Marketplace Lending

3 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online, Wajib Tau

Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan pinjaman online sebelum mengajukan pinjaman. Berbeda dari pinjaman konvensional, pinjaman online dapat diajukan dengan mudah dan cepat secara online melalui platform atau mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

ACD marketplace

Pinjaman online itu sendiri hanya dapat diproses secara online. Anda harus mengunduh dan memasang aplikasinya di smartphone dan mengajukan foto KTP, foto selfie bersama KTP, serta mengajukan beberapa dokumen pendukung lainnya. Biasanya dana akan cair dalam waktu 2 x 24 jam apabila pengajuan telah disetujui.

Namun begitu Anda harus cermat dalam memilih fintech pinjaman online. Pilihlah fintech pinjaman online yang kredibel dan terpercaya. Mereka sudah harus mengantongi izin dari OJK supaya Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga harus menimbang kelebihan dan kekurangan pinjaman online sebelum memutuskan mengajukan pinjaman online. Simak di ulasan berikut.

Kelebihan Pinjaman Online

Ada banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika melakukan pinjaman online. Seperti proses yang praktis, syarat yang mudah, serta pencairan dana yang cepat. Ketiga kelebihan ini hanya akan Anda dapatkan untuk fintech pinjaman online yang kredibel serta telah mengantongi izin dari OJK. Untuk selengkapnya, berikut penjelasan mengenai kelebihan dari pinjaman online.

1. Pengajuan Mudah dan Praktis

Anda tak perlu mengajukan pinjaman dengan mendatangi kantornya langsung. Saat ini Anda cukup gunakan smartphone untuk mengajukan pinjaman. Aplikasi dapat diunduh secara gratis di Play Store dan Anda hanya butuh jaringan internet untuk mengunduh dan mengaksesnya.

Saat mengajukan pinjaman, Anda cukup memenuhi persyaratan dan menyerahkan dokumen yang diminta oleh pemberi pinjaman secara online. Pada kebanyakan platform, tidak ada proses interview yang harus datang ke kantor cabang dan survei tempat supaya pengajuan Anda diterima. Fintech akan mengecek kelengkapan persyaratan Anda dalam waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum diputuskan apakah pengajuan Anda diterima.

2. Dana dapat Dicairkan Cepat

Pinjaman online dapat menjadi solusi bagi yang membutuhkan dana dalam keadaan mendesak. Hal ini dikarenakan dana dapat dicairkan secara instan dalam waktu cepat. Setelah pengajuan Anda diterima, dana akan langsung ditransfer ke rekening.

Maka supaya dana dapat cair dalam waktu cepat, pastikan Anda telah memenuhi semua persyaratan dan dokumennya tanpa satu pun yang terlewat. Sehingga pengajuan cepat disetujui dan Anda bisa gunakan dana untuk kepentingan yang mendesak.

3. Persyaratan Mudah dan Tidak Ribet

Kemudahan mengajukan pinjaman online juga karena syaratnya yang simple. Anda tidak perlu memiliki aset untuk digunakan sebagai agunan atau jaminan, serta tidak perlu kartu kredit karena di pinjaman online hanya dibutuhkan berkas pribadi di antaranya KTP, NPWP dan slip gaji.

ACD lender

Kekurangan Pinjaman Online

Walaupun terdapat segudang kelebihan, pinjaman online juga tak luput dari kekurangan. Kekurangan pinjaman online terdapat pada sistem bunga, plafon pinjaman serta tenor pelunasan. Sebagai pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman, simak kekurangan pinjaman online berikut ini.

1. Terdapat Sistem Bunga Harian

Sebagian besar pinjaman online menerapkan sistem bunga harian, yaitu mencapai 0,8% per hari. Metode bunga ini memang tidak akan membebani bagi yang mengambil tenor pelunasan singkat, akan tetapi menjadi sebaliknya untuk yang mengambil tenor panjang.

Anda perlu melakukan perhitungan terlebih dahulu supaya tidak menyebabkan membengkaknya cicilan hingga membebani keuangan Anda. Terlebih risiko terkena denda apabila Anda terlambat membayar cicilan.

2. Plafon Pinjaman Terbatas

Untuk meminimalisir risiko saat nasabah tidak mampu melunasi cicilan, fintech pinjaman online hanya memberikan plafon pinjaman terbatas, yaitu hanya sampai belasan juta saja. Hal ini mungkin cukup menyulitkan Anda yang membutuhkan pinjaman dalam nominal puluhan juta.

3. Tenor Pelunasan Lebih Singkat

Tenor pelunasan dapat Anda pilih sesuai kemampuan. Namun maksimal tenor pelunasan lebih singkat, yaitu maksimal 6 bulan. Sebenarnya ini cukup memberikan imbal hasil untuk Anda mengingat terdapat bunga harian yang harus Anda bayarkan di setiap cicilan, sehingga pilihan tenor yang tepat dapat menjaga keuangan Anda tetap dalam kondisi sehat.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan pinjaman online yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat.

Referensi:

ACD borrower

Admin. 21 Juni 2021. Sebelum Ajukan, Inilah Kelebihan & Kekurangan Pinjaman Online. Cnbcindonesia.com: https://bit.ly/3dD4Rnh

Share this Post

Artikel Terbaru