Inilah 5 Syarat Pinjaman Online yang Wajib Anda Ketahui

Syarat pinjaman online tidak seribet pinjaman dari bank. Persyaratannya cukup mudah dan biasanya dana akan cair dalam waktu singkat. Anda dapat jadikan pinjaman online sebagai solusi bila membutuhkan uang dalam waktu cepat.

ACD marketplace

Namun sebelum mengajukan pinjaman online, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan platform pemberi pinjaman tersebut memang kredibel dan terpercaya. Anda dapat melihatnya dari apakah platform tersebut telah terdaftar atau berizin di Otoritas Jasa Keuangan, bagaimana testimoni dan review nasabahnya, serta seperti apa cara kerjanya.

Legalitas fintech pinjaman online akan berimbas kepada data-data Anda. Fintech yang legal dan terpercaya tentu akan menyimpan data nasabahnya dengan aman. Sebab data-data tersebutlah yang menjadi persyaratan untuk mengajukan pinjaman online.

Nah, apabila Anda ingin mengajukan pinjaman online, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja persyaratannya. Biasanya pinjaman online menetapkan persyaratan utama sebagai berikut.

1. Sudah Cukup Umur

Siapapun dapat mengajukan pinjaman online dengan syarat harus cukup umur. Umumnya batas usia untuk melakukan pinjaman online minimal 21 tahun, maksimal 55 sampai 60 tahun. Bagi yang masih berstatus siswa meskipun sudah memiliki KTP, jika masih belum 21 tahun maka belum boleh mengajukan pinjaman online.

Ketentuan batasan usia ini tentu ada alasannya tersendiri. Batas minimal usia 21 tahun karena pada usia ini seseorang telah dianggap dewasa dan dapat melakukan perbuatan sendiri secara hukum. Kemudian untuk batas maksimal 55-60 tahun, didasarkan pada harapan hidup rata-rata masyarakat Indonesia serta batas usia pensiun pegawai.

2. Memiliki Pekerjaan

Selain harus cukup umur, calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman online harus memiliki pekerjaan. Mengingat dalam pinjaman online Anda harus membayar cicilan pinjaman secara berkala, tentu saja Anda harus mempunyai pekerjaan untuk mendapat penghasilan.

Setiap penyedia pinjaman online sudah pasti akan menetapkan ini sebagai persyaratan utama. Apabila Anda tidak memenuhi persyaratan ini, pengajuan Anda bisa jadi akan ditolak. Untuk itu dalam mengajukan pinjaman, Anda perlu menyertakan slip gaji sebagai bukti bahwa Anda memiliki pekerjaan.

3. Data dan Dokumen Harus Lengkap dan Asli

Supaya dana Anda cepat cair, data serta dokumen yang disertakan harus lengkap dan asli. Adapun data dan dokumen yang diminta biasanya KTP, NPWP, serta slip gaji. KTP wajib disertakan sebagai bukti identitas diri calon nasabah. KTP yang disertakan pun sebaiknya jenis KTP elektronik.

Syarat NPWP diperlukan untuk tanda bukti wajib pajak, supaya syarat pinjaman online dapat terekam di database pemerintah. Sedangkan slip gaji seperti yang telah dijelaskan di atas, menjadi bukti bahwa Anda sudah memiliki pekerjaan. Slip gaji juga dapat menandakan kesanggupan Anda dalam membayar cicilan pinjaman.

ACD lender

Ketiga syarat data dan dokumen ini harus diunggah dengan foto atau scan ke aplikasi pinjaman online. Anda juga akan diminta untuk berswafoto dengan KTP untuk membuktikan bahwa foto KTP dan aslinya sama.

4. Mengajukan Jumlah Pinjaman Sesuai Kemampuan Finansial

Dalam menentukan jumlah pinjaman Anda sebaiknya perlu memperhitungkannya terlebih dahulu. Pastikan Anda mengajukan jumlah yang sesuai dengan kemampuan keuangan pribadi. Pasalnya, bila jumlah pinjaman terlalu besar hingga memberatkan Anda, tentu akan terjadi yang namanya telat membayar. Biasanya telat bayar cicilan akan dikenai sejumlah denda.

5. Mempunyai Rekening Bank

Syarat terakhir dalam mengajukan pinjaman online yakni harus mempunyai rekening bank. Karena Anda mengajukan pinjaman secara online, maka dana akan cair dengan cara ditransfer ke bank Anda. Akan cukup sulit dana pinjaman cair untuk calon nasabah yang tidak memiliki rekening bank. Biasanya penyedia pinjaman online akan meminta foto atau scan cover depan buku rekening sebagai bukti.

Banyak pilihan platform pinjaman online sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan salah satunya platform pendanaan sekaligus penyalur pinjaman online Investree. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

ACD borrower

Demikian penjelasan mengenai syarat-syarat pinjaman online. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Riza Dian Kurnia. 8 Desember 2020. 20 Syarat Pinjaman Online Dana Langsung Cair, Wajib Tahu. Qoala.app: https://bit.ly/3hBRBl9