Istilah Umum dalam Investasi: Wajib Tau Buat Kamu Yang Ingin Memulai Investasi!

Wajib Tau! Istilah Umum untuk Kamu Yang Ingin Memulai Investasi

Wajib Tau! Istilah Umum untuk Kamu Yang Ingin Memulai Investasi – Masih banyak orang yang hanya berfokus untuk memilih instrumen investasi yang tepat dan memahami cara kerjanya ketika akan melakukan investasi. 

Padahal sebelum berinvestasi, Anda harus mengetahui istilah dunia investasi supaya tujuan investasi Anda berjalan sesuai dengan keinginan.

Hal ini karena, banyak sekali istilah dalam dunia investasi yang mungkin sudah diketahui oleh para investor atau bahkan belum ada yang mengetahuinya. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu istilah dalam investasi karena jika dilakukan dengan benar, investor akan mendapat keuntungan yang besar.

Lalu, apa saja istilah investasi yang perlu dipahami oleh para investor? Tapi sebelum itu, ketahui dulu yuk apa itu investasi. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian investasi

Investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan harta atau dana yang Anda miliki. Anda bisa mendapat keuntungan dari hal ini yang bisa Anda gunakan untuk mencapai tujuan tertentu. 

Secara sederhana, investasi bisa membuat pundi-pundi kekayaan Anda semakin bertambah. Bahkan saat ini banyak miliarder yang tajir dari hasil investasi. 

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan dana ke investasi. Karena, selain keuntungan, investasi juga mempunyai risiko yang bisa membuat uang Anda hilang dalam sekejap.

Maka dari itu, para ahli menyarankan Anda supaya memilih instrumen investasi yang sesuai dengan faktor risiko Anda. Selain itu, jangan menggunakan dana dari pos keuangan lain untuk dikembangkan pada investasi. Kenapa?

Karena apabila investasi yang Anda pilih gagal, maka Anda tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Itulah mengapa Anda harus menyisihkan uang 10 atau 20 persen dari total penghasilan untuk berinvestasi.

Istilah dalam Dunia investasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, berikut ini adalah istilah investasi yang harus dipahami oleh investor, yaitu:

1. Buy & Sell

Sesuai dengan namanya Buy & Sell yaitu menjual dan membeli. Buy merupakan investor menggunakan dana untuk membeli instrumen investasi yang mereka inginkan. Sedangkan, Sell adalah investor yang menjual instrumen investasi yang mereka miliki.

2. Return

Return atau imbal hasil adalah keuntungan yang akan diperoleh investor ketika menanamkan modal. Return baru bisa dinikmati oleh investor ketika mereka melakukan penarikan dana dari instrumen yang telah mereka jual.

3. Diversifikasi

Dalam investasi ada istilah yang populer yaitu “don’t put your eggs in one basket” (jangan menaruh telur yang Anda miliki dalam satu keranjang) artinya yaitu jangan menggunakan semua dana yang dimiliki pada satu instrumen efek. 

Tujuannya yaitu, apabila salah satu instrumen yang Anda miliki anjlok, maka masih ada instrumen lain yang bisa memberikan keuntungan. Itulah yang disebut dengan diversifikasi investasi. 

4. Take Profit

Take profit merupakan batasan harga atau keuntungan yang akan diperoleh. Hal ini bisa terjadi jika investor mengambil order dan terkena batasan tersebut, maka posisi akan tertutup secara otomatis dan mendapat profit.

5. Cut Loss

Cut loss yaitu saat investor menjual saham dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga belinya, sehingga investor mengalami kerugian.

6. Saham Blue Chip

Saham blue chip untuk sebagian investor mempunyai arti yaitu kategori saham unggulan. Artinya saham yang masuk ke dalam kategori ini merupakan saham dengan angka kapitalisasi pasar yang besar di atas Rp40 triliun.

7. Portofolio Investasi

Portofolio investasi merupakan kumpulan aset investasi yang dimiliki oleh investor. Dalam portofolio, investor bisa melakukan diversifikasi kepada berbagai produk saham untuk menghasilkan return yang maksimal dan mengurangi risiko.  

8. Manajer Investasi

Manajer investasi merupakan lembaga keuangan profesional yang mempunyai izin khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengelola dana pada berbagai instrumen investasi, dengan tujuan untuk mendapat keuntungan bagi investor yang telah mempercayakan dananya pada mereka.

9. Pasar Modal

Pasar modal merupakan tempat bertemunya investor dengan emiten (badan usaha yang memerlukan modal). Jadi, hal ini tujuannya sebagai fasilitator kegiatan jual beli investasi. Biasanya, pasar modal memperdagangkan instrumen investasi jangka panjang seperti saham, obligasi, reksadana dan lain-lain.

10. Lot

Lot adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia investasi saham. Untuk mempunyai saham sebuah perusahaan, investor diharuskan untuk membeli lot yang dijual satuan. Jadi, lot adalah satuan resmi yang digunakan dalam kegiatan jual beli saham yang telah ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia.