Marketplace Lending

5 Karakteristik Pasar Modal Syariah yang Dapat Anda Ketahui

Ada beberapa karakteristik pasar modal syariah yang penting Anda ketahui sebelum berinvestasi. Pasar modal syariah menjadi salah satu instrumen investasi yang dijalankan berdasarkan syariat islam. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari apa itu pasar modal syariah dan karakteristiknya dibawah ini.

Mengenal Pasar Modal Syariah

Pasar modal syariah adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang berniat melakukan transaksi untuk memperoleh modal yang jelas kehalalannya sesuai dengan syariat Islam. Dimana penjual dalam konteks tersebut merujuk pada perusahaan yang memerlukan modal atau emiten, sementara pembeli adalah pihak yang memiliki kelebihan dana dan tertarik menanamkan modalnya di perusahaan terkait demi meraih manfaat secara finansial. Segala transaksi surat berharga yang terjadi di pasar modal syariah wajib dilaksanakan sebagaimana ketentuan Islam.

Karakteristik dan Prinsip Dasar Pasar Modal Syariah

1. Investasi Halal

Salah satu tujuan utama dari hadirnya pasar modal syariah ialah menyediakan instrumen atau produk investasi yang halal, terutama bagi umat muslim. Melalui investasi halal, masyarakat dapat menghilangkan kekhawatirannya atas investasi yang mengandung riba, ketidakjelasan, dan hal-hal haram lain bisa teratasi.

Bagi Anda yang ingin melakukan pembiayaan secara syariah, silahkan masuk ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

2. Uang Sebagai Media Pertukaran Nilai

Secara garis besar, peran uang dalam pasar modal syariah adalah sebagai medium tukar nilai (medium of exchange). Selama investor menekuni kegiatan investasi, investor bakal memperoleh return dengan proporsi tertentu sesuai kebijakan perusahaan dan kondisi pasar saat itu. Namun perlu dicatat, proses investasi wajib menggunakan mata uang yang sama dengan pembukuan.

3. Transaksi Melalui Kontrak

Kegiatan transaksi kerjasama atau akad wajib sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Sederhananya, jika harus disesuaikan dengan prinsip syariah, maka transaksinya pun wajib sesuai dengan akad yang disepakati. Dengan begitu, transaksi bisa dijalankan secara transparan antara dua belah pihak. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan tidak ada yang bersembunyi.

4. Risiko Terkendali

Emiten dan investor berkesempatan melakukan kerjasama tanpa mengkhawatirkan risiko yang relatif tinggi. Hal ini dilakukan supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas kegiatan investasi terkait. Dengan istilah lain, risiko investasi di pasar modal syariah bisa dikendalikan.

5. Mekanisme yang Jelas dan Wajar

Mekanisme investasi yang jelas, wajar, dan masuk akal perlu ditekankan pada kegiatan di pasar modal syariah. Tujuannya, investor bisa terlindungi sekaligus terhindar dari prasangka buruk dalam melakukan transaksi. Melalui mekanisme yang jelas dan wajar, juga penerapan prinsip kehati-hatian, diharapkan akan ada transparansi dalam bertransaksi investasi.

Instrumen Pasar Modal Syariah

1. Sekuritas Aset

Secara umum, sekuritas aset meliputi bentuk partisipasi masyarakat yang adalah modal tetap dengan pengawasan manajemen, hak pengelolaan, serta hak suara pada pengambilan keputusan. Ada juga yang berbentuk penyertaan mudharabah, alias modal kerja dengan hak atas uang dan modal tersebut namun tidak termasuk pengawasan, pengelolaan, ataupun hak suara.

2. Sekuritas Modal

Sekuritas modal termasuk sebagai bukti atau jaminan kepemilikan modal. Bisa berupa saham dari perusahaan emiten yang sudah teregistrasi di pasar modal syariah.

3. Sekuritas Utang

Kategori instrumen pasar modal syariah ini bisa berupa penerbitan surat utang yang terjadi setelah adanya transaksi jual-beli atau sumber pendanaan dari suatu perusahaan.

4. Warran Syariah

Berdasarkan fatwa pengalihan DSN-MUI No.66/DSN-MUI/III/2008 mengenai Warran Syariah, investor diperkenankan untuk mengalihkan kepemilikan sahamnya pada orang lain dengan memperoleh imbalan.

Itulah beberapa karakteristik pasar modal syariah yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Kelas IPS. Pasar Modal Syariah. Kelasips.com: https://bit.ly/3F2LIGg

Dinna. 7 Oktober 2020. Mengenal Lebih Dekat Karakteristik Pasar Modal Syariah. Easycryptoinfo.com: https://bit.ly/3n6xr5l

Share this Post