Investasi

Mengenal SBN Syariah Secara Lengkap dan Lebih Mendalam

Surat Berharga Negara Syariah (SBN Syariah) atau dikenal sebagai sukuk negara diterbitkan pemerintah dan menjadi sumber pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara terbesar saat ini. Selain berfungsi sebagai sumber pembiayaan negara, Surat Berharga Negara Syariah juga bermanfaat sebagai investasi bagi masyarakat yang memilikinya. Imbal hasil dari Surat Berharga Negara Syariah akan dibayarkan setiap bulan dengan jaminan keamanan dari pemerintah 100% jadi masyarakat tidak perlu kuatir. Kelebihan lainnya adalah sistem berbasis syariah yang digunakan lebih aman dan nyaman bagi umat muslim yang takut adanya riba.

Mengenal Apa Itu Surat Berharga Negara Syariah

Pemerintah menerbitkan beberapa jenis surat berharga salah satunya adalah Surat Berharga Negara Syariah atau sukuk negara. Sukuk berasal dari bahasa Arab yang artinya dokumen atau sertifikat. Mengacu dari pengertian di atas bisa disimpulkan bahwa Surat Berharga Negara Syariah adalah sertifikat atau dokumen atau sukuk yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

Pengertian secara lebih rinci dari sukuk adalah efek syariah yang berbentuk dokumen atau sertifikat sebagai bukti kepemilikan yang nilainya sama serta mewakili bagian yang tidak terbagi atau tidak terpisahkan (syuyu’) dari aset yang mendasarinya.

Sedangkan pengertian dari sukuk negara menurut Undang-undang nomor 19 tahun 2008 adalah Surat Berharga Negara yang diterbitkan oleh pemerintah berdasarkan prinsip syariah yang berfungsi sebagai bukti atas bagian atau penyertaan dari aset Surat Berharga Negara baik dalam mata uang rupiah (IDR) maupun valuta asing.

Surat Berharga Negara Syariah digunakan pemerintah untuk membiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan biaya pembangunan proyek yang menyangkut kepentingan masyarakat umum seperti pendidikan dan juga kesehatan. Metode yang dilakukan dalam penerbitan Surat Berharga Negara Syariah yaitu dengan lelang, bookbuilding maupun private placement. Surat Berharga Negara Syariah bisa diperjualbelikan melalui pasar sekunder untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Cara dan Syarat Membeli Surat Berharga Negara Syariah

Setiap individu Warga Negara Indonesia berhak dan boleh membeli Surat Berharga Negara Syariah tersebut. Pemerintah sebagai penerbit Surat Berharga Negara Syariah menunjuk agen atau mitra sebagai penjual SBSN kepada publik atau masyarakat umum. Salah satu agen atau mitra terpercaya yang ditunjuk oleh pemerintah yaitu Investree. Anda bisa membeli dan mendapatkan Surat Berharga Negara Syariah atau sukuk negara tersebut melalui pemesanan online (e-SBN) di Investree setelah Anda terdaftar sebagai lender.

Pesan sekarang di aplikasi Investree for Lender dan sbn.investree.id/st. Syarat administrasi untuk bisa membeli SBSN cukup mudah yaitu KTP sebagai bukti Anda sebagai WNI. Kemudian ikuti alur tahapannya sebagai berikut :

  1. Buka rekening bank serta surat berharga.
  2. Sediakan dana untuk membeli Surat Berharga Negara Syariah.
  3. Isi formulir pemesanan Surat Berharga Negara Syariah yang disediakan.
  4. Menyerahkan fotokopi Kartu Tanpa Penduduk dan surat bukti penyetoran dana pembelian..
  5. Tunggu konfirmasi kepemilikan Surat Berharga Negara Syariah yang akan disampaikan setelah proses setelmen selesai sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Fungsi dan Peranan Surat Berharga Syariah Negara

Pemerintah telah mendorong pembangunan di beberapa sektor melalui Surat Berharga Negara Syariah sejak tahun 2008. Selama kurang lebih satu dekade Surat Berharga Negara Syariah telah berhasil menjadi salah satu sumber pembiayaan dan bentuk investasi yang cukup penting dalam peranannya membangun infrastruktur negara.

Secara garis besar Surat Berharga Syariah Negara memiliki fungsi dan peranan sebagai berikut :

  1. Alternatif untuk sumber pembiayaan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara.
  2. Menyediakan masyarakat sebuah instrumen investasi dan likuiditas yang berbasis pada prinsip syariah.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pasar investasi syariah.
  4. Menyediakan benchmark atau pembanding untuk penerbitan sukuk oleh korporasi.

SBN syariah merupakan alternatif instrumen investasi yang aman karena dijamin oleh pemerintah sepenuhnya 100% dengan mempertimbangkan kepentingan umat islam yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia. Anda tidak perlu ragu untuk berinvestasi melalui Surat Berharga Negara Syariah tersebut untuk mendapatkan manfaat serta imbal hasil yang ditawarkan.

Referensi :

Tokopedia. Surat Berharga Negara (SBN). Kamus.tokopedia.com : https://bit.ly/3FiYTnX

IDX. Surat Utang (Obligasi). Idx.co.id : https://bit.ly/3oDytHt

Share this Post