Initial Public Offering (IPO) Saham: Pengertian, Keuntungan dan Kerugian

Initial Public Offering (IPO) Saham: Pengertian, Keuntungan dan Kerugian

Istilah IPO (Initial Public Offering) bukan hal yang asing dalam dunia saham. IPO merupakan proses transformasi sebuah perusahaan menjadi perusahaan terbuka sehingga bisa memperjualbelikan sahamnya pada masyarakat luas. 

Secara sederhana, Initial Public Offering merujuk kepada saat perusahaan pertama kali memasuki Bursa Efek Indonesia (BEI). Saat itu, mereka akan menawarkan kepemilikan saham untuk pertama kali kepada publik. 

Akan tetapi, hal ini juga memberikan keuntungan dan memiliki risiko, Yuk, Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian IPO

IPO merupakan proses penawaran saham perusahaan swasta pada publik, di mana ada penerbitan yang saham baru yang pertama untuk dijual pada publik secara luas. Hal ini membantu perusahaan perusahaan untuk meningkatkan modal equity dari investor publik. 

IPO merupakan semacam transisi dari perusahaan swasta pada perusahaan publik, dari awalnya perusahaan yang dimiliki sepenuhnya terbatas secara privat akhirnya menjadi perusahaan terbuka yang dapat dimiliki oleh siapapun.

Dalam hal ini, perusahaan akan mendapatkan dana dari masyarakat yang membeli saham yang ditawarkan oleh perusahaan. Sedangkan, masyarakat akan menjadi pemegang saham perusahaan. 

Investor yang akan membeli saham akan mendapat keuntungan, pertama keuntungan dari capital gain yang merupakan selisih dari harga beli dan harga jual sebuah saham. 

Dengan catatan, harga saham ketika menjual lebih tinggi dibandingkan ketika membeli pada IPO. Tentu, keuntungan kedua pemegang saham dividen atau pembagian keuntungan yang diberikan pada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Keuntungan

Beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika membeli saham IPO antara lain, seperti: 

1. Potensi Profit pada Hari Pertama Listing

Salah satu keuntungan membeli saham IPO yaitu adanya potensi keuntungan pada hari pertama listing di bursa. Biasanya saham tersebut cenderung akan mengalami peningkatan harga pada hari pertama melantai di bursa, sehingga hal tersebut bisa memberikan profit yang menjanjikan untuk investor. 

2. Harga Saham telah Ditetapkan

Keuntungan membeli saham IPO selanjutnya yaitu harga yang telah ditetapkan. Harga saham ini biasanya sudah ditentukan ditetapkan di awal penawaran sehingga investor tidak harus merasa khawatir apabila ketinggalan saham dan harga sudah mengalami kenaikan. 

3. Potensi Mendapat Saham dari Perusahaan dengan Fundamental Baik

Dengan membeli saham IPO, Anda juga memiliki untuk mendapatkan perusahaan dengan fundamental yang baik. Karena, pada umumnya emiten yang melakukan IPO merupakan perusahaan yang mempunyai performa baik. 

4. Memperoleh Saham dengan Harga Murah

Kegiatan IPO juga memberikan peluang bagi investor untuk memperoleh saham dengan harga yang murah. Maka dari itu, investor dapat memperoleh keuntungan dengan mengoleksi saham tersebut. 

5. Bisa Dijual lebih Cepat

Saham tersebut juga bisa dijual kapan saja dengan cepat. Bahkan, Anda dapat menjual langsung saat harga meningkat pada hari pertamanya listing di bursa. Inilah mengapa saham IPO sering diburu untuk memperoleh keuntungan yang cepat. 

Kerugian

Meskipun mempunyai banyak keuntungan, tapi ada juga potensi kerugian yang harus dipertimbangkan ketika membeli saham IPO. Beberapa potensi kerugiannya antara lain, sebagai berikut: 

1. Kemungkinan Tidak akan Mendapatkan Jatah

Saham IPO biasanya sering mendapat oversubscribed karena banyak yang menginginkannya sehingga permintaannya juga menjadi sangat banyak. Hal ini bisa berdampak terhadap investor yang mendapat jatah kurang dari jumlah yang diinginkan atau bahkan, ada yang tidak memperoleh jatah sama sekali. 

2. Potensi Adanya Penurunan Harga

Potensi oversubscribed juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan harga bahkan Auto Reject Bawah (ARB) pada hari pertama listing. Meskipun pada umumnya harga saham IPO berpotensi meningkat secara signifikan ketika listing, tapi ada juga potensi penurunan harga yang harus dipertimbangkan oleh investor. 

3. Penurunan Harga Jangka Menengah bahkan Panjang

Penurunan harga saham IPO juga dapat terjadi dalam jangka menengah hingga panjang. Tentu, Anda harus tetap memperhatikan kemungkinan penurunan harga ini ketika membeli saham IPO. Pastikan Anda membeli saham tersebut dari perusahaan dengan fundamental yang baik dan keuangan yang lebih maksimal.