Investasi

Pengertian Suku Bunga Dasar Kredit Beserta Contohnya

Suku bunga dasar kredit harus diperhatikan oleh siapa saja yang ingin mengajukan pinjaman di bank. Angsuran berikut plafon yang tersedia harus dibayarkan sampai tagihan pinjaman lunas. Jika perhitungan bunga pinjaman salah, Anda mungkin harus menambahkan anggaran dari pos lain. Inilah kenapa calon nasabah wajib mengetahui apa itu suku bunga kredit dan bagaimana prosedur perhitungannya. Tertarik mengetahuinya lebih lanjut? Simak ulasannya berikut ini yuk!

Suku Bunga Kredit

Banyak nasabah menilai bunga akan terlihat dari jumlah pembayaran setelah dikurangi dengan pinjaman yang sebenarnya. Padahal, jenis dan cara perhitungan bunga juga berpengaruh terhadap nilai total angsuran Anda.

Setiap jenis kredit akan mempunyai tipe bunganya sendiri. Sebaiknya Anda mengetahui jenis bunga dan cara perhitungannya dulu agar nantinya dapat memeriksa benar atau tidaknya jumlah bunga yang dibebankan pada angsuran. Dengan begitu, Anda bisa mengatur keuangan Anda secara lebih baik.

Pada dasarnya, suku bunga dasar angsuran atau Prime Lending Rate dikonotasikan sebagai suku bunga dasar terendah dimana bank belum memperhitungkan premi risiko atas kredit tersebut. Dalam penentuan Prime Lending Rate, perbankan perlu menimbang 3 komponen biaya yang dikeluarkan oleh bank, yakni profit margin, harga pokok dana, dan overhead. Prime Lending Rate perbankan akan dilaporkan ke Bank sentral, sehingga pihak Bank Indonesia bisa mengetahui Suku Bunga Dasar Kredit dari seluruh bank yang berada di Indonesia.

Perlu dicatat, saat Anda mengunjungi bank, ada kemungkinan suku bunga kredit bank berbeda dengan Suku Bunga Dasar Kredit yang ada di situs Bank Indonesia. Hal ini dikarenakan pihak bank yang sudah lebih dulu memperhitungkan premi risiko saat menentukan suku bunga pinjaman. Sehingga nilainya bisa dipastikan lebih tinggi daripada Suku Bunga Dasar Kredit.

Cara Menghitung Bunga Kredit

Secara general, setiap kredit akan memiliki jumlah pokok pinjaman. Dimana, jumlah pokok pinjaman sendiri merupakan nilai awal dari pinjaman yang diperoleh. Bunga dihitung berdasarkan hasil kali suku bunga dengan nilai pokok pinjaman. Bunga kredit akan dibayarkan selama periode pinjaman sampai jatuh tempo bersamaan dengan cicilan pokok.

Jenis Suku Bunga Kredit

1. Suku Bunga Tetap

Persentase suku bunga tetap tidak akan berubah dari awal sampai akhir periode kredit. Semisal saja suku bunga kredit yang disetujui antara pihak bank dan nasabah adalah 10%, maka sepanjang periode cicilan kredit, perhitungan bunga akan didasarkan pada persentase 10%.

2. Suku Bunga Mengambang

Nilai suku bunga mengambang cenderung berubah-ubah dari satu periode ke periode lainnya, mengikuti dinamika suku bunga pasaran. Apabila suku bunga pasaran meningkat, maka suku bunga kredit tersebut akan ikut meningkat, begitu pula sebaliknya.

3. Suku Bunga Flat

Perhitungan suku bunga flat berasal dari kalkulasi jumlah pinjaman pokok awal untuk setiap periode cicilan. Dalam hal ini, pokok pinjaman akan dibagikan/dicicil secara proporsional berdasarkan tenor kredit. Jenis suku bunga ini mempunyai karakteristik jumlah bunga dan cicilan pokok yang tetap.

4. Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif dihitung berdasarkan sisa jumlah pokok pinjaman. Sehingga porsi bunga yang perlu dibayarkan akan menurun, sementara porsi cicilan pokok tetap sama. Dengan demikian, jumlah angsuran yang harus dibayar setiap bulannya akan menurun.

5. Suku Bunga Anuitas

Secara garis besar, suku bunga anuitas adalah hasil modifikasi dari suku bunga efektif namun memiliki jumlah angsuran sama di setiap bulannya. Adapun untuk perhitungan bunganya sendiri ialah dengan mengkalkulasikan sisa jumlah pokok pinjaman. Untuk membuat jumlah angsuran sama setiap bulannya, pihak bank akan meningkatkan porsi cicilan pokok pinjaman dan menurunkan porsi bunganya.

Itulah informasi mengenai suku bunga dasar kredit yang perlu Anda pahami. Salah satu platform yang memberikan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan adalah Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Daftar Investree sekarang juga dan dapatkan tingkat bunga terbaik.

 

Referensi :

Bivisyani Questibrilia. 19 April 2020. Apa itu Suku Bunga Kredit dan Cara Perhitungannya. Jojononim.com : https://bit.ly/3At5ecI

Share this Post

Artikel Terbaru