Marketplace Lending

Inilah 5 Fungsi dari Pendanaan yang Harus Anda Ketahui

Fungsi pendanaan atau pembiayaan sangat beragam dan sifatnya penting sekali dalam proyek maupun perusahaan. Jika diibaratkan kendaraan, maka pendanaan adalah bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan mesin agar bisa berjalan. Tanpa adanya bahan bakar maka kendaraan dengan mesin secanggih apapun tidak akan bisa digunakan.

Mengingat pentingnya pendanaan dalam sebuah kegiatan operasional proyek, bisnis dan hal lainnya maka harus dibuat perencanaan sebaik mungkin. Pendanaan bisa bersumber dari internal maupun pihak luar seperti investor misalnya. Perencanaan pendanaan yang bagus sangat mendukung kemajuan bisnis maupun kelancaran sebuah proyek.

Pengertian Pendanaan

Pendanaan memiliki pengertian sebagai cara untuk mengamankan atau menjamin ketersediaan dana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan suatu proyek, portfolio maupun program agar sebuah organisasi, perusahaan maupun proyek bisa berjalan.

Pada umumnya perusahaan mendapatkan pendanaan tersebut melalui pinjaman atau ekuitas. Jika perusahaan mendapatkan pendanaan dari hutang atau pinjaman maka dalam hal ini posisinya sebagai peminjam dana/debitur.

Sementara itu ketika perusahaan memperoleh pendanaan dengan ekuitas artinya perusahaan menerima investasi dari pemilik dana melalui penerbitan saham maupun melakukan penahanan pada saldo imbal hasil.

Manfaat dari Pendanaan

Pendanaan merupakan faktor yang sangat penting bagi organisasi, perusahaan maupun pada sebuah proyek. Pentingnya pendanaan tersebut tidak terlepas dari manfaat yang menyertainya yaitu :

1. Sumber Gaji Karyawan

Perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar gaji karyawan yang dimilikinya. Salah satu manfaat dari pendanaan adalah sebagai sumber penggajian untuk karyawan. Ketika gaji karyawan tidak diberikan tepat waktu maka bisa menjadi kendala yang merugikan perusahaan. Tidak jarang terjadi demo akibat tidak dibayarkannya gaji karyawan tepat pada waktunya.

2. Mengatur Arus Kas Perusahaan

Menjaga kestabilan arus kas sangat penting bagi sebuah bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik. Contohnya kendala akan datang ketika produk yang kamu jual belum laku namun tetap harus mengeluarkan dana untuk membayar gaji karyawan, melunasi tagihan dan sebagainya.

 

Solusi yang dapat ditempuh untuk menjaga arus kas yaitu melalui fasilitas pendanaan yang banyak ditawarkan oleh platform pendanaan saat ini. Bahkan sekarang ini Anda tidak perlu antri ke bank untuk mendapatkan pendanaan usaha melalui pinjaman karena semuanya bisa dilakukan secara online.

 

Salah satu platform pendanaan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Investree for Lender. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Dengan pinjaman modal dari lender Investree, peminjam (Borrower) bisa menjaga arus kas usaha dengan maksimal.

3. Sewa Tempat Usaha

Tidak semua pelaku usaha memiliki tempat sendiri untuk menjalankan bisnisnya tersebut sehingga harus menyewa. Tempat yang cocok untuk membuka bisnis tentu saja di lokasi yang strategis namun sayangnya harga sewanya tidak murah.

 

Bagaimana kalau anggaran untuk modal usaha Anda terbatas? Jangan khawatir, karena Anda bisa menyewa tempat usaha dengan dana yang didapatkan dari pihak lain sebagai pinjaman.

4. Persediaan Saat Darurat

Tidak ada satu orangpun yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Selalu ada dua kemungkinan dalam hidup ini yaitu sesuatu yang baik dan sebaliknya situasi yang tidak diinginkan. Nah, itulah alasannya mengapa Anda membutuhkan dana darurat yang bisa difungsikan ketika kejadian luar biasa menimpa misalnya bencana. Persediaan dana darurat ini bisa diperoleh melalui pendanaan dari pihak eksternal atau orang lain yang diberikan dalam bentuk pinjaman atau utang.

5. Memperluas atau Mengembangkan Usaha

Sebagai pelaku usaha, mengembangkan bisnis adalah tujuan sekaligus tantangan. Namun, setiap pengembangan usaha memang membutuhkan modal yang cukup besar. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pendanaan melalui pinjaman modal dari Lender Investree. Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha katering dengan lancar dan maksimal.

 

Itulah beberapa fungsi pendanaan yang wajib Anda ketahui. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika fungsi pendanaan sangat penting bagi sebuah usaha maupun organisasi. Pastikan Anda sudah memiliki sumber pendanaan yang menjamin kelancaran usaha maupun organisasi Anda.

 

Referensi :

10 Maret 2021. Pengertian Pendanaan, Manfaat Pendanaan dan Contoh Pendanaan. Kargo.tech : https://bit.ly/3GcBp3t

Pendanaan. Praxisframework.org :  https://bit.ly/3EjERZ

Share this Post