Investasi

Simak Pengertian Investasi Langsung Lebih Dalam Di Sini

Hingga saat ini investasi langsung masih menjadi favorit masyarakat karena dirasa mudah dan minim risiko. Apakah yang dimaksud dengan investasi secara langsung? Pengertian sederhananya adalah investasi yang dilakukan oleh seseorang dengan cara membeli aset riil seperti properti, emas dan sejenisnya. Investasi ini mudah tidak mengharuskan pemiliknya berurusan dengan hal-hal rumit.

Bukan hanya perseorangan atau individu saja yang bisa memilih investasi jenis ini karena perusahaan juga sering melakukannya. Investasi secara langsung pada perusahaan misalnya dengan membeli mesin-mesin dan peralatan lainnya penunjang kegiatan operasional mereka. Pengelolaan aset sepenuhnya dilakukan oleh pemilik atau investor itu sendiri.

Pengertian dan Maksud Investasi Secara Langsung

Secara bahasa investasi sendiri berarti penanaman modal dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat finansial. Dari pengertian ini bisa dikatakan bahwa investasi secara langsung adalah jenis penanaman modal dimana investor langsung membeli aset-aset baik yang tidak bisa diperjualbelikan ataupun bisa diperdagangkan melalui pasar modal dan pasar uang.

Jadi selain dilakukan dengan cara membeli aset riil seperti properti, logam mulia, mesin peralatan dan sejenisnya, investasi secara langsung juga bisa berupa aset yang terdapat di pasar modal.

Jenis Investasi Secara Langsung

Sebagai sebuah bentuk investasi tentu saja pemilik selaku investor akan mendapatkan manfaat dari hal tersebut. Manfaat yang dimaksud bisa dalam jangka waktu relatif cepat atau pendek dan jangka panjang.

Misalnya investasi properti semakin lama maka hargaya juga semakin mahal bisa berkali-kali lipat dari saat membelinya. Artinya investasi properti akan memberikan manfaat lebih besar dalam jangka waktu panjang. Adapun investasi jenis ini masih dibedakan lagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Investasi yang Tidak Bisa Diperjualbelikan

Investasi secara langsung yang Anda miliki mungkin saja merupakan instrumen yang tidak bisa diperdagangkan alias dijual kembali kepada orang lain. Contoh produk investasi yang tidak bisa diperjualbelikan ini misalnya tabungan serta deposito Anda di bank.

2. Investasi yang Bisa Diperjualbelikan

Meskipun ada investasi secara langsung yang tidak bisa dijual lagi pada pihak lain namun Anda tidak perlu kuatir. Kalau memang Anda lebih berminat pada instrumen investasi yang bisa diperjualbelikan dan mendapatkan manfaat dari selisih harga maka ada beberapa produk yang bisa dipilih.

Seperti contoh yang telah disebutkan di atas bahwa investasi properti merupakan investasi secara langsung di mana semakin lama Anda menahannya akan makin besar kenaikan nilainya. Saat Anda menjualnya kembali pada orang lain dalam jangka waktu tertentu harganya pasti akan naik beberapa kali lipat. Nah, investasi jenis ini yang bisa Anda jual kembali atau diperdagangkan adalah :

  • Properti seperti tanah, rumah, ruko, apartemen dan tanah.
  • Logam mulia seperti emas dan berlian.
  • Produk di pasar uang misalnya treasury bill.
  • Produk dari pasar modal misalnya saham biasa, saham preferen, T-bond dan sebagainya.

Yang perlu Anda ketahui adalah kalau Anda memilih investasi dalam bentuk produk finansial dari pasar modal dan pasar uang maka harus memiliki menjadi nasabah perusahaan yang sudah mempunyai izin PPE atau Perantara Pedagang Efek lebih dulu.

Keunggulan Investasi Secara Langsung

  • Umumnya bersifat jangka panjang sehingga dianggap bisa menjadi bentuk tabungan bagi masa depan.
  • Pemilik selaku investor berhak dan bisa melakukan kontrol secara langsung pada instrumen investasi yang dimilikinya.
  • Pemilik atau investor bisa melakukan analisa dan mengambil keputusan yang dianggap tepat terkait dengan investasi yang dilakukannya tersebut.

Melalui penjelasan di atas diharapkan Anda menjadi semakin paham dengan apa itu investasi langsung dan instrumennya. Investasi menjadi pilihan cukup baik bagi Anda yang ingin mempersiapkan dana bagi masa depan. Sementara itu kalau Anda membutuhkan tambahan modal untuk saat ini bisa mengajukan pinjaman melalui Investree, fintech lending terpercaya yang telah diberikan izin dan diawasi oleh OJK.

Referensi:

El Heze. Jenis-jenis Investasi dan Penjelasannya. sahamgain.com : https://bit.ly/3jrRqKK

Share this Post