminan. Nasabah tidak perlu menjaminkan apapun saat mengajukan pinjaman kepada fintech dan bisa digunakan sebagai biaya dalam kebutuhan apapun selama itu bukan perbuatan yang melanggar hukum.

KTA juga memiliki proses pencairan dana yang relatif singkat bahkan bisa hanya dalam hitungan jam saja. Tentu hal seperti ini sangat menarik minat masyarakat yang memang sedang mengalami masalah finansial. Contoh KTA dari Investree antara lain Online Seller Financing dan Online Seller Financing Syariah.

2. Kredit Multiguna

Yang dimaksud dengan kredit multiguna adalah pinjaman online yang sasarannya adalah para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Jenisnya ada yang tanpa agunan (KTA) maupun dengan jaminan tertentu. Jumlah pinjaman yang dapat diberikan juga relatif besar hingga bisa mencapai miliaran.

Kredit atau pinjaman multiguna ini sangat membantu para pelaku usaha dan bisnis yang sedang mengalami kesulitan finansial tetapi tidak memiliki apapun sebagai jaminan misalnya rumah atau kendaraan. Contoh dari kredit multiguna Investree yaitu Invoice Financing di mana nasabah bisa menjadikan invoice sebagai jaminan atas pinjaman yang diambilnya serta Working Capital Term Loan.

3. Pembiayaan Online Syariah

Sama seperti produk keuangan syariah lainnya, pembiayaan online syariah dilakukan dengan sistem yang sesuai namun dengan kaidah syariat agama Islam. Di dalam pinjaman online syariah, sistem yang digunakan adalah bagi hasil antara pemilik dana atau pemberi pembiayaan dengan penerima pembiayaan.

Ada beberapa hal lainnya yang harus Anda ketahui mengenai pembiayaan online syariah. Fintech akan melakukan pengkajian dan analisis data pada calon penerima produk pembiayaan online syariah apakah layak atau tidak. Selain itu, akan ada pertimbangan untuk keperluan pembiayaan tersebut misalnya bukan untuk jenis bisnis yang dilarang oleh syariat Islam.

Investree sebagai salah satu fintech terpercaya juga menyediakan produk pembiayaan online berbasis syariah. Contohnya yaitu Online Seller Financing Syariah dan Invoice Financing Syariah. Banyaknya fintech yang ada saat ini seharusnya membuat nasabah sebagai calon penerima pembiayaan untuk lebih berhati-hati dalam memilih. Untuk menghindari adanya masalah dan kesulitan yang mungkin muncul suatu saat nanti sebaiknya nasabah hanya memilih fintech pembiayaan online terpercaya dan sudah berizin seperti Investree.

Referensi:

CekAja. 31 Januari 2020. Jenis Pinjaman Online di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui. Cekaja.com: https://bit.ly/3wxoG73

How It Works. Investree.id: https://bit.ly/3gyWQkg

Share this Post