Marketplace Lending

Berikut 5 Tips Budidaya Lobster Air Tawar, Wajib Tau!

Budidaya lobster air tawar dapat menjadi salah satu alternatif bisnis yang memberi imbal hasil tinggi. Lobster air tawar memiliki tingkat peminat yang cukup tinggi, sayangnya masih belum banyak yang membudidayakan komoditas perikanan ini. Sementara harga jual lobster air tawar per kilogramnya dibandrol hingga Rp300.000.

Anda dapat memulai budidaya lobster jenis air tawar ini dari skala kecil. Lahan yang digunakan untuk budidaya bisa dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Walau begitu tetap ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memulai budidaya ini. Langsung saja simak penjelasan berikut.

1. Mempersiapkan Modal

Memulai bisnis lobster air tawar membutuhkan modal awal. Modal awal ini digunakan untuk mempersiapkan sarana prasarana termasuk bibit lobster. Modal awal juga digunakan untuk menopang biaya operasional budidaya hingga panen pertama.

Sarana prasarana budidaya meliputi kolam, pakan, listrik, air dan masih banyak lagi. Belum ditambah dengan bibit calon indukan, maka biaya yang harus dikeluarkan cukup besar. Terlebih Anda perlu menyiapkan setidaknya 25 induk betina dan 15 induk jantan, dengan harga ratusan ribu.

2. Mempersiapkan Media Pembenihan

Pembenihan lobster air tawar memerlukan beberapa wadah, diantaranya akuarium, bak plastik serta kolam semen. Untuk akuarium dapat disesuaikan dengan luas ruangan yang ada, ukuran idealnya 1 meter x 0,5 meter dengan tinggi 0,4 meter. Dengan ukuran ini, maka ketinggian maksimal air hingga 30 cm, dapat memuat 5 betina 3 jantan atau 100 benih ukuran 1 inci.

Selain dengan akuarium, Anda juga dapat menggunakan bak plastik atau fiberglass yang lebih tahan. Jika Anda memiliki budget lebih, maka bisa juga membuat kolam semen. Umumnya kolam jenis ini digunakan untuk tempat pemijahan induk. Ukuran kolam semen pemijahan yang ideal adalah 40 x 40 x 40 cm dengan ketinggian air 30 cm. Sedangkan, untuk pembesaran membutuhkan ukuran 2 x 1 x1 meter.

Apapun jenis kolamnya, Anda tetap harus menyediakan peralatan penunjang pembenihan seperti lubang persembunyian serta aerator. Sumber air yang bisa digunakan meliputi air tanah, air sungai maupun air PAM. Air harus diendapkan selama 24 jam sebelum diisi dengan bibit lobster.

3. Memilih dan Memijah Indukan

Pilih calon indukan yang sehat dan berkualitas. Ditandai dengan pertumbuhan yang cepat, nafsu makan besar, gerakan yang lincah, warnanya cerah, dan perbandingan ukuran kepala dan badannya sama. Persiapkan setidaknya 5 betina 3 jantan atau kelipatannya.

Calon indukan tersebut kemudian dirawat hingga berusia 10 sampai 12 bulan, ditandai dengan ukurannya yang sudah mencapai 15 sampai 17 cm. Pemijahan dilakukan di akuarium dengan ketinggian air 20 cm, per wadah diisi dengan 5 betina 3 jantan. Pemijahan berhasil saat terlihat telur di bagian abdomen lobster betina.

4. Menetaskan Telur

Dalam proses penetasan telur, induk betina dipindah ke wadah perawatan telur, dengan disediakan pipa paralon untuk persembunyian. Telur akan menetas dalam 1 bulan, selama itu pula Anda harus memastikan suhu pada wadah tetap stabil sebab telur sangat sensitif dengan perubahan suhu.

Anakan yang baru menetas biasanya akan terus menempel pada induknya dalam 2-3 hari. Jika terlihat benih sudah lepas semua dari induknya, maka Anda dapat langsung masuk pada tahap berikutnya.

5. Memelihara Benih

Memelihara benih adalah tahapan terakhir dalam budidaya lobster jenis ini. Benih dipelihara selama 10 hari di kolam penetasan, setelah itu dipindah ke kolam pendederan selama 2 bulan. Pastikan selama masa ini lobster tidak terkena sinar matahari langsung dan terhindar dari serangan predator.

Bentuknya akan terlihat seperti lobster dewasa setelah berusia 8 sampai 15 hari. Beri pakan berupa tepung kacang, cacing sutra, pelet udang yang dihaluskan supaya pertumbuhannya semakin cepat. Panen bisa Anda lakukan saat usianya 70 hari dengan panjang 5 cm.

Demikian penjelasan mengenai cara budidaya lobster air tawar. Semoga bermanfaat.

Referensi :

Kiki Safitri. 8 Agustus 2021. 7 Panduan Budidaya Lobster Air Tawar dari Memilih Wadah hingga Panen. Money.kompas.com: https://bit.ly/2WPuKLe

Share this Post

Artikel Terbaru