Investasi

Reksa Dana: Investasi Aman dan Mudah bagi Generasi Muda

Generasi muda masa kini atau yang sering kita sebut dengan generasi langgas atau milenial merupakan generasi yang tak asing dengan perkembangan teknologi, bahkan cenderung terlalu bergantung pada teknologi. Mereka akrab dan terlibat dengan tren yang sedang kekinian mulai dari gadget, makanan, hingga hiburan. Oleh karena itu, tak heran jika milenial disebut-sebut sebagai generasi yang sulit untuk menabung karena gaya hidup yang konsumtif. Padahal, kebutuhan finansial pasti akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya umur—menikah, punya anak, dan seterusnya. Milenial pun dituntut untuk mampu menyisihkan uangnya demi mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

Untungnya, selain dengan menabung, milenial memiliki alternatif solusi untuk menyisihkan uang yaitu dengan berinvestasi. Berinvestasi pun beragam jenisnya. Salah satu instrumen investasi yang sangat disarankan dan kini ditawarkan oleh Investree adalah reksa dana. Mengapa demikian?

Investasi mudah, cocok untuk para pemula

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor), khususnya pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko investasi mereka. Bisa dibilang, instrumen investasi ini cocok untuk investor pemula karena dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal meskipun sedikit dan keinginan untuk berinvestasi namun waktu dan pengetahuannya terbatas. Dana yang telah terkumpul kemudian akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan deposito.

Anda sebagai calon investor tak perlu khawatir karena reksa dana diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 Pasal 1 Ayat 27 serta terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Begitu pula dengan manajer investasi yang mengelola dana Anda secara profesional, mereka juga terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Apa saja keuntungan yang akan Anda peroleh?

  • Dikelola oleh tenaga ahli
    Reksa dana dikelola oleh para manajer investasi kompeten yang memiliki akses khusus dalam menganalisis peluang investasi serta keahlian dalam pengambilan keputusan finansial, hal ini mempermudah investor untuk menentukan saham-saham yang baik untuk dibeli. Selain itu, efisiensi waktu investor; investor tidak perlu repot-repot memantau kinerja investasinya karena hal tersebut sudah dialihkan kepada manajer investasi tersebut.
  • Terjangkau
    Berinvestasi reksa dana dapat dimulai dari nominal yang rendah, hal ini memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk berpartisipasi dalam melakukan diversifikasi dalam efek untuk memperkecil risiko. Sebagai contoh, seorang investor ingin memiliki portofolio obligasi namun terkendala dana yang sedikit. Dengan berinvestasi reksa dana, akan terkumpul dana dengan jumlah besar sehingga memudahkan diversifikasi baik untuk instrumen pasar modal maupun pasar uang.
  • Mudah untuk dicairkan
    Bisa dicairkan kapan saja, tanpa penalti.
  • Tanpa dipungut biaya
    Berinvestasi reksa dana tidak dikenakan biaya apapun.
  • Potensi tingkat pengembalian yang lebih tinggi
    Dalam kategori investasi jangka panjang atau menengah, reksa dana memiliki potensi untuk menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi karena investor bisa berinvestasi pada berbagai macam sektor dan industri.

Terdiri dari berbagai jenis

Berdasarkan portofolio investasi seorang investor, reksa dana dapat dibedakan menjadi 4 (empat) jenis. Pertama, Reksa Dana Pasar Uang di mana investasi hanya dilakukan pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Kedua, Reksa Dana Pendapatan Tetap di mana investasi dilakukan sekurang-kurangnya 80% dari aktiva investor dalam bentuk efek bersifat utang. Ketiga, Reksa Dana Saham yang konsepnya sama dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap namun dilakukan dalam bentuk efek bersifat ekuitas. Keempat, Reksa Dana Campuran atau investasi dalam efek bersifat utang dan ekuitas.

Sebagai informasi tambahan, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Saham berisiko lebih tinggi tapi menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi juga, lho.

Wajib melakukan ini sebelum berinvestasi reksa dana

Sst… Ada beberapa hal wajib yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk berinvestasi reksa dana. Milenial, simak poin-poin berikut ini!

  • Kenali profil risiko Anda
    Profil atau toleransi risiko adalah kemampuan dan ‘kerelaan’ investor untuk menerima kemungkinan atas kehilangan sebagian atau seluruh pokok investasi demi meraih potensi imbal hasil yang lebih besar. Apakah Anda termasuk investor agresif dengan toleransi risiko yang tinggi atau konservatif yang suka ‘main aman’ saja?
  • Pilih jangka waktu investasi
    Saatnya menentukan jangka waktu investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Anda suka yang berjangka pendek atau panjang?
  • Tentukan tujuan investasi
    Hal ini dapat menjadi patokan dalam menentukan reksa dana yang cocok bagi Anda setelah mengetahui profil risiko dan jangka waktu investasi Anda.
  • Cari tahu informasi bagaimana uang Anda diinvestasikan
    Keterangan tertulis dan terperinci seperti yang ada dalam prospektus reksa dana penting untuk dibaca karena memberikan informasi tentang bagaimana proses uang Anda diinvestasikan, siapa yang mengelola investasinya, dan rincian lainnya. Selanjutnya, Anda dapat mendalami informasi terkait dengan investasi Anda dalam Fund Fact Sheet dan Product Card yang tersedia.
  • PALING PENTING: tentukan di mana Anda akan membeli reksa dana
    Pilih yang aman, mudah, dan transparan. Gunakan layanan Reksa Dana for Lender dari Investree!

Reksa Dana for Lender: alternatif investasi yang menguntungkan

Kini, milenial tak perlu ambil pusing dalam memilih tempat yang tepat untuk membeli reksa dana. Terlebih jika Anda sangat dinamis dan mengandalkan segala sesuatunya pada gadget. Investree bekerja sama dengan Agen Penjual Efek Reksa Dana tanamduit menghadirkan layanan khusus Reksa Dana for Lender sebagai sebagai nilai tambah dan alternatif investasi bagi Lender untuk mendiversifikasikan portofolio dana Cash-in-Hand di akun Investree-nya, selain dengan memberikan pinjaman kepada Borrower. Anda yang belum terdaftar sebagai Lender di Investree pun dapat membeli reksa dana melalui Reksa Dana for Lender melalui platform digital Investree kapan saja dan di mana saja tanpa dipungut biaya apa pun.

Reksa Dana for Lender menawarkan investasi dengan jenis Pasar Uang yang memiliki risiko sangat rendah baik dari aspek default, berkurangnya Nilai Aktiva Bersih (NAB), maupun likuiditas. Investasinya pun terjangkau mulai dari Rp 100 ribu, menyajikan tingkat pengembalian yang atraktif, dapat digunakan untuk diversifikasi portofolio, dan dilakukan secara mudah, 100% online. Selengkapnya, Anda dapat mengunjungi laman Reksa Dana for Lender di sini.

Ternyata tidak sulit, ya, untuk menyisihkan uang dan berinvestasi demi masa depan yang bersinar. Apalagi berinvestasi reksa dana karena menawarkan beragam keunggulan dan manfaat yang tentu sayang jika tidak dimanfaatkan. Ingat, sebaiknya investasi dilakukan sedini mungkin agar hasil yang dituai nantinya lebih maksimal. Good luck, teman-teman!

Referensi:
https://www.bnpparibas-ip.co.id/id/investment-academy/beginner/52-7-cara-berinvestasi-reksa-dana-untuk-para-pemula/
https://www.idx.co.id/produk/reksa-dana/

Share this Post

Artikel Terbaru