Apa Itu Mutasi Rekening? Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Daftar Isi
Cara Mendapatkan Mutasi Rekening

Salah satu istilah di dalam perbankan yang mungkin sudah familiar Anda dengar adalah mutasi rekening. Mutasi rekening merupakan catatan atau riwayat dari transaksi yang terjadi di sebuah rekening. Namun, sudahkan Anda tahu mengenai cara mendapatkan mutasi rekening? Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai mutasi rekening dan cara mendapatkannya, bisa Anda simak berikut ini!

Pengertian Mutasi Rekening

Mutasi rekening adalah riwayat transaksi rekening milik seseorang, dapat berupa aliran dana masuk maupun keluar. Jadi, ketika Anda melakukan penarikan atau pengiriman uang, semua itu akan secara otomatis tercatat dalam sistem perbankan. Berlaku juga sebaliknya, ketika Anda mendapatkan transferan yang masuk ke rekening, berarti akan terjadi mutasi kredit dimana saldo di dalam tabungan Anda akan bertambah. Di dalam mutasi tersebut, Anda bisa melihat dengan jelas, waktu transaksi yang terjadi, tujuan dan asal aliran dana, dan sisa saldo yang dimiliki. 

Cara Mendapatkan Mutasi Rekening

Seiring dengan kemajuan dunia teknologi, sekarang Anda dapat mendapatkan mutasi rekening melalui online. Berikut adalah 5 cara cek mutasi rekening yang bisa Anda coba lakukan.

  • Teller Bank

Cek mutasi rekening yang biasa dilakukan adalah mendatangi teller bank di kantor cabang terdekat. Caranya, cukup dengan mengambil nomor antrean dan mengantre di bagian teller dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas. Teller bank akan membantu untuk mencetak mutasi rekening di buku tabungan Anda.

  •  Mesin ATM

Selain melalui teller, mutasi rekening juga dapat dicek melalui mesin ATM. Anda hanya perlu pergi ke ATM terdekat sesuai rekening bank dan jangan lupa untuk membawa kartu ATM. Setelah memasukkan kartu dan pin ATM, Anda bisa lanjut ke menu transaksi lainnya dan klik mutasi rekening. Selanjutnya, mutasi rekening Anda akan tercetak di dalam struk yang dikeluarkan oleh mesin ATM. Di dalam struk ini akan ada terlihat beberapa kode, yaitu kode D(Debit) untuk uang yang masuk dan kode K(Kredit) atau untuk uang yang keluar. Namun, cek mutasi melalui ATM hanya memuat 5 transaksi terakhir saja. Setelah selesai, Anda bisa mengambil kartu ATM kembali. 

  •  SMS Banking

Berbeda dari sebelumnya, fitur SMS Banking memberikan layanan pengecekan mutasi rekening melalui smartphone. Cara dan akses kode dari setiap rekening bank masing – masing akan berbeda. Namun, untuk menggunakan fitur ini, Anda akan dikenakan tarif pulsa dan tampilan informasi yang diberikan juga terbatas pada 4 transaksi terakhir.

  • Aplikasi Mobile Banking

Pengecekan mutasi rekening melalui mobile banking dianggap lebih mudah dan cepat selama Anda memiliki jaringan internet. Anda dapat mendownload aplikasi mobile banking dari bank yang Anda gunakan di Playstore atau App Store. Anda cukup login ke aplikasi dan memilih menu mutasi rekening bank. Namun, untuk pembuatan akun di mobile banking ini, Anda harus mendaftar melalui CS di bank terlebih dahulu.

  •  Internet Banking

Mirip seperti mobil banking yang membutuhkan jaringan internet, internet Banking adalah cara cek mutasi rekening yang dapat dilakukan melalui website. Anda hanya perlu memiliki koneksi internet dan tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun pulsa. Caranya, Anda harus mengunjungi website dari bank yang Anda gunakan, ikuti arahan yang tersedia, dan informasi mutasi rekening pun akan muncul pada layar smartphone atau komputer Anda.

Demikian informasi mengenai mutasi rekening, manfaat serta cara mengetahuinya. Jika sudah melakukan pengecekan mutasi rekening hari ini, mungkin sudah saatnya uang yang mengendap di rekening bank Anda bekerja. Melalui investasi P2P di Investree, Anda dapat mengembangkan dana yang Anda miliki. Bunga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 14-20% per tahun, pilihan dapat disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan Anda. Pendaftaran menjadi lender dapat diakses melalui tautan berikut: https://investr.ee/BlogLender.

Tunggu apalagi? Coba Investree sekarang!

Referensi:

https://koinworks.com/blog/apa-itu-mutasi-rekening-dan-bagaimana-cara-mendapatkannya/

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/04/06/mutasi-rekening-adalah#:~:text=Mutasi%20Rekening%20adalah%20catatan%20dari,kali%20digunakan%20oleh%20para%20nasabah.

https://lifepal.co.id/media/cara-mutasi-rekening/