Ekonomi

Apa itu Baki Debet? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Baki debet adalah besaran sisa pokok pinjaman dalam periode tertentu. Bunga, denda, maupun penalti tidak termasuk dalam baki debet. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa pelajari apa itu baki debet secara lengkap dibawah ini.

Apa Itu Baki Debet?

Baki debet merupakan saldo pokok dari satu plafon pinjaman yang sudah disepakati bersama dalam sebuah perjanjian kredit. Umumnya saldo baki debet akan berkurang saat angsuran rutin dibayarkan sesuai dengan jadwal pembayaran.

Istilah baki debet juga bisa diartikan sebagai jumlah uang tunai yang harus dimiliki di setiap rekening nasabah. Gunanya adalah untuk melunasi hutang. Agar tahu besar-kecilnya baki debet Anda perlu mengetahui bunga yang digunakan terlebih dahulu.

Baki debet ini cukup penting dan krusial, jadi usahakan untuk menanyakan petugas yang memiliki wewenang memberikan informasi seputar baki debet.

Jenis-Jenis Bunga Kredit Kepemilikan Rumah

Jenis bunga Kredit Kepemilikan Rumah ada beragam, dari jenis bunga Kredit Kepemilikan Rumah tersebut nanti Anda bisa mengetahui baki debet. Setiap jenis bunga ada aturan atau ketentuan suku bunga masing-masing.

Untuk Kredit Kepemilikan Rumah biasanya bunga cicilan yang digunakan adalah bunga cicilan yang besarnya dilihat berdasar suku bunga ketika transaksi terjadi. Jadi saat bunga acuan di Bank Indonesia naik, otomatis bunga Kredit Kepemilikan Rumah pun akan naik. Berikut ini adalah penjelasan singkat tiap jenis bunga Kredit Kepemilikan Rumah yang perlu diketahui:

1. Bunga Tetap

Bunga tetap biasa dikenal dengan istilah fixed rate. Ini termasuk salah satu jenis suku bunga yang digunakan untuk pinjaman perbankan. Contoh pinjaman yang dimaksud sepert kredit pemilikan rumah atau kredit kendaraan bermotor.

Pengertian fixed rate adalah suku bunga yang sifatnya tetap atau tidak akan ada perubahan selama periode tertentu atau sesuai jatuh tempo. Besar suku bunga pada fixed rate.dicantumkan pada sebuah tabel cicilan serta dalam perjanjian kredit. Tentunya suku bunga tersebut tidak akan mengalami perubahan sampai akhir masa kredit.

Perlu diingat kalau bunga tetap ini akan dihitung sesuai dengan jumlah awal pokok pinjaman yang akan dibagikan secara proporsional atau sesuai jumlah tenor. Contohnya, saat pihak bank menentukan suku bunga sebesar 10 persen, artinya sepanjang periode kredit nasabah harus membayar angsuran sesuai suku bunga 10 persen sampai angsuran lunas.

2. Bunga Mengambang

Jenis bunga mengambang ini merupakan salah satu cara menghitung tingkat suku bunga yang sifatnya tidak tetap. Sifat tidak tetap ini masih disesuaikan dengan pemberlakuan suku bunga dasar dari pihak Bank Indonesia.

Intinya, saat suku bunga pasaran naik secara otomatis bunga pinjaman juga akan ikut naik. Oleh karena itu angsurannya disebut dengan floating rate yang memang setiap bulannya akan mengalami perubahan.

Jadi saat nasabah ingin mengetahui suku bunga mengambang perlu melakukan pengecekan langsung lara situs resmi bank masing-masing. Biasanya perubahan yang dimaksud terjadi setiap satu bulan sekali saja.

Pentingnya Baki Debet

Saat mengambil kredit atau membeli satu barang dengan cara mengangsur sangat penting untuk mengetahui baki debetnya. Dari baki debet ini nasabah bisa mengetahui sisa pinjaman pokok yang harus segera dilunasi.

Baki debet juga membantu nasabah untuk mengetahui seberapa banyak nasabah tersebut sudah berapa kali bayar dan berapa jumlah angsuran yang sudah dibayar dan belum dibayar.

Anda sangat disarankan untuk lebih teliti dan jeli saat mengajukan pinjaman terutama dalam mencari tahu setiap komponen kredit yang salah satunya adalah baki debet.

Kesimpulannya, baki debet adalah besaran sisa pokok pinjaman yang penting Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

Referensi :

Linda. Apa Itu Baki Debet?. Pinhome.id : https://bit.ly/3p2Zx35

Share this Post

Artikel Terbaru