Investasi

Inilah 6 Manfaat dari Reksa Dana yang Wajib Anda Ketahui

Reksa dana adalah salah satu alternatif untuk Anda yang ingin berinvestasi melalui sebuah perusahaan Manajer Investasi. Melalui reksa dana, dana yang sudah dikumpulkan Manajer Investasi akan dibagi ke dalam beberapa jenis investasi, seperti saham, obligasi, dan deposito perbankan. Tentu, layaknya instrumen investasi pada umumnya, reksa dana juga dapat memberikan manfaat finansial bagi Anda apabila dikelola dengan baik dan bijak.

Reksa dana saat ini sudah banyak peminatnya, terutama bagi investor-investor pemula. Selain mudah dan aman, investasi reksa dana juga dapat menjadi solusi untuk menata keuangan di masa depan. Manfaat yang diberikan reksa dana sendiri cukup beragam dan berikut ini beberapa manfaat dari reksa dana yang wajib Anda pahami.

1. Mudah

Mudah karena dikelola oleh Manajer Investasi yang merupakan manajemen profesional yang memang sudah memiliki keahlian khusus pada bidang pengelolaan dana. Kehadiran Manajer Investasi tersebut sangat penting bagi investor yang tidak memiliki waktu untuk melakukan riset dan mengontrol jalannya investasi. Bagi para pemula, Manajer Investasi juga sangat membantu karena bisa menangani dan mengelola dana yang sudah disiapkan untuk berinvestasi.

2. Meminimalisasi Risiko Investasi

Produk reksa dana sendiri dapat dikatakan sangat beragam. Hal tersebut tentu dapat meminimalisir risiko investasi karena risiko yang ada tidak terpusat pada satu jenis investasi, namun tersebar. Misalnya terdapat 20 perusahaan yang menjadi tempat investasi, lalu 3 diantaranya mangalami kerugian, tentu masih ada belasan perusahaan lain yang dapat menutupi kerugian tersebut.

3. Informasi yang Transparan

Reksa dana memberikan informasi perkembangan portofolio secara berlanjut. Itu dilakukan agar pemegang unit penyertaan bisa terus mengawasi investasi. Walaupun tidak ikut mengawasi, investor tetap bisa mengetahui perkembangan dari dana investasinya secara rutin.

4. Likuiditas yang Tinggi

Likuiditas adalah kemampuan dari perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek. Likuiditas perusahaan yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya. Hal ini dikarenakan perusahaan memiliki kemampuan membayar kewajiban jangka pendek yang baik. Investor bisa mencairkan kembali unit penyertaannya sewaktu-waktu sesuai dengan ketetapan yang sudah disepakati.

5. Biaya yang Rendah

Selain itu, biaya transaksi untuk investasi reksa dana juga terkenal rendah jika dibandingkan dengan investor yang melakukan investasi secara langsung di bursa efek. Hal ini karena reksa dana adalah wadah para investor serta pengelola dananya sudah profesional. Secara otomatis, hal tersebut akan memberikan biaya transaksi yang lebih efisien.

6. Aman

Investasi menggunakan reksa dana tingkat risikonya terbilang sangat rendah, khususnya pada reksa dana pasar uang. Hal ini menjelaskan keamanan untuk para investor lebih baik dibandingkan dengan investasi secara individu di bursa efek. Dana para investor tidak dipegang oleh pihak Manajer Investasi, melainkan disetorkan pada bank khusus yang disebut dengan bank kustodian. Dana para investor pun aman dan tidak mengkhawatirkan.

Berinvestasi dengan reksa dana sangat dianjurkan untuk para investor yang sibuk dan juga para pemula yang masih dalam tahap belajar. Tak hanya itu, jenis reksa dana yang minim risiko juga cocok untuk dijadikan sebagai alternatif investasi untuk persiapan masa pensiun, dana pendidikan, atau rencana jangka panjang yang lain.

Manfaat reksa dana di atas menjelaskan bahwa investasi tidak membutuhkan keahlian khusus atau waktu yang mengikat. Siapa saja bisa melakukan investasi reksa dana dengan aman dan nyaman. Reksa dana dapat membantu dalam mewujudkan rencana di masa depan, terutama dalam menstabilkan keuangan.

Referensi:

Phillip Asset Management. Manfaat dan Resiko Reksa Dana. Phillipfunds.co.id: https://bit.ly/35t56gn

Share this Post

Artikel Terbaru