Lagi Cari Tempat Pinjaman untuk Usaha? Wajib tau ini!

Lagi Cari Tempat Pinjaman untuk Usaha? Wajib tau ini!

Bagi sebagian orang, mempunyai bisnis yang sukses adalah sebuah impian yang ingin diwujudkan. Namun, untuk mewujudkan impian tersebut, tentu saja Anda memerlukan modal awal yang cukup besar. Maka dari itu, mengetahui cara untuk mendapatkan pinjaman bisnis bagi pemula merupakan hal yang sangat penting supaya bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Dengan mendapatkan pinjaman bisnis, nantinya Anda bisa menentukan jenis dan skala bisnis apa yang akan Anda jalankan. Selain itu, ada juga sebagian besar pebisnis yang mengajukan pinjaman bisnis untuk memulai bisnisnya. 

Meski saat ini pinjaman bisnis lebih mudah untuk diakses, akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati dan lebih cermat untuk memperhatikan perjanjian pinjaman yang Anda ajukan. Selain itu, anda juga harus melakukan persiapan dan memahami persyaratan apa yang diminta.  Pasti kredibilitas dari pihak pemberi pinjaman dengan cara mencari berbagai informasi dan mencari pengalaman orang lain yang sudah menggunakan jasa tersebut.

Tapi, sebelum Anda mengajukan pinjaman bisnis, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja jenis-jenis pinjaman bisnis untuk pemula, persyaratan yang diperlukan dan cara untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Untuk informasi selengkapnya, simak informasi dibawah ini yuk!

Jenis-jenis Pinjaman Bisnis untuk Pemula

Pinjaman Mikro

Pinjaman mikro adalah sebuah pinjaman yang berjumlah kecil dan ditujukan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah dan tidak memiliki jaminan hingga pekerjaan, akan tetapi memiliki riwayat pinjaman yang terpercaya.

Pinjaman ini tujuannya adalah untuk membantu modal usaha bagi mereka yang memiliki keinginan untuk membangun bisnis dan mendapatkan keuntungan.

Pinjaman Modal Kerja

Pinjaman modal kerja merupakan sebuah fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah lembaga keuangan kepada kreditur yang berbentuk pinjaman untuk modal usaha.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa pinjaman ini merupakan program pembiayaan  khusus untuk modal usaha saja. Salah satunya yaitu bagi kalangan bisnis kecil dan bisnis pribadi.

Pinjaman Investasi

Pinjaman investasi adalah sebuah utang yang diberikan kepada nasabah dengan tujuan untuk membantu bisnisnya, dimana ia dapat melunasinya dalam jangka waktu yang menengah hingga panjang.

Persyaratan untuk Mengajukan Pinjaman Bisnis

Untuk mengajukan pinjaman terdapat beberapa dokumen umum yang biasanya akan diminta oleh pihak pemberi pinjaman. Dokumen tersebut, seperti:

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi buku tabungan.
  3. Fotokopi NPWP.
  4. Fotokopi KK.

Selain itu, ada juga persyaratan seperti:

Laporan Keuangan

Dilansir dari laman Wikipedia, laporan keuangan adalah sebuah dokumen atau laporan yang memperlihatkan kondisi keuangan sebuah entitas, seperti perusahaan, organisasi, hingga individu, dalam periode tertentu. 

Jaminan

Dilansir dari Wikipedia, jaminan atau agunan merupakan sebuah aset atau barang yang berharga milik pihak peminjam (debitur) yang dijanjikan pada pihak pemberi pinjaman.

Cara Mengajukan Pinjaman Bisnis

Bukan hal yang mudah untuk membangun atau mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Salah satu cara untuk meraih impian Anda dalam membangun bisnis yaitu dengan cara mengajukan pinjaman modal. Untuk mendapatkan pinjaman moda bagi bisnis simak caranya dibawah ini yuk!

Membuat Rencana Bisnis dengan Jelas

Untuk membuat rencana bisnis Anda harus melakukan beberapa hal, seperti:

1. Melakukan Riset Bisnis

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan riset. Anda bisa melakukan riset sendiri atau menggunakan jasa dari pihak yang lain.

Riset yang dilakukan harus berkaitan dengan bisnis Anda, agar bisa memberikan hasil untuk diterapkan pada rencana bisnis, dan bisa mengatasi sebagian besar masalah yang mungkin akan Anda hadapi ketika membangun bisnis di masa depan.

2. Menentukan Tujuan, Visi dan Misi

Visi, misi, dan tujuan merupakan hal yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah organisasi. Ketiga hal tersebut nantinya akan menjadi pedoman untuk semua orang yang terlibat dalam perusahaan saat mereka sedang bekerja. 

3. Membuat Profil Perusahaan

Cara membuat rencana bisnis selanjutnya yaitu dengan membuat company profile atau profil perusahaan. Profil perusahaan merupakan sebuah ringkasan yang menegnalkan perusahaan Anda kepada masyarakat.

4. Mencatat Seluruh Transaksi Keuangan

Dalam titik tertentu, Anda pasti akan membutuhkan rencana bisnis untuk mengajukan pinjaman pada investor atau pihak lain. 

Oleh karena itu, jika Anda mencatat seluruh transaksi keuangan, maka pihak pemberi pinjaman bisa memahami arus kas perusahaan Anda.

5. Merancang Strategi Pemasaran

Terakhir, cara membuat rencana bisnis yaitu dengan merancang strategi pemasaran dan rencana penerapannya, seperti konsep strategi, media untuk melakukan promosi, hingga biaya yang dibutuhkan

Mencari Lembaga Keuangan yang Sesuai

Pertama, hal yang paling utama dan sangat penting yaitu mempunyai izin dari OJK. Mungkin cukup sulit untuk mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan, sehingga perusahaan yang mempunyai legalitas dari OJK sudah pasti aman dan terpercaya.

Kedua, komunikasi yang responsif dan terbuka, perusahaan yang memberi informasi secara responsif, akan membuat pelanggan tidak ragu pada perusahaan tersebut

Ketiga, mempunyai reputasi baik, hal ini karena reputasi yang baik perusahaan bisa mencerminkan pelayanan perusahaan tersebut.

Memantau Proses Pengajuan Pinjaman 

Proses pemantauan pinjaman harus dilakukan oleh perusahaan keuangan untuk  memantau proses pengajuan fasilitas peminjaman dan proses jalannya pengajuan pinjaman tersebut.

Bisnis Anda bisa tumbuh bersama, Jadi Borrower di Investree untuk kemudahan akses pinjaman mulai dari 13% p.a.

Tunggu apalagi? Jadi Borrower sekarang!

daftar borrower investree