Investasi

Komitmen Berinvestasi: Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Agar Bisa Raih Keuntungan Secara Rutin

Dari kacamata investasi, kesuksesan seorang investor bisa datang dalam berbagai bentuk (keuangan) dan ukuran (rekening bank). Namun ada satu kesamaan yang hampir dimiliki oleh semua investor berpengalaman: segala tujuan finansial mereka bukan dicapai secara tidak sengaja. Keberhasilan investasi biasanya merupakan produk dari niat yang jelas, dan investor terbaik membuat perencanaan matang menggunakan strategi dengan tujuan dan jadwal yang spesifik.

Kesemua hal tersebut akhirnya membawa Anda pada satu hal: investasi rutin. Apapun cita-cita keuangan dan investasi Anda, Anda akan bisa “sampai lebih cepat” dengan terus menambah portofolio Anda secara teratur. Untuk bisa meraihnya pun tidak sulit atau memakan waktu. Hanya perlu dimulai dengan membangun beberapa perilaku investasi dasar yang akan kita bahas dalam artikel ini. Banyaknya platform investasi yang dapat dimanfaatkan secara online sekarang juga menjadikan aktivitas berinvestasi rutin lebih mudah dijangkau oleh semua.

Poin yang wajib diketahui:

  • Punya komitmen kuat untuk melakukan investasi reguler dapat membantu Anda tetap pada jalur dan mencapai tujuan keuangan Anda secara lebih cepat.
  • Dengan menyiapkan investasi otomatis, Anda sekaligus memastikan diri Anda tidak akan melewatkan peluang yang berguna bagi masa depan Anda.

Sama seperti banyak tujuan hidup penting lainnya, katakanlah kesehatan yang baik atau hubungan antarpribadi yang positif, investasi rutin agar sukses finansial dapat dimulai dengan beberapa kebiasaan yang bermanfaat. Sst… Simak baik-baik, deh. Setiap item di bawah ini memiliki potensi untuk membantu Anda terus mengembangkan portofolio investasi dan memperoleh pengembalian yang lebih baik—terlebih dalam menjaga komitmen yang dimiliki.

Perhatikan cakrawala waktu Anda secara teratur

Kebiasaan yang pertama ini cukup sederhana: sisihkan waktu secara tertib untuk mengevalusasi dan menyesuaikan cakrawala waktu (atau timeline) Anda. Ketika kita merujuk ke “cakrawala waktu”, kita berbicara tentang rentang tanggal general saat investor mulai bersiap-siap atau bahkan sudah melakukan investasi untuk memenuhi target keuangan mereka. Sebagai seorang investor, Anda harus mempunyai pemahaman tentang cakrawala waktu agar bisa mempertimbangkan elemen lain dari rencana investasi Anda. Misalnya, mengetahui batas waktu dan kendala yang sedang/akan Anda hadapi dengan jelas dapat membantu Anda menentukan toleransi risiko Anda. Logikanya, semakin pendek cakrawala waktu Anda, semakin sedikit risiko yang akan Anda pikul, dan sebaliknya.

Hal itu juga bisa membantu Anda mengidentifikasi instrumen investasi apa yang Anda pilih, paling layak untuk mengisi portofolio Anda saat periode tertentu. Contohnya, jika sasaran finansial Anda jangka pendek, Anda dapat berinvestasi di fintech lending platform seperti Investree yang memberikan pengembalian kompetitif dalam waktu singkat. Risikonya pun terjamin sehingga menarik bagi investor pemula.

Gali peluang untuk mendiversifikasikan portofolio

Rajin-rajinlah untuk menambah jenis investasi baru ke dalam strategi keseluruhan Anda dengan cara yang bermakna agar bisa meningkatkan diversifikasi Anda. Nah, diversifikasi ini mempunyai kedalaman dan derajat, lho. Kini, teknologi telah banyak membuka opsi investasi baru salah satunya dengan membiayai pinjaman yang tersedia di marketplace kelolaan fintech lending platform. Khusus Investree, jenis pinjaman yang ditawarkan adalah pinjaman bisnis yang sifatnya produktif sehingga tujuannya jelas dengan risiko yang terukur. Ada pula opsi investasi lain yaitu Obligasi Negara yang dikeluarkan secara rutin oleh Pemerintah dan reksa dana yang sama-sama memiliki tingkat risiko rendah.

Memperluas diversifikasi adalah taktik penting untuk keluar dari pola pikir investasi konservatif di mana orang cenderung berinvestasi dengan risiko tinggi di hanya beberapa tempat agar bisa memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar. Padahal kata kuncinya: konsisten. Konsistensi akan menuntun Anda pada pengembalian yang, meskipun tidak bombastis, tapi lebih pasti. Kebiasaan ini nggak akan bikin Anda stres, kok. Cukup ambil waktu beberapa menit, sekali atau dua kali selama setahun, untuk meneliti apa pilihan investasi baru yang menarik dan tersedia untuk investor individu.

Membangun sumber pendapatan baru berbasis investasi

Sebuah studi karya Tom Corley menyebutkan rata-rata 65% dari jutawan “self-made” memiliki tiga sumber atau aliran pendapatan. Dalam studi ini dijelaskan, dengan mendiversifikasikan aliran pendapatan, seseorang dapat mengambil manfaat dari pendapatan yang lebih besar dan meningkatkan kemandirian finansial: semakin sedikit Anda bergantung pada satu sumber pendapatan tunggal, semakin besar kontrol dan fleksibilitas yang Anda miliki terhadap uang Anda.

Jadi singkatnya, mempunyai aliran pendapatan sekunder atau bahkan tersier dapat meningkatkan kehidupan keuangan Anda baik secara jangka pendek saat Anda mengantongi pendapatan maupun jangka panjang karena kelincahan moneter tambahan memberi Anda kesempatan untuk meletakkan pondasi yang kuat. Melalui jenis investasi yang tepat dan dilakukan secara rutin, Anda bisa membangun aliran pendapatan baru. Tinggal luangkan waktu untuk mengeksplorasi opsi investasi, mirip dengan yang Anda lakukan saat melakukan survei berkala tentang peluang diversifikasi baru di poin sebelumnya. Anda sebaiknya membuat titik penelusuran investasi yang membantu Anda menghasilkan aliran pendapatan pasif baru.

Berkontribusi secara reguler pada investasi Anda yang sudah Anda lakukan

Dari semua kebiasaan yang ada dalam daftar ini, hal ini mungkin yang paling mudah dilakukan. Kenapa? Ketika platform teknologi keuangan semakin menjamur seperti sekarang, semakin banyak pula produk investasi yang dapat dimanfaatkan untuk menambah keuntungan dan diutilisasi secara lebih mudah dan cepat. Termasuk dalam hal investasi berulang. Mengutip apa yang dikatakan Vanguard di awal, “apapun cita-cita keuangan dan investasi Anda, Anda akan bisa “sampai lebih cepat” dengan terus menambah portofolio Anda secara teratur.”

Untuk mempermudah segalanya, Anda bisa membuat sejumlah daftar anggaran untuk ditambahkan ke dalam portofolio Anda secara berkala, bulanan, dan sesuai dengan strategi diversifikasi yang telah Anda buat.

Selalu monitor langkah Anda: apakah Anda bergerak menuju sasaran atau tidak

Dalam hal mengelola investasi dan melakukannya secara rutin, Anda harus bisa mengukur lintasan Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda kemudian membuat penyesuaian jika ada yang terlihat tidak beres. Sekarang memantau kemajuan investasi terasa lebih mudah karena sudah banyak platform yang menawarkan solusi berbasis teknologi di mana riwayat investasi dapat dipantau melalui website atau aplikasi ponsel. Sama seperti Investree. Anda pun bisa membuat pertimbangan dari situ apakah Anda akan mampu memenuhi target keuangan sepanjang waktu yang sudah Anda tentukan.

Biasakan mengamati bagaimana uang Anda berperilaku dan Anda sebagai investor, bereaksilah dengan tenang. Itu akan membawa Anda ke kebiasaan terakhir dan terpenting yaitu selalu bersabar menghadapi segala situasi. Ingat… Patuh terhadap komitmen, investasi berulang, dan gigih adalah kunci.

Kini, saatnya mulai!

Beri diri Anda peluang terbaik untuk mencapai tujuan Anda salah satunya dengan melakukan investasi rutin. Tentu saja, mengembangkan serangkaian kebiasaan investasi yang sehat dan kuat hanya akan terjadi jika Anda memiliki portofolio investasi yang dapat Anda gunakan untuk menerapkan poin-poin di atas. Ada banyak cara untuk memulai, salah satunya dengan bergabung menjadi #GenerasiCuan di Investree.

Khusus untuk Anda yang telah terdaftar dan terverifikasi sebagai Lender di Investree dan belum pernah melakukan pendanaan sama sekali, Investree menghadirkan Promo Poin Cuan hingga Rp 10 juta dengan mendanai pinjaman minimal 3 (tiga) kali selama periode programjumlah pendanaan minimal Rp 1 juta. Berlangsung mulai dari 1 Februari – 30 April 2020. Ini bisa jadi langkah awal Anda untuk menguatkan komitmen berinvestasi rutin agar keuntungan yang dituai semakin banyak. Bakalan semakin cuan, deh! Untuk informasi selengkapnya, klik di sini.

Share this Post

Artikel Terbaru