Investasi

Simak 5 Manfaat Investasi Emas yang Harus Anda Ketahui

Emas menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih oleh masyarakat. Manfaat investasi emas tergolong cukup banyak dan cocok untuk pemula. Salah satu kelebihan investasi ini adalah harga emas yang terus naik dari waktu ke waktu. Anda bisa berinvestasi dalam bentuk emas perhiasan, emas batangan, logam mulia dan voucher emas (emas digital). Lantas, apa saja manfaat dari investasi emas? Simak pembahasannya di bawah ini.

5 Manfaat Investasi Emas  yang Harus Diketahui 

Investasi emas akan memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui berbagai manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat berinvestasi emas:

  1. Nominal Investasi Emas Relatif Stabil 

Manfaat investasi emas yang pertama adalah nominalnya yang relatif stabil. Salah satu alasan kenapa banyak orang memilih investasi emas karena nominal investasinya cenderung relatif stabil. Sudah bukan rahasia lagi jika harga emas terus mengalami setiap tahunnya. Di mana kenaikan tersebut mengikuti skema pasar dan investasi emas ini dikatakan lebih tahan terhadap fluktuasi inflasi. 

Dalam waktu tertentu harga emas memang pernah turun, akan tetapi turunnya harga tersebut masih dalam batas normal. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menaikkan harganya kembali. Maka dari itu, jika Anda memilih investasi emas berarti tidak akan rugi.

  1. Emas Mudah Diuangkan

Emas sering dijadikan pilihan investasi karena saat sedang membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak maka bisa langsung dijual. Jika ingin menjualnya bisa langsung datang ke toko emas atau pegadaian. 

Saat harga emas sedang naik berarti Anda akan mendapatkan keuntungan dari harga beli. Perlu diketahui jika emas dapat digunakan sebagai pengganti mata uang apabila terjadi krisis moneter. Hal ini dikarenakan sebelum adanya uang, emas digunakan sebagai alat tukar.

  1. Bisa Dimulai dalam Jumlah yang Kecil 

Investasi emas sangat cocok untuk pemula karena selain mudah dilakukan juga bisa dimulai dalam jumlah yang kecil. Contohnya, Anda bisa membeli emas dalam jumlah gram yang kecil yaitu 1 gram saja. Tentunya hal ini lebih terjangkau dibandingkan harus membeli emas dengan jumlah di atas itu. 

  1. Bebas Pajak  

Investasi emas menjadi salah satu investasi yang bebas pajak. Artinya imbal hasil yang didapatkan bisa dinikmati seutuhnya tanpa adanya potongan untuk membayar pajak. Maka dari itu, jika harga emas sedang naik dan Anda ingin menjualnya maka imbal hasil yang diperoleh akan semakin besar. 

  1. Bisa Melindungi Nilai Kekayaan

Nilai emas yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya, emas tidak hanya cocok untuk dijadikan investasi melainkan juga bisa melindungi nilai kekayaan. Harganya yang stabil dan cenderung naik memungkinkan Anda untuk mendapatkan imbal hasil yang besar sehingga nilai kekayaan yang dimiliki akan meningkat. Namun, manfaat satu ini bisa Anda dapatkan jika menjual emas ketika harganya naik atau lebih tinggi dari nilai saat membelinya,

Itulah informasi tentang 5 manfaat investasi emas. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi emas, maka berbagai manfaat tersebut bisa menjadi alasan untuk semakin memantapkan niat berinvestasi di instrumen emas. Apalagi investasi emas ini juga sangat sesuai untuk investasi jangka panjang. 

Referensi:

Syarif Maulana. 02 September 2020. 5 Manfaat Melakukan Investasi Emas Sejak Dini. Bankmandiri.co.id. https://bit.ly/3ygXJpb

Cermati.com. 20 Juli 2020. Investasi Emas: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?. https://bit.ly/3ifqAEQ

Share this Post

Artikel Terbaru