Investasi

Simak 5 Cara Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Efektif

Cara investasi reksa dana sebenarnya sangat mudah dilakukan. Investasi adalah salah satu cara menata masa depan dengan keuangan yang lebih baik. Memulai investasi sedini mungkin adalah pilihan yang tepat. Salah satu investasi yang bisa dicoba adalah reksa dana. Ingin tahu bagaimana cara investasi reksa dana? Simak baik-baik ulasannya setelah ini.

Apa itu Reksa Dana?

Gambar 1

Reksa dana adalah salah satu tempat untuk menghimpun dana dari para investor yang nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek yang dikelola Manajer Investasi. Dalam prakteknya, Manajer Investasi didukung tenaga profesional dalam bidang investasi yaitu Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi.

Misalnya, Anda punya dana untuk diinvestasikan. Dengan dana besar maupun kecil, Anda bisa investasi dengan membeli reksadana lalu pilih jenis reksa dana yang diinginkan, Manajer Investasi. yang akan mengelola dana investasi tersebut.

Cara Memulai Investasi Reksa Dana

Berinvestasi menggunakan reksa dana bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Tentunya setiap langkah perlu diperhatikan dengan baik dan dipahami sebelum mulai menggunakan reksa dana. Dalam jenis investasi ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Memilih Platform

Langkah pertama adalah mencari tahu dulu platform investasi reksa dana mana yang sesuai dengan kebutuhan. Carilah platform yang menyediakan beragam produk reksa dana dari banyak Manajer Investasi. Banyak pilihan Manajer Investasi nanti akan sangat membantu proses investasi.

2. Ketahui Macam-Macam Reksa Dana

Tersedia berbagai macam reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Cari tahu informasi sebanyak dan sedetail mungkin tentang macam reksa dana yang tersedia lalu tentukan pilihan ingin berinvestasi dengan jenis reksa dana yang mana. Setiap jenis tentu memiliki keunggulannya masing-masing jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Menentukan Jangka Waktu

Ada jangka waktu yang berbeda pada setiap reksa dana. Ada yang kurang dari satu tahun, ada yang sampai 3 tahun, ada juga yang sampai 5 tahun dan lebih dari itu. Jangka waktu tersebut dilihat dari reksa dana jenis apa yang dipilih. Sebab setiap jenis reksa dana jangka waktu investasinya berbeda. Perbedaan dari jangka waktu tersebut nanti akan memberikan beberapa efek pada produk investasi yang dipilih.

4. Membeli Reksa Dana

Selanjutnya Anda membeli reksa dana sesuai dengan kebutuhan, baik yang berjangka waktu pendek atau jangka waktu panjang. Jika Anda sudah membeli, langkah selanjutnya adalah melihat rekam jejak imbal hasil selama tiga tahun terakhir konsisten atau tidak.

Setelah itu silakan mencari tahu informasi lebih lanjut tentang reksa dana yang dibutuhkan melalui internet atau langsung menghubungi pihak yang menjual reksa dana itu. Tanyakan biaya yang dikenakan para reksa dana yang sudah dipilih khususnya biaya pembelian dan penjualan. Untuk berjaga-jaga sisihkan 20% dari pendapatan untuk berinvestasi reksa dana setiap bulannya.

5. Ambil Produk yang Sudah Terdaftar/Berizin di OJK

Reksa dana adalah investasi legal yang sudah terdaftar atau mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ada banyak syarat yang harus dipenuhi sehingga reksa dana bisa dipercaya dan aman. Jadi pastikan produk reksa dana serta Manajer Investasi sudah mendapatkan izin. Tanpa adanya perizinan tentu investasi nanti akan ada risiko yang harus ditanggung. Kalau mau berinvestasi secara tenang, bisa langsung mendaftar sebagai pendana dalam layanan Reksa Dana for Lender yang disediakan oleh pionir fintech lending Investree. Sudah berizin oleh OJK.

Itulah penjelasan beberapa cara investasi reksa dana yang bisa Anda lakukan dari sekarang. Jangan menunggu usia tua baru berinvestasi, justru memulai investasi idealnya saat usia masih muda dan tubuh masih sehat karena masih ada pendapatan yang bisa dijadikan modal untuk berinvestasi. Masa depan pun bisa lebih terencana dengan baik terutama dari segi keuangan.

Referensi:

Cermati.com . 11 Agustus 2020. Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah. Cermati.com: https://bit.ly/2TEBpGu

Share this Post

Artikel Terbaru