Investasi

Mengenal Investasi Sekuritas Lebih Dalam Beserta Caranya

Investasi sekuritas adalah salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan di masa depan. Istilah sekuritas itu sendiri kerap kali diklaim memiliki makna yang sama dengan perusahaan sekuritas. Padahal keduanya mempunyai arti yang berbeda.
ACD marketplace
Sekuritas adalah bukti kepemilikan saham atau surat utang dalam suatu perusahaan publik. Sedangkan perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menjadi perantara antara investor dengan perusahaan yang melakukan kegiatan jual beli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sekuritas terbagi dalam 2 jenis, yaitu sekuritas utang dan sekuritas ekuitas. Membicarakan sekuritas juga tak lepas dari istilah broker atau pialang dalam sekuritas. Untuk itu, kenali lebih dalam mengenai sekuritas beserta caranya berikut ini.

Jenis-Jenis Sekuritas

1. Sekuritas Utang

Sekuritas utang adalah bukti dari kepemilikan utang berupa surat berharga yang menjelaskan bahwa investor berhak mendapatkan bagian imbal hasil kekayaan perusahaan yang menerbitkan sekuritas kepemilikan utang. Jenis sekuritas ini meliputi obligasi, sertifikat deposito, obligasi pemerintah, hingga sekuritas yang dijaminkan. Sekuritas utang ini dapat menjadi tambahan aktiva perusahaan, yang mana akan disajikan di neraca sebagai bentuk investasi.

2. Sekuritas Ekuitas

Sedangkan sekuritas ekuitas adalah sekuritas berupa surat berharga yang menunjukkan hak investor untuk mendapat bagian dari aktiva perusahaan yang menerbitkannya. Jenis sekuritas ini adalah bentuk dari kepemilikan pemegang saham pada suatu entitas tertentu. Yang mana para pemegang saham akan mendapatkan hak khusus untuk mengendalikan perusahaan melalui hak suara.

Jenis-Jenis Broker di Perusahaan Sekuritas

Untuk melakukan investasi ini, Anda membutuhkan perantara perusahaan sekuritas. Anda tidak dapat secara langsung membeli sekuritas dari perusahaan yang tercatat di BEI tanpa perusahaan sekuritas. Nah, di dalam perusahaan sekuritas itu sendiri terdapat broker yang akan membantu Anda untuk memilih sekuritas yang paling sesuai dengan kebutuhan investasi. Berikut jenis broker yang umum ada di perusahaan sekuritas.

1. Full Service Broker

Jenis broker ini akan memberi pelayanan secara menyeluruh dan mendetail pada nasabah sekuritas, diantaranya informasi terkini mengenai sekuritas, hingga laporan hasil analisa pasar. Broker ini sangat cocok untuk investor yang masih pemula.

2. Discount Broker

Jenis broker ini hanya sebatas melakukan jual beli saham saja, dan tidak memberi Anda rekomendasi atau nasihat mengenai sekuritas. Meski begitu, mereka akan membantu Anda membuat keputusan investasi melalui penawaran alat penelitian, hingga pendidikan investasi gratis.

3. Retail Broker

ACD lender
Untuk broker ini dilihat dari fungsinya adalah untuk melayani investor perorangan. Mereka tidak akan memberi pelayanan kepada nasabah, namun mendapatkan komisi dari transaksi jual beli saham yang diamanatkan oleh nasabah dari broker tersebut.

4. Institutional Broker

Sebaliknya, institutional broker akan memberikan pelayanan kepada seluruh nasabah institusi. Diantaranya melayani penjualan dan pembelian surat berharga yang ada pada reksadana maupun lembaga pensiun.

5. Online Broker

Terakhir adalah online broker yang semuanya dilakukan melalui internet. Untuk menggunakan broker ini, pastikan terlebih dahulu kredibilitasnya sebelum memutuskan untuk membeli sekuritas dari broker ini.

Cara Melakukan Investasi Produk Sekuritas

Bila ingin terjun dalam dunia sekuritas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus dilakukan. Sekuritas yang umum dijadikan produk investasi adalah saham dan obligasi. Cara berinvestasi keduanya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah perusahaan sekuritas yang kredibel dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Kemudian lakukan pembukaan rekening dana nasabah untuk melakukan transaksi jual beli sekuritas.
  • Deposit sejumlah dana ke rekening dana nasabah Anda.
  • Lakukan analisis terhadap produk sekuritas yang akan Anda beli.
  • Atur portofolio sekuritas Anda, salah satunya dengan melakukan diversifikasi.

Demikianlah penjelasan mengenai investasi sekuritas secara lebih mendalam beserta caranya. Semoga bermanfaat.ACD borrower

Referensi:

Admin. 29 April 2020. Pahami Metode Investasi Lewat Sekuritas. Rumah.com: https://bit.ly/3dlxN31

Share this Post

Artikel Terbaru