Marketplace Lending

Apa Itu Demand Loan? Berikut Pengertian dan Penjelasannya

Demand loan adalah salah satu jenis usaha yang dianggap cocok karena sifatnya lebih fleksibel. Sejak terjadinya pandemi akibat penyebaran virus Covid-19 secara global memang membuat tingkat perekonomian rakyat kebanyakan mengalami penurunan. Tidak terkecuali sektor usaha dan bisnis banyak yang harus rela berguguran karena sepinya omzet sehingga modal habis.

Demand loan menjadi jenis kredit modal kerja yang sifatnya revolving dan berjangka pendek. Ciri khas dari demand loan adalah keharusan nasabah untuk memberitahukan kepada bank atau lembaga keuangan pemberi pinjaman setiap akan melakukan penarikan dana. Begitu juga dengan pelunasan pinjaman tersebut nasabah juga bisa melakukannya secara berulang-ulang sebelum jatuh temponya.

Apa Itu Demand Loan?

Demand loan merupakan bentuk kredit atau pinjaman dimana nasabah bisa mencairkan dana yang dipinjamnya tersebut secara berulang-ulang bukan sekaligus. Yang perlu dicatat setiap akan melakukan dana pinjaman nasabah wajib memberitahukannya lebih dulu kepada bank atau lembaga keuangan sebagai kreditur. Biasanya pemberitahuan harus disampaikan kepada lembaga pemberi pinjaman maksimal satu hari sebelum pencairan.

Demand loan bisa menjadi alternatif bagi para pelaku usaha yang membutuhkan modal untuk bisnisnya. Pinjaman jenis ini dianggap lebih fleksibel karena pencairan dana pinjaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing nasabah. Begitu juga dengan pengembalian dananya juga dilakukan berulang-ulang dalam masa sebelum jatuh temponya.

Keuntungan dan Manfaat Demand Loan

Di dalam masa perekonomian yang sulit akibat pandemi seperti saat ini memang semestinya masyarakat terutama para pebisnis selalu memperhitungkan kebutuhan dana dengan hati-hati. Demand loan dipandang tepat sebagai jenis pinjaman yang sesuai dengan kondisi saat ini karena memiliki keuntungan dan manfaat sebagai berikut :

  1. Jangka waktunya lebih fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.
  2. Menambah modal kerja atau usaha dengan cara yang mudah.
  3. Menambah kapasitas pada usaha dan bisnis Anda.
  4. Menjaga kestabilan arus kas (cash flow) perusahaan.
  5. Proses mudah dan cepat tanpa ribet.
  6. Biaya dan suku bunga yang kompetitif.

Kredit Modal Kerja Investree

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat juga merambah pada bidang keuangan atau finansial. Hadirnya platform yang menawarkan berbagai produk keuangan secara online memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. Salah satu platform terpercaya adalah Investree yang memiliki beberapa produk kredit modal usaha antara lain :

1. Invoice Financing

Kredit modal usaha yang ditawarkan khusus kepada Usaha Kecil dan Menengah yang sedang berkembang dan memiliki kerjasama bisnis dengan perusahaan-perusahaan besar contohnya BUMN, perusahaan terbuka (Tbk), perusahaan multinasional dan juga lembaga pemerintahan.

 

Usaha Kecil dan Menengah yang memenuhi syarat tersebut bisa mengajukan pinjaman kepada Investree dengan mempergunakan invoice berjalan atas perusahaan besar tersebut sebagai jaminannya. Anda bisa memilih produk pinjaman Invoice Financing konvensional maupun yang berbasis syariah.

2. Online Seller Financing

Online Seller Financing merupakan pinjaman modal kerja dengan jangka pendek bagi para penjual (seller) online yang aktif menjual barangnya melalui e-commerce yang telah menjadi mitra Investree. Pinjaman ini sangat pas bagi Anda yang baru memulai langkah menjadi penjual online untuk menambah modal dan mengembangkan bisnis misalnya untuk menambah stok produk.

 

Dengan tenor 3 – 24 bulan Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman modal kerja hingga Rp. 2 miliar.

 

Demand loan adalah jenis kredit modal kerja revolving yang dapat Anda peroleh dengan proses mudah, cepat dan aman melalui Investree. Segera download aplikasi Investree for Lender dan bergabung sebagai borrower untuk mengetahui mendapatkan berbagai pilihan produk pinjaman modal kerja sesuai kebutuhan usaha.

 

Referensi :

RenaChan. Contoh Demand Loan. Scribd.com : https://bit.ly/3dRDPZ3

Share this Post

Artikel Terbaru