Kenali 5 Perbedaan Antara Investasi dan Tabungan

Terdapat perbedaan investasi dan tabungan yang sering dianggap sama. Dari segi pengertian saja, keduanya sudah berbeda. Tentu saja dari segi lainnya seperti cara kerja juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun baik tabungan maupun investasi sangat penting bagi keuangan di masa depan, terlebih bila Anda sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai.

Menabung saja sebenarnya belum cukup. Anda juga disarankan untuk berinvestasi bila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan di masa depan. Nah oleh karena itu, perdalam pemahaman Anda mengenai perbedaan keduanya berikut ini.

1. Perbedaan Potensi Imbal Hasil

Tabungan biasanya tidak memberikan imbal hasil bila Anda tidak menempatkannya di bank. Sedangkan bila di bank konvensional, Anda umumnya akan mendapatkan imbal hasil dari bunga. Bunga yang didapatkan juga tidak begitu besar yaitu dengan rata-rata sekitar 2% hingga 3% per tahun. Terlebih nilai uang yang disimpan di tabungan cukup rentan mengalami penurunan akibat inflasi.

Investasi sendiri bisa dalam bentuk apapun. Seperti uang, emas, properti, saham dan lain sebagainya. Kelebihan dari investasi ialah dapat mempertahankan nilai uang akibat inflasi. Serta imbal hasil yang didapat pun berpotensi lebih besar. Adapun imbal hasil biasanya didapat dari capital gain atau kenaikan harga, uang sewa, dividen, imbal hasil bisnis, dan lainnya. Semakin tinggi risikonya, maka semakin tinggi pula imbal hasilnya.

2. Perbedaan Tingkat Risiko

Risiko dari tabungan sebenarnya cukup rendah. Risiko paling jelas terlihat dari inflasi, yang dapat mengurangi nilai uang. Selebihnya, tabungan di bank cukup aman terlebih bila sudah mendapatkan penjaminan LPS alias Lembaga Penjamin Simpanan. Di saat terjadi sesuatu pada bank tempat Anda menaruh simpanan, LPS akan mengembalikan uang Anda dengan syarat tabungan berjumlah di bawah Rp2 miliar dan bunga sesuai aturan.

Investasi pun tak lepas dari risiko. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa Anda pasti akan mendapatkan imbal hasil. Terlebih adanya fluktuasi juga memengaruhi harga atau nilai investasi. Sehingga risikonya dapat menjadi lebih tinggi dari risiko menabung

3. Perbedaan Jangka Waktu

Perbedaan lainnya terdapat pada jangka waktunya. Jangka waktu tabungan biasanya untuk jangka pendek sehingga fungsinya lebih untuk dana darurat, sebab pencairannya lebih mudah dan cepat daripada investasi.

Sementara investasi akan lebih memberikan imbal hasil besar jika dilakukan dalam jangka menengah hingga panjang. Sehingga tujuannya juga jauh lebih besar, seperti untuk membeli mobil, membeli rumah, biaya kuliah anak, dan lainnya.

4. Perbedaan Proses

Tabungan lebih banyak dipilih sebab prosesnya yang mudah dan tidak rumit. Anda cukup membuka rekening tabungan di bank, dan tabungan pun jadi. Uang Anda akan disimpan oleh bank, sehingga Anda tidak perlu memikirkan cara mengelola uang yang disimpan di tabungan.

Sementara untuk investasi, Anda perlu mempelajari jenis-jenisnya supaya dapat mengetahui mana yang cocok untuk Anda. Selain itu, juga diperlukan pengetahuan mengenai cara mengelola risiko supaya dapat meminimalisir kerugian.

5. Perbedaan antara Jenis-Jenisnya

Perbedaan yang terakhir adalah jenis-jenisnya. Jenis tabungan cukup terbatas, yaitu tabungan di bank dan tabungan di celengan. Sedangkan untuk investasi jauh lebih beragam, yang dibedakan dalam 2 kategori yaitu investasi riil dan investasi finansial.

Investasi riil berupa aset yang nyata seperti emas dan properti dengan nilai yang cenderung meningkat setiap tahun. Kemudian untuk investasi finansial berupa aset yang tidak berwujud, seperti obligasi, saham, reksadana, dan lain-lain. Sifatnya lebih likuid, dan potensi imbal hasilnya setara dengan tingkat risikonya.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan investasi dan tabungan. Salah satu platform pendanaan yang bisa Anda coba adalah Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa mengembangkan dana Anda ke Pendanaan Investree untuk mendapatkan imbal hasil atraktif hingga 20% p.a. Pendanaan menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai pemberi pinjaman (Lender) dan peminjam (Borrower). Anda bisa memilih produk pendanaan sesuai preferensi Anda seperti Pendanaan Pinjaman, Surat Berharga Ritel dan Reksa Dana for Lender untuk mendapatkan imbal hasil hingga 20% p.a. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

Referensi:

Uji Agung Sentosa. 22 Oktober 2021. Perbedaan Tabungan dan Investasi, Mana yang Paling Menguntungkan. Review.bukalapak.com: https://bit.ly/3p5Zpzr