Investasi langsung: Pengertian, Kelebihan, Manfaat, dan Contohnya

Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya investasi. Sayangnya, belum banyak orang yang familiar dengan berbagai jenis investasi yang bisa digunakan. Padahal sebenarnya bentuk investasi sangatlah banyak. Nah, kali ini kami akan menjelaskan tentang contoh investasi langsung yang perlu diketahui oleh para investor.

Investasi langsung bisa menjadi pilihan bagi para investor karena menyediakan berbagai kebutuhan. Misalnya, kemudahan akses, modal, dan cara investasi yang terbilang lebih mudah. Silahkan simak artikel ini sampai akhir agar Anda bisa lebih paham tentang investasi langsung, ya.

Pengertian Investasi Langsung

Sebelum masuk ke contoh investasi langsung, terlebih dahulu Anda harus mengetahui pengertian dari jenis investasi ini. Jadi, investasi langsung merupakan penanaman modal oleh investor secara langsung. Umumnya, investasi langsung berkaitan dengan pembelian lahan, pendirian pabrik, dan juga mesin-mesin perusahaan.

Selain itu, investasi langsung juga dapat berupa properti tanah, rumah, bangunan, hingga emas. Pada investasi langsung, para investor harus menjadi orang pertama yang terlibat dalam pengelolaan, mengontrol kegiatan, serta ikut bertanggung jawab jika mengalami kerugian.

Kelebihan Investasi Langsung

Adapun beberapa kelebihan dari investasi langsung yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

  • Bersifat jangka panjang sehingga dianggap lebih cocok menjadi tabungan untuk masa depan.
  • Investor memiliki hak dan kontrol secara langsung dalam mengawasi investasi yang dimilikinya.
  • Investor dapat menganalisis dan mengambil keputusan yang dianggap berkaitan dengan investasi yang dilakukannya secara langsung tanpa melalui pihak manapun.
  • Investor mempunyai pengaruh paling besar pada investasi yang dilakukannya.
  • Bagi investor yang mempunyai pengetahuan serta ketajaman konsep investasi, tentu sangat besar peluangnya untuk mendapat keuntungan yang cukup besar.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun investasi langsung tidak terlepas dari kekurangan seperti halnya instrumen investasi lainnya. Adapun kekurangan dari investasi langsung adalah Anda harus menghabiskan waktu untuk memantau pasar sekaligus belajar secara mendalam tentang aset yang diinvestasikan. Umumnya, para investor pemula memiliki risiko kerugian yang lebih besar.

Manfaat Investasi Langsung

Melakukan investasi langsung juga memiliki banyak manfaat bagi para investornya. Berikut adalah beberapa diantara manfaat tersebut.

  • Dapat meningkatkan nilai uang yang dimiliki sekarang ini karena investasi bisa menambah jumlah uang sekian kali lipat dalam beberapa tahun mendatang.
  • Akan mendapatkan bunga dan pengembalian dana dari investasi. Lalu, saat diinvestasikan kembali, Anda mendapatkan bunga lagi atau yang disebut dengan efek compounding atau efek bergulung.
  • Menjadi sumber penghasilan pasif sehingga Anda tetap mendapatkan penghasilan meski tidak bekerja.
  • Tahan terhadap inflasi pada beberapa instrumen, seperti emas, tanah, properti, dan deposito.
  • Merdeka secara finansial karena investasi dapat meningkatkan kualitas finansial sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan persiapan keuangan di masa depan hingga hari tua.

Contoh Investasi Langsung

Setelah menyimak penjelasan singkat seputar investasi langsung, Anda pasti penasaran dengan contoh investasi langsung yang kini banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Nah, berikut ini adalah contoh investasi langsung beserta bentuk instrumennya.

1. Investasi untuk Diperjualbelikan

Contoh investasi langsung ini dapat diperjualbelikan kepada orang lain di waktu tertentu dan mempunyai nilai yang terus meningkat. Adapun bentuk instrumen investasi yang dapat diperjualbelikan antara lain emas dan berlian, saham atau produk pasar modal, tanah dan berbagai jenis properti lainnya, serta produk di pasar uang.

2. Investasi Tidak untuk Diperjualbelikan

Contoh investasi langsung yang tidak untuk diperjualbelikan adalah deposito bank dan juga tabungan.

Itu dia penjelasan singkat tentang investasi langsung yang dapat Anda ketahui. Bagi para investor pemula, Anda bisa coba menggunakan layanan Reksa Dana for Lender dari Investree. Salah satu contoh investasi langsung ini sangat cocok bagi pemula karena caranya yang mudah dan memiliki return yang atraktif. Jadi, risiko mengalami kerugian bisa diminimalisir.