Ini dia! Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Mikro dari Pemerintah

Pasca pandemic Covid-19, kondisi ekonomi Indonesia kian membaik. Banyak masyarakat yang terkena PHK pada akhirnya mencari penghasilan dengan mendirikan sebuah usaha mikro atau UMKM. Namun bisnis ala rumahan atau UMKM seringkali mendapat kendala utama untuk berkembang karena modal yang tidak cukup. Ternyata ada lho cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah!

Sebelum membahas mengenai cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah, yuk simak kamu mengetahui bantuan modal usaha mikro apa saja yang bisa kamu dapatkan dari pemerintah!

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Untuk bentuk kredit, pinjaman modal usaha ini mempunyai target untuk pengusaha kecil dan menengah (UKM). KUR ini menawarkan bunga yang rendah karena adanya subsidi dari pemerintah. Kamu bisa mengajukan pinjaman KUR melalui lembaga perbankan milik pemerintah seperti bank BRI, bank Mandiri dan bank pelat merah lainnya.

2. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Selain KUR, program pinjaman modal lainnya adalah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program ini pada dasarnya adalah bentuk implementasi corporate social responsibility (CSR) dari BUMN. Meski pada prakteknya PKBL lebih banyak memberi pinjaman atau kredit mikro pada pengusaha kecil yang potensial. Misalnya, pemberian dana pinjaman pada komunitas pengrajin gerabah dan sebagainya.

3. PNPM Mandiri

PNPM Mandiri yang merupakan program penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Selain modal berbentuk uang, pemerintah juga memberikan bantuan modal usaha bukan berupa uang. Seperti yang dilakukan Disperindag yang memberi bantuan modal bisa berbentuk mesin, tenda kaki lima, kulkas, dan sebagainya bagi wirausaha baru.

4. Pembiayaan Ultra Mikro (UMi)

UMi adalah pembiayaan ultra mikro yang diberikan pemerintah sebagai pinjaman modal usaha. UMi punya tujuan yang sama dengan KUR. Bedanya, pinjaman modal usaha ini ditujukan pada orang-orang yang butuh pinjaman Rp10 juta. Umi menjadi alternatif pilihan untuk pada pelaku UKM yang kesulitan untuk mengakses KUR.

Adapun cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah yaitu sebagai berikut:

  • Jemput bola

Jika anda ingin mendapatkan modal usaha yang lebih cepat tidak ada salahnya gunakan metode jemput bola. Dengan mendatangi instansi pemerintah yang biasa memberikan modal usaha kepada masyarakat seperti dinas perindustrian, perdagangan dan dinas kementerian koperasi dan ukm. Lalu tanyakan apakah ada dana hibah yang cocok dan sesuai dengan jenis usaha anda. 

  • Rajin membuka situs pemerintah

Rajinlah membuka situs situs pemerintah yang biasa menyediakan hibah untuk modal usaha. Seperti, situs milik dinas perindustrian dan perdagangan yaitu kemenprin.go.id atau situs dinas kementrian koperasi milik dinas kementerian koperasi dan UKM yaitu depkop.go.id . 

  • Mengikuti pameran yang sering diadakan pemerintah

Pemerintah sangat rutin mengadakan pameran untuk para pebisnis atau UKM. Event ini biasanya diadakan satu tahun sekali dan banyak para pejabat yang hadir dalam event tersebut. Pada kesempatan inilah dapat anda gunakan untuk mempromosikan usaha anda untuk menarik perhatian para pejabat ketika mereka mengunjungi stand anda dan jangan lupa siapkan proposal yang sudah anda buat untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah.

  1. Mengajukan kredit usaha rakyat

Anda dapat mengajukan proposal bisnis yang sudah anda buat ke kredit usaha rakyat (KUR). Kredit usaha rakyat merupakan layanan kredit dan pembiayaan yang pemerintah berikan melalui bank kepada koperasi atau UKM yang feasible tetapi belum bankable. Berikut daftar bank yang melayani KUR yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI), BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Bukopin dan BSM.

Oh iya bagi kamu yang masih bingung dimana mendapatkan modal usaha terdapat jenis pinjaman modal usaha lain yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah Investree.

Sebagai pionir fintech P2P lending, Investree menawarkan solusi bisnis secara digital kepada para pegiat UKM melalui produk-produk pinjaman yang berfokus pada rantai pasokan serta menyediakan alternatif lain bagi masyarakat yang ingin memperoleh imbal hasil lebih secara nyaman dan bijak.

Naikan omzet, lancarkan cashflow bisnis Anda dengan mengajukan pinjaman bisnis di Investree. Marjin mulai 1% per bulan, proses mudah dan transparan.

Referensi:

15 Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah Paling Mudah – DosenEkonomi.com

Begini Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah! (cekpremi.com)