How-To

Ketahui Cara Menabung Emas, Aman dan Menguntungkan

Cara menabung emas sebenarnya sangat mudah Anda lakukan dari sekarang. Emas memiliki harga dengan kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan. Anda bisa menabung secara online maupun offline. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa pelajari cara menabung emas yang aman dan menguntungkan dibawah ini.

Cara Menabung Emas Untuk Pemula

1.Menentukan Tujuan Menabung Emas

Langkah pertama sebelum Anda memutuskan untuk menabung emas, Anda perlu menetapkan tujuan dari investasi emas terlebih dahulu. Sangat penting untuk mengetahui tujuan yang jelas dari menabung emas.

Menabung emas bisa digunakan untuk apa saja. Misalnya ada rencana untuk menikah, ada rencana untuk kuliah di masa depan, maka tabungan emas ini bisa dijadikan solusi. Bahkan untuk tabungan hari tua juga bisa memanfaatkan tabungan emas. 

Dengan tujuan menabung emas yang jelas, Anda bisa termotivasi untuk terus menabung emas untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

2. Memantau Harga Emas

Setelah menentukan tujuan dari investasi emas, selanjutnya Anda harus memantau harga emas secara rutin. Di era serba digital seperti sekarang, Anda bisa melakukan pemantauan harga emas secara online. Ada banyak situs yang menyediakan informasi perkembangan harga emas secara rutin. Bahkan banyak juga aplikasi smartphone yang juga menampilkan informasi perkembangan harga emas.

Harga emas perlu dipantau karena sewaktu-waktu bisa mengalami penurunan. Hal tersebut memang sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya melakukan pemantauan harga secara rutin agar semakin paham dengan sifat emas. Emas sendiri baru bisa dikatakan sebagai investasi jika sudah disimpan selama 5 tahun ke atas. Karena itulah emas termasuk investasi jangka panjang.

3. Lakukan Transaksi di Tempat Terpercaya

Untuk membeli sebuah emas, Anda harus hati-hati. Memilih tempat membeli emas harus mengutamakan keamanan. Jenis emas yang biasanya digunakan untuk tabungan atau untuk investasi adalah emas batangan. Ada banyak penjual emas yang sudah terdaftar dan resmi.

Ciri emas yang dijual resmi adalah adanya sertifikat dan surat-surat yang menyertai. Biasanya untuk membeli sebatang emas perlu waktu dan proses. Namun banyak penjual emas tidak resmi yang bersedia memberikan emas batangan dengan cara cepat namun tanpa adanya surat dan sertifikat resmi.

4. Tempat Penyimpanan yang Aman

Jika sudah menemukan tempat penyedia emas batangan yang resmi dan terpercaya, cara menabung emas selanjutnya mencari tempat penyimpanan emasnya. Tempat penyimpanan emas yang aman sejauh ini adalah rumah sendiri. Caranya adalah dengan membeli sebuah safety box atau brankas.

Jika menyimpan tabungan emas di rumah dianggap kurang aman, maka bisa menggunakan jasa bank. Ada bank yang menawarkan Safe Deposit Box. Hanya saja jika memilih Safe Deposit Box perlu menyediakan biaya untuk dibayarkan ke pihak bank. Safe Deposit Box bisa juga digunakan untuk keperluan lain, seperti surat-surat penting seperti sertifikat tanah atau rumah.

5. Fokus Pada Masa Depan

Cara yang terakhir adalah fokus pada masa depan. Saat memutuskan menabung emas, Anda harus paham kalau investasi berupa tabungan emas sifatnya untuk jangka panjang. Emas baru bisa dilihat nilai investasinya setelah 10-15 tahun ke depan. Oleh karena itu perlu kesabaran saat berinvestasi emas. Pastikan untuk fokus pada masa mendatang agar investasi bisa mencapai tujuannya.

Itulah cara menabung emas yang mudah Anda lakukan. Selain emas, anda bisa mengalokasikan dana Anda untuk Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Negara Ritel dan Reksa Dana for Lender di Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download Investree for Lender sekarang dan dapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% d.a.

Referensi :

PR Wire. Sabtu, 5 Juni 2021 13:36 WIB. Ini cara cuan investasi emas bagi pemula. Antaranews.com : https://bit.ly/3aglPFZ

Share this Post