Investasi

Mengenal Reksa Dana Pasar Uang Secara Mendalam di Sini

Reksa dana pasar uang adalah salah satu jenis reksa dana untuk investasi yang sering digunakan. Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk menata masa depan. Salah satu jalan memulai investasi adalah melalui reksa dana. Reksa dana sendiri ada beberapa macam, salah satunya adalah reksa dana jenis pasar uang. Jenis reksa dana tersebut merupakan yang paling kecil risikonya.

Mengenal Reksa Dana Pasar Uang

Bagi para pemula yang ingin mengetahui lebih detail reksa dana tersebut sebelum itu mari ketahui lebih dulu reksa dana itu sendiri. Reksa dana adalah salah satu bentuk investasi yang dijadikan sebagai wadah para investor yang memang berkeinginan menanamkan modal atau uang yang dimilikinya.

Pada akhirnya dana yang sudah terkumpul dari para investor akan diinvestasikan pada portofolio surat berharga yang nanti diperdagangkan pada bursa efek serta deposito perbankan yang dikelola oleh Manajer Investasi. Intinya reksa dana adalah salah satu alternatif investasi untuk investor khususnya pemodal kecil yang tak punya waktu dan keahlian khusus pada setiap efek yang menjadi sebuah investasi.

Nah, reksa dana pasar uang ini merupakan salah satu jenis dari reksa dana itu sendiri. Jadi reksa dana jenis ini menginvestasikan 100% dana kelolaannya untuk produk pasar uang yang terdiri dari deposito perbankan dan surat berharga dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Tujuan dari jenis reksa dana tersebut adalah untuk menjaga likuiditas serta modal investasi. Risiko dari reksa dana satu ini paling rendah serta hasil yang diperoleh lebih besar daripada bunga deposito perbankan.

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang

Setiap jenis reksa dana memiliki keunggulan masing-masing. Begitu juga dengan jenis Pasar Uang ini. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh reksa dana jenis pasar uang.

1. Risiko yang Rendah

Untuk jenis reksa dana yang satu ini resiko gagal bayar dari produk reksa dana pasar uang terbilang paling rendah. Hal tersebut dikarenakan dana kelolaannya diinvestasikan semuanya pada deposito dan surat berharga dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

2. Dapat Dicairkan Kapan Saja

Selain resiko yang rendah, reksa dana satu ini juga mudah sekali proses pencairannya. Anda bisa mencairkan kapan saja reksa dana pasar uang tanpa ada batasan jatuh tempo. Tak hanya itu, biaya penjualannya gratis hanya ditarik biaya transfer jika bank reksa dana Anda berbeda dengan rekening tujuan.

3. Tanpa Objek Pajak

Jika Anda menabung uang dalam bentuk deposito perbankan, akan ada pajak dari bunga yang diterima. Biasanya besar pajak tersebut 20%. Namun tidak untuk reksa dana pasar uang ini, karena reksa dana jenis ini tidak termasuk objek pajak.

4. Imbal Hasil yang Tinggi

Jika berinvestasi dalam bentuk deposito imbal hasilnya nanti mengikuti kebijakan dari bank. Jadi besar kecilnya mengikuti suku bunga acuan. Untuk reksa dana pasar uang ini sendiri imbal hasil yang ditawarkan lebih tinggi daripada deposito bank. Kenapa, karena reksa dana ini bebas pajak, dana yang didepositkan dalam jumlah besar, serta bisa memperoleh imbal hasil kurang dari satu tahun.

5. Modal yang Dibutuhkan Kecil

Modal awal yang dikeluarkan tidak besar. Jadi meski tidak mempunyai dana yang banyak untuk investasi persentase imbal hasil yang didapatkan tetap sama dengan nasabah yang berinvestasi dalam jumlah besar.

6. Cocok Untuk yang Membutuhkan Dana Darurat

Dana darurat memang perlu dijadikan prioritas karena dana itu sangat berguna untuk berjaga-jaga saat ada kebutuhan yang mendesak suatu saat. Reksa dana pasar uang ini menjadi salah satu produk yang cocok untuk dana darurat tersebut karena mudah dicairkan, imbal hasilnya 1% dalam satu tahun, serta kinerjanya selalu stabil.

Investasi reksa dana pasar uang sangat cocok dan disarankan untuk para pemula yang masih belum terlalu paham tentang investasi dalam bentuk saham. Kalau mau berinvestasi jenis ini, bisa langsung mendaftar sebagai pendana dalam layanan Reksa Dana for Lender yang disediakan oleh pionir fintech lending Investree.

Referensi:

Cermati.com. 11 Agustus 2020. Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan dan Mudah. Cermati.com: https://bit.ly/3zHeGKH

Share this Post

Artikel Terbaru