Marketplace Lending

Apa Itu Pendanaan UKM? Ketahui Pengertian dan Manfaatnya

Pendanaan UKM sangat dibutuhkan pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Namun, tidak jarang pengusaha mengalami kesulitan pendanaan sehingga usaha yang dijalankan tidak berkembang. Agar tidak terjadi hal tersebut, pengusaha perlu mencari dana. Ada banyak sumber pendanaan yang bisa digunakan. Lalu apa yang dimaksud dengan pendanaan Usaha Kecil dan Menengah beserta manfaatnya? Mari pahami tentang hal ini secara lengkap di laman berikut ini.

Apa Itu Pendanaan Usaha Kecil dan Menengah?

Pendanaan Usaha Kecil dan Menengah adalah dana yang dibutuhkan oleh pengusaha untuk modal usaha. Dimana dana tersebut sangat dibutuhkan pengusaha untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Seperti yang diketahui jika Usaha Kecil dan Menengah memberikan pengaruh yang besar untuk perekonomian negara sehingga persoalan kekurangan dana harus bisa dibantu untuk mendapatkannya. Berikut ini adalah sumber pendanaan Usaha Kecil dan Menengah untuk modal usaha sebagai berikut:

1. Pemerintah

Para pengusaha Usaha Kecil dan Menengah bisa mendapatkan dana untuk modal usaha dari pemerintah. Caranya yaitu dengan mengajukan pinjaman kepada pemerintah melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Anda bisa mengajukan pinjaman ini melalui bank yang telah ditunjuk Pemerintah. Namun, syarat untuk bisa mengajukan pinjaman ini adalah sudah memiliki usaha. Jika masih akan merintis berarti tidak bisa mengajukan pinjaman.

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah harus memiliki pendapatan atau penghasilan sesuai dengan pinjaman yang diajukan. Beberapa waktu yang lalu pemerintah mengeluarkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk Usaha Kecil dan Menengah dengan nominal Rp 1,2 juta.

2. Perbankan

Apabila Anda ingin mendapatkan pinjaman modal dengan nominal besar maka harus mengajukan pinjaman di bank. Mengajukan pinjaman di bank memang cukup rumit tetapi sebanding dengan modal yang dipinjam. Kekurangan meminjam dana di bank adalah suku bunganya cukup tinggi.

Ada beberapa jenis pinjaman bank yang bisa Anda pilih seperti kredit usaha dan juga kredit tanpa agunan. Kredit usaha biasanya diberikan oleh pihak bank sesuai dengan jenis dan ketentuannya. Sedangkan kredit tanpa agunan sebagai sumber dana Usaha Kecil dan Menengah yaitu kredit tanpa agunan atau jaminan untuk modal usaha.

3. Lembaga Keuangan Non-Bank

Sumber dana Usaha Kecil dan Menengah juga bisa Anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan non-bank. Biasanya lembaga keuangan non-bank ini merupakan bentukan pemerintah dengan tujuan untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah masyarakat bisa tumbuh dan berkembang sehingga perekonomian negara ikut tumbuh.

Contoh lembaga keuangan non-bank adalah koperasi simpan pinjam, pegadaian, pasar modal, asuransi dan sebagainya. Untuk bisa mendapatkan pinjaman dana tetap harus memenuhi syarat dan aturan yang diberlakukan. Apabila ingin mengajukan pinjaman di salah satu lembaga keuangan non-bank tersebut pastikan bunga yang harus dibayarkan sesuai dengan kemampuan Anda.

Manfaat Pendanaan Usaha Kecil dan Menengah

1. Untuk Inovasi Bisnis

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar bisnis bisa tetap eksis adalah dengan melakukan inovasi produk. Hal ini dilakukan karena pasar terus berkembang dan membutuhkan produk baru dengan konsep yang baru dan unik. Untuk melakukan inovasi ini pasti membutuhkan modal usaha yang tidak sedikit.

2. Perluasan Lahan Bisnis

Apabila Usaha Kecil dan Menengah yang dijalankan sudah semakin berkembag pasti membtuhkan lahan yang semakin luas. Maksud lahan disini adalah kantor tempat karyawan bekerja, gudang penyimpanan, ataupun tempat untuk kegiatan produksi. Untuk melakukan perluasan lahan tersebut diperlukan dana. Dana tersebut bisa diperoleh melalui beberapa sumber, seperti dari pemerintah, perbankan, lembaga keuangan non-bank dan sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai pendanaan UKM beserta manfaatnya. Bagi Anda pelaku Usaha Kecil dan Menengah dan saat ini sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pendanaan UMKM mulai dari Rp1 juta. Dengan imbal hasil hingga 20% p.a, dana Anda akan disalurkan dengan aman kepada pengusaha yang membutuhkan pinjaman atau modal usaha. Terlebih prosesnya mudah dan dilakukan secara online, cukup dengan download aplikasi Investree for Lender di Google Play Store dan App Store. Daftar dan pilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender.

Referensi :

Trusvation.com. 27 September 2020. 5 Sumber Modal UMKM Berbasis Pinjaman. Trusvation.com. https://bit.ly/3GtXMBI

Share this Post