Investasi

ORI adalah? Simak Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

ORI adalah singkatan dari Obligasi Negara Ritel yang merupakan salah satu bentuk investasi aman dengan risiko rendah. ORI berbentuk Surat Berharga Negara atau SBN dari pemerintah yang ditawarkan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) secara individu atau perseorangan. Pembelian ORI bisa dilakukan masyarakat melalui mitra-mitra yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

ORI berupa obligasi atau surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah untuk kemudian dijual kepada investor dalam hal ini adalah masyarakat individu yang berstatus WNI. Dari ORI inilah nantinya pemerintah akan menggunakannya untuk berbagai kepentingan negara seperti misalnya sebagai dana penanggulangan pandemi Covid-19 pada seri ORI019.

Pengertian Obligasi Negara Ritel (ORI)

ORI merupakan surat utang atau obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah lalu akan ditawarkan kepada masyarakat perseorangan atau individu. ORI tersebut memiliki batas waktu tertentu (tenor), di mana pemerintah akan membayar lunas utang kepada investor tersebut disertai dengan imbal hasil  berupa kupon.

Masyarakat yang membeli ORI atau SBN dari pemerintah tentu saja akan menerima manfaatnya yang diberikan dalam bentuk kupon. Adapun kupon tersebut akan dibayarkan kepada investor setiap bulan oleh pemerintah. Kupon dalam ORI besarannya tetap sehingga tidak dipengaruhi oleh fluktuasi yang terjadi pada pasar efek.

Masyarakat yang memiliki ORI bisa mendapatkan manfaat lainnya dengan menjual kembali kepada orang lain sesama investor melalui pasar sekunder. Adapun gambaran tentang jual beli ORI sebagai berikut :

  • Penjualan pertama di Pasar Primer antara penerbit yaitu pemerintah dengan pembeli atau investor.
  • Transaksi jual beli ORI selanjutnya antar investor dilakukan lewat Pasar Sekunder.

Karakteristik Obligasi Negara Ritel (ORI)

Berbeda dengan jenis obligasi lainnya yang bisa diterbitkan oleh BUMN ataupun perusahaan swasta, ORI memiliki karakteristik khusus yaitu :

  • Bentuknya tanpa warkat serta bisa diperjualbelikan antar investor di Pasar Sekunder.
  • Kupon ORI bernilai tetap atau fixed rate.
  • Pembelian minimal adalah sebesar Rp 1 juta dan maksimalnya mencapai Rp 3 miliar.
  • Memiliki potensi capital gain maupun capital loss.

Manfaat Obligasi Negara Ritel (ORI)

1. Mendapatkan Kupon yang Dibayarkan Tiap Bulan

Anda akan diberikan kupon sebagai imbal hasil dari pemerintah selaku penerbit ORI. Kupon dibayarkan kepada Anda rutin setiap bulan dan tingkat nilainya bersifat tetap (fixed rate) di mana tidak ada pengaruh fluktuasi yang terjadi pada pasar efek. Melalui pembayaran kupon tersebut otomatis Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulannya yang bisa digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan.

2. Capital Gain

Manfaat yang kedua yaitu adanya capital gain dengan menjualnya lewat Pasar Sekunder di bursa efek. Anda akan mendapatkan capital gain kalau harga jual ORI di Pasar Sekunder tersebut bisa lebih tinggi dari nilai pokok saat membelinya.

3. Jangka Waktu Relatif Pendek

Tidak butuh waktu yang lama untuk merasakan manfaat berinvertasi ORI. Jangka waktu atau tenor ORI umumnya selama 3 tahun saja. Namun, Anda tetap bisa mencairkan ORI sebelum masa jatuh temponya dengan catatan ada denda yang harus dibayarkan.

4. Risiko Rendah

Sebagai investor Anda tidak perlu kuatir ORI mengalami gagal bayar seperti pada investasi lainnya. Pemerintah telah menjamin keamanan ORI melalui UU no. 24 tahun 2002 mengenai Surat Utang Negara.

Karena ORI adalah salah satu bentuk investasi dengan manfaat yang cukup banyak dan risiko rendah, ORI bisa menjadi instrumen investasi yang menarik bagi Anda. Untuk menjadi investor ORI, Anda bisa mengakses situs web Mitra Distribusi (Midis) yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Keuangan RI. Salah satunya adalah Investree, menawarkan platform pembelian ORI dan instrumen SBN dan SBSN lainnya dengan mudah dan cepat melalui situs web dan aplikasi ponselnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.investree.id/invest/sbn.

Semoga ulasan kali ini pun bisa memberikan manfaat bagi Anda.

Referensi:

Qiuserto. Pengertian ORI Obligasi Ritel Indonesia : Manfaat, Cara, Bunga, Resiko. duwitmu.com : https://bit.ly/2U4pJgD

Admin. 7 Januari 2021. Termasuk Surat Berharga Negara, Apa Itu ORI?. Most.co.id : https://bit.ly/3x21UV0

Share this Post