Marketplace Lending

Ini 6 Cara Memanfaatkan Peluang Usaha di Sekitar Anda

Cara memanfaatkan peluang usaha yang kreatif dan inovatif penting dilakukan oleh seorang pengusaha. Selain mampu meningkatkan penjualan, pengaplikasian peluang usaha secara tepat akan meningkatkan brand awareness sekaligus mempertahankan loyalitas para konsumen. Lalu, bagaimanakah cara memanfaatkan peluang bisnis yang baik? Ketahui informasi lengkapnya di bawah ini.

Trik Memanfaatkan Peluang Usaha

1. Semangat Tinggi dalam Mencari Solusi

Poin paling penting dalam mencari peluang usaha ialah adanya tekad dan niat yang kuat, pengusaha dapat merencanakan untuk membuka suatu usaha melalui peluang yang ada di sekitarnya. Bisnis bisa dimulai dengan etos kerja yang baik. Percuma jika perencanaan dengan terobosan matang dan anggaran yang sudah dikalkulasikan seefisien mungkin tapi pada pelaksanaannya, kinerjanya malah menurun. Perlu dicatat, sudah jadi hal wajar jika bisnis mengalami naik dan turun, yang perlu Anda perkuat ialah mental dan semangat untuk tetap bekerja keras.

2. Fokus dan Kalahkan Kekhawatiran

Sebelum memulai suatu usaha, pastikan untuk merubah pola pikir dari ‘sekarang’ menjadi ‘masa depan’. Pengusaha dapat mengurutkan goals apa saja yang hendak diraih pada usaha yang digeluti. Pastikan pula untuk tetap semangat dan percaya diri, gunakanlah goals tersebut sebagai penyemangat dalam bekerja. Tak lupa, pelajari bagaimana pengusaha sukses di sekitar Anda merintis usahanya. Intinya, dedikasikan diri Anda untuk pekerjaan yang sedang dijalankan.

3. Melihat Peluang dengan Perspektif Berbeda

Pelaku usaha inovatif dan kreatif perlu menyadari ada banyak peluang usaha di sekitarnya. Untuk usaha di bidang kuliner milenial misalnya, jenis usaha seperti ini sedang populer karena banyaknya kreasi dan inovasi dari kuliner yang bisa dieksplor.

Namun, pengusaha juga harus melihat segala peluang tersebut dari perspektif yang berbeda. Sebagai contoh, Anda dapat mengeluarkan menu baru untuk didistribusikan secara rutin. Semisal, Anda membuka bisnis makanan seblak, Anda dapat menambahkan variasi seblak dengan kombinasi-kombinasi bumbu dan topping yang beragam seperti keju mozzarella, seafood, tteokbokki, mie, makaroni, bakso, ceker, dan lain sebagainya. Sebagai konklusi, dalam hal memulai suatu usaha, intinya ialah berani beda dan tampil eksentrik.

4. Mengikuti Pelatihan dan Terus Berinovasi

Sebagai seorang pengusaha, secara tidak langsung, kita dituntut untuk berkolaborasi dan menciptakan iklim usaha yang inovatif. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan seperti lokakarya, seminar, workshop, dan lain sebagainya guna meningkatkan pengetahuan bisnis sekaligus memperluas network yang dimiliki.

5. Melakukan Survei Pasar

Melakukan survei sebelum menuangkan rencana bisnis sangat penting untuk dilakukan. Pengusaha dapat memulainya dengan meneliti kebutuhan pasar  berikut target penjualan yang ingin dicapai. Beberapa waktu ke belakang, jenis barang yang diminati pasar dalam skala besar adalah produk yang berkaitan dengan gadget seperti aksesoris smartphone layaknya charger, casing, gantungan, holder, dan lain sebagainya. Ada pula perlengkapan rumah tangga yang tidak kalah populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Pun dengan bidang fashion yang tak pernah sepi peminat.

Pada tahap ini, pengusaha harus berinovasi guna meningkatkan margin penjualannya. Adapun prinsip inovasi yang bisa digunakan dalam menjual barang yang dibutuhkan konsumen adalah pengembangan (ekstensi), penemuan (invensi), penggandaan (duplikasi), dan sintesis.

6. Mendaftarkan Usaha Secara Online

Mengingat arus bisnis yang sekarang condong ke dunia digital, pengusaha dapat mendaftarkan bisnisnya ke media sosial, situs marketplace, ecommerce, atau aplikasi chatting agar bisa tetap bertahan di pasar. Dengan mengadopsi praktik ini, Anda dapat meningkatkan jangkauan pasar bisnis, serta margin perusahaan.

 

Itulah beberapa cara memanfaatkan peluang usaha yang perlu Anda perhatikan. Untuk mengembangkan usaha tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

 

Referensi :

 

Adminsibakua. Bagaimana Cara Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Kreatif dan Inovatif. Sibakua.com : https://bit.ly/3qlH3LW

Share this Post

Artikel Terbaru