Apa Itu Agio Saham? Simak Pengertian Selengkapnya Di Sini

Agio saham adalah salah satu bentuk kekayaan bersih yang dimiliki satu perusahaan. Ini bisa didapatkan dari penjualan saham yang memiliki nilai di atas nominal nilai saham itu sendiri. Untuk mengetahui nilai agio saham ini perlu mencari selisih antara harga jual dan harga beli suatu saham. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada penjelasan singkat tentang agio saham.

Pengertian Agio Saham

Agio adalah salah satu istilah yang ada di dunia keuangan dengan sedikitnya ada 3 definisi sendiri. Pertama, agio merupakan selisih lebih yang didapatkan dari pertukaran uang logam emas atau perak dengan uang kertas dalam valuta yang memiliki nilai nominal sama. Biasanya untuk agio dengan definisi pertama ini sering digunakan di Eropa.

Definisi yang kedua, agio adalah selisih lebih antara nilai sebenarnya dengan nilai tukar, baik itu untuk instrumen investasi atau mata uang asing. Bisa dikatakan juga sebagai penyusutan nilai mata uang logam karena terjadi aus pada mata uang tersebut.

Sementara definisi ketiga, agio adalah selisih lebih setoran modal yang telah diterima pihak bank ketika penerbitan saham karena harga pasar saham yang lebih tinggi dibandingkan nilai tukar atau nilai nominal.

Contoh Saham Agio

1. Awal Membentuk Perusahaan Perseroan Terbatas

Contoh pertama dari saham agio bisa dilihat dari awal pembentukan perusahaan perseroan terbatas yang didirikan oleh 5 orang. Modal yang dasar yang terkumpul sebesar 100 miliar rupiah. Kelima orang tadi sudah sepakat untuk menyetorkan modal masing-masing 10 miliar rupiah. Dari total modal yang terkumpul maka ada kekurangan modal 50 miliar yang belum disetor. Jika dibuat catatan akan seperti ini:

  • Modal dasar 100 miliar rupiah.
  • Modal disetor 50 miliar rupiah.
  • Modal cadangan 50 miliar rupiah.
  • Kelima orang sepakat masing-masing mendapatkan 10 juta lembar dengan nilai per lembar saham 1000 rupiah, dengan persentase kepemilikan yang sama yaitu 20%.

Nanti dalam akhir terlihat nilai ekuitas sebesar 50 miliar rupiah, itu yang termasuk agio saham. Jadi itu adalah selisih dari pemasukan dan pengeluaran dari saham itu sendiri.

2. Ekspansi Perusahaan

Ada juga contoh lain yaitu pada ekspansi perusahaan. Ekspansi ini diusulkan kepada 5 investor perusahaan. Nilai investasi yang diperlukan perusahaan mencapai 200 miliar rupiah. Namun, para investor tidak ada yang ingin melakukan penyuntikan modal tambahan.

Jika di kalkulasi, tingkat keuntungan perusahaan serta prospek keuntungannya, investor pun sepakat sisa saham di portepel sebanyak 50 juta lembar dijual dengan harga 5000 rupiah per lembar. Asumsinya di sini, penjualan lembar saham akan terserap dengan di pasar secara maksimal. Dari situ nanti manajemen mendapat dana segar sebesar 250 miliar rupiah. Selisih antara nilai nominal saham seharga 1.000 rupiah dengan nilai jual sebesar 5.000 rupiah, maka agio sahamnya 4.000 rupiah.

Jika dicatat atau ditulis maka akan seperti ini:

  • Modal tambahan hasil penjualan saham = 50 juta lembar x 1.000 rupiah = 50 miliar rupiah
  • Total modal = modal disetot + modal tambahan = 50 miliar rupiah + 50 miliar = 100 miliar rupiah
  • Agio saham = 50 juta lembar x 4.000 rupiah = 200 miliar rupiah

Jadi pada intinya, agio adalah saham yang memang ada dalam laporan keuangan namun belum terlalu dikenal para pemegang saham, karena agio sendiri tidak ada kaitan langsung dengan para investor. Kemungkinan dimana investor membeli sebuah saham agio juga ada sebab, saham tersebut bisa menjadi salah satu saham yang mendatangkankan dana besar untuk perusahaan yang melakukan ekspansi. Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan dana untuk mengembangkan usahanya melalui Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, perusahaan bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda. Dengan modal tersebut, Anda bisa mengembangkan usaha dengan lancar dan maksimal.

Referensi :

TokopediaKamusKeuangan. Agio Saham. Kamus.tokopedia.com : https://bit.ly/3IssAUb