Investasi

Pengertian Investasi Reksa Dana Serta Cara Memulainya

Definisi dari investasi reksadana adalah pengumpulan dana oleh masyarakat yang pengelolaannya dilakukan oleh Manajer Investasi. Selanjutnya Manajer Investasi akan menempatkan dana tersebut dalam bentuk portofolio efek seperti saham, obligasi, dan beragam instrumen lainnya untuk mendapatkan manfaat. Reksa dana termasuk mudah dilakukan siapapun karena bisa mulai dengan modal kecil.

Peraturan mengenai reksa dana tersebut dituangkan dalam undang-undang nomor 8 tahun 1995 tentang pasar modal. Reksa dana aman karena telah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas semua kegiatan finansial di Indonesia. Yang perlu diperhatikan hanyalah bagaimana cara yang benar dan tepat untuk memulai reksa dana tersebut.

Reksa Dana Online dengan Modal Kecil

Mendengar kata reksa dana kebanyakan orang masih berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang membutuhkan modal besar. Harus memiliki uang sangat banyak dulu untuk bisa membeli produk reksa dana. Pendapat tersebut keliru karena saat ini sudah banyak reksa dana online yang  bisa dimulai dengan modal sangat terjangkau.

Anda bahkan bisa memulainya dengan uang Rp 10 ribuan hingga Rp 100 ribu saja. Selain modal yang sangat terjangkau, reksa dana online juga tidak memerlukan waktu yang lama dalam prosesnya. Anda tidak perlu keluar rumah karena proses tersebut 100% dilakukan secara online. Contoh dari layanan seperti ini yaitu Reksa Dana for Lender dari Investree yang mudah, cepat, dan aman.

Cara Memulai Reksa Dana dengan Aman

Reksa dana merupakan produk simpanan dengan manfaat di masa depan yang mudah dilakukan dan memiliki tingkat risiko yang cukup rendah. Namun Anda tetap harus mengetahui bagaimana cara untuk memulai investasi dalam bentuk reksa dana tersebut agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Simak cara langkah memulai reksa dana seperti berikut ini.

1. Memilih Platform yang Tepat

Hal pertama yang dilakukan adalah memilih platform yang akan Anda gunakan untuk melakukan investasi reksa dana tersebut. Kalau Anda memilih reksa dana online pilih marketplace ataupun fintech yang memiliki produk reksa dana jelas dan caranya mudah.

Salah satu layanan investasi berbentuk reksa dana yang bisa Anda percayai adalah dari fintech Investree. Reksa Dana for Lender dari Investree memiliki diversifikasi portofolio yang beragam dengan pengelolaan yang terpercaya dari Manajer Investasi, bekerja sama dengan Agen Pengelola Efek Reksa Dana salah satunya tanamduit. Diversifikasi akan menghindarkan Anda dari risiko atas pendanaan tunggal.

2. Memahami Jenis Reksa Dana

Selanjutnya adalah ketahui dan pahami dulu jenis reksa dana yang ada di pasar modal. Adapun beberapa jenis reksa dana yaitu :

a. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Dana dialokasikan ke dalam obligasi dengan nilai minimal 80% dan imbal hasil yang diterima bisa mencapai 10% per tahunnya.

b. Reksa Dana Pasar Uang

Seluruh dana yang disetorkan akan ditanamkan dalam bentuk obligasi, SBI, dan deposito.

c. Reksa Dana Terproteksi

Seluruh dana akan ditanamkan pada instrumen obligasi dengan perlindungan sebesar 100%. Pencairan dana dilakukan sesuai waktu jatuh temponya.

d. Reksa Dana Saham

Dana akan ditempatkan dalam bentuk saham dengan nilai minimal sebanyak 80%.

e. Reksa Dana Campuran

Dana akan ditempatkan pada produk campuran seperti obligasi, saham dan deposito.

3. Pilih yang Berizin OJK

Selanjutnya pastikan bahwa tempat Anda membeli produk reksa dana yang sudah dijamin oleh OJK. Selain itu pastikan juga Manajer Investasi yang akan mengelolanya juga sudah mengantongi izin dari OJK. Hal ini adalah cara efektif untuk menghindari adanya investasi bodong.

Anda bisa memulai langkah investasi reksadana melalui Investree, fintech terpercaya yang sudah berdiri sejak tahun 2015 yang lalu. Dana Anda aman dan manfaat yang didapatkan bisa dijadikan jaminan masa depan.

Referensi:

Cermati. 11 Agustus 2020. Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah. cermati.com: https://bit.ly/3iSJqCp

Jurnal Enterpreneur. Investasi Reksa Dana, Simak Cara Kerja dan Langkah-langkahnya. jurnal.co.id: https://bit.ly/2SeZxPL

Share this Post

Artikel Terbaru