Marketplace Lending

Ini 2 Jenis Pembiayaan Syariah yang Dapat Anda Ketahui

Saat ini sudah ada beberapa jenis pembiayaan syariah di Indonesia yang bisa dipilih sesuai keinginan. Pembiayaan syariah dianggap lebih sesuai dengan umat muslim karena dalam pengelolaannya sesuai ajaran agama islam yaitu tidak adanya riba. Pembiayaan syariah juga dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan termasuk modal kerja ataupun pengadaan aset. Untuk mengetahui apa itu pembiayaan syariah dan jenis-jenisnya, yuk simak dibawah ini.

Pembiayaan Syariah dan Penyelenggaranya

Pengertian pembiayaan adalah kegiatan yang bersifat penyediaan dana yang asalnya dari satu pihak kepada pihak yang lainnya. Penyediaan dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu ataupun pengadaan barang, jasa maupun aset.

Bisa diartikan pembiayaan syariah adalah kegiatan penyediaan dana dari satu pihak ataupun lembaga kepada pihak lain untuk digunakan memenuhi kebutuhan tertentu ataupun pengadaan barang, jasa maupun aset dimana pengelolaannya menggunakan syariat agama Islam.

Untuk pembiayaan syariah, Anda bisa melakukannya di perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan produk pembiayaan syariah yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti Investree. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, lembaga keuangan yang memberikan produk pembiayaan syariah disebut sebagai Perusahaan Pembiayaan Syariah disingkat PP Syariah. Pengertian dari PP Syariah adalah suatu perusahaan pembiayaan dimana dalam menjalankan operasional usahanya yaitu menyalurkan pendanaan kepada masyarakat berdasarkan kepada prinsip-prinsip yang berlaku pada akad syariah. Perlu ditekankan disini bahwa PP Syariah hanya melakukan kegiatan usaha berupa penyaluran pembiayaan atau pendanaan kepada masyarakat saja.

Sesuai peraturan pemerintah, di dalam PP Syariah harus terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS) pada struktur organisasinya yang fungsinya untuk memastikan dan menjamin bahwa prinsip syariah telah diterapkan dengan benar.

Jenis- Jenis Pembiayaan Syariah

Secara garis besar produk pembiayaan syariah terdiri dari beberapa jenis berikut ini.

1. Pembiayaan Murabahah

Pembiayaan syariah dengan akad murabahah berupa jual beli dimana tetap diambil keuntungannya dari transaksi tersebut. pembiayaan jenis ini memungkinkan adanya pemberian modal usaha yang dilakukan menggunakan akad bai murabahah bil wa’dilisy syira’ maupun murabahah lil amiri lisy syira’.

 

Karena didalam pembiayaan ini terdapat ribhun atau ujrah yang diperoleh baik dari jual beli secara kredit maupun tunai maka nilai profitnya diperhitungkan berdasarkan pada besaran marginnya. 

 

Adapun besaran margin ujrah tersebut didapatkan dari ra’su al-maal ditambah rabhun dan juga kemungkinan biaya-biaya yang diperbolehkan dalam akad syariah.

2. Pembiayaan Mudharabah

Jenis kedua yaitu pembiayaan mudharabah dimana tujuannya adalah sepenuhnya untuk digunakan sebagai permodalan pendirian usaha. Modal yang diberikan 100% berasal dari lembaga keuangan sedangkan pihak yang menerimanya hanya bertugas menjalankan usahanya.

 

Dengan begitu maka pihak pemberi modal seperti bank misalnya akan menerima ujrah terus menerus sepanjang usaha tersebut masih berjalan. Besarnya keuntungan akan disesuaikan dengan kesepakatan awal. 

 

Jika terdapat ujrah dari usaha tersebut maka akan dibagi dengan porsi sesuai kesepakatan sementara kalau merugi pihak pemodal yang saja yang menanggungnya.

 

Pembiayaan jenis ini dibedakan menjadi dua yaitu :

  • Pembiayaan mudharabah muqayyadah, contohnya dalam reksa dana syariah.
  • Pembiayaan muthlaqah, contohnya adalah deposito syariah.

Berdasarkan pada jenis pembiayaan syariah tersebut maka Investree juga memiliki produk pembiayaan yang sesuai misalnya Invoice Financing Syariah yang ditujukan untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang telah bekerjasama dengan perusahaan besar seperti perusahaan Badan Usaha Milik Negara maupun perusahaan Tbk. Segera daftar di Investree untuk memperoleh informasi mengenai produk pembiayaan syariah yang lainnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai jenis pembiayaan syariah. Semoga bermanfaat!

Referensi :

15 Januari 2015. Macam-Macam Pembiayaan pada Perbankan Syariah. Nu.or.id : https://bit.ly/3FnhvTz

Pembiayaan Syariah, Alternatif Pembiayaan Zaman Now. Sikapiuangmu.ojk.go.id : https://bit.ly/3FrA09i

Share this Post