Investasi

Ini Perbedaan Pasar Primer dan Sekunder, Wajib Tahu!

Ada banyak sekali pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh para investor pemula. Misalnya saja perbedaan pasar primer dan sekunder.  Keduanya memang sama-sama menjadi wadah yang mempertemukan investor dengan perusahaan untuk transaksi jual beli instrumen investasi. Namun faktanya, pasar primer dan pasar sekunder memiliki sejumlah perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja ya? Simak informasi berikut, yuk!

Pengertian Pasar Primer dan Sekunder

ACD marketplace
Pasar merupakan tempat bagi penjual dan pembeli bertemu untuk menjual atau membeli suatu komoditas. Dalam konteks tersebut, pasar modal diartikan sebagai wadah perusahaan atau emiten sebagai penjual modal dan investor sebagai pembeli bertemu untuk menjual atau membeli komoditas berupa saham, reksadana, obligasi, atau instrumen permodalan lainnya.

Baik pasar primer maupun pasar sekunder, akan mempertemukan perusahaan dengan investor untuk melakukan transaksi jual beli instrumen investasi. Secara umum, pasar primer alias pasar perdana merupakan tempat bagi investor untuk bertemu emiten yang baru saja merilis sahamnya untuk pertama kali di bursa. Aktivitas dalam pasar ini bisa terwujud saat investor ditawari saham oleh pihak penjamin emisi melalui perantara broker-dealer sebagai agen jual beli instrumen modal.

Sementara itu, pasar sekunder adalah tempat bagi para investor untuk menjual kembali atau membeli saham yang sudah diluncurkan oleh perusahaan yang telah tercatat sebagai emiten di bursa sebelumnya. Sederhananya, pasar sekunder akan mempertemukan investor dengan investor lainnya, bukan dengan perusahaan atau pihak penjamin emisi seperti dalam pasar primer.

Perbedaan Dasar Pasar Primer dan Pasar Sekunder

1. Perubahan Harga Saham atau Efek Lainnya

Dalam pasar primer, harga efek cenderung stabil, sementara di pasar sekunder fluktuatif. Hal ini dikarenakan harga efek di dalam pasar primer terbentuk akibat adanya kesepakatan yang dibuat oleh pihak investor dengan pihak perusahaan penjamin emisi. Berbeda halnya dengan pasar sekunder yang harga efeknya ditetapkan oleh mekanisme pasar yang didasari oleh jumlah permintaan dan penawaran instrumen efek.

2. Biaya

Saat investor membeli produk efek di pasar primer, mereka tidak perlu membayarkan biaya transaksi apapun sebagai syarat administratifnya. Sedangkan dalam pasar sekunder, investor yang tertarik untuk melakukan transaksi jual beli bakal dikenai sejumlah biaya sebagaimana ketentuan dan kesepakatan masing-masing pihak.
ACD lender

3. Pihak yang Terlibat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pasar primer memiliki peran untuk mempertemukan perusahaan penjamin emisi dengan investor berkelebihan dana yang ingin membeli sejumlah instrumen investasi untuk kemudian ditransaksikan kembali dalam pasar sekunder. Sedangkan, pihak yang terlibat dalam pasar sekunder adalah investor saja, baik itu investor institusi atau investor individu.

4. Batas Waktu

Pada dasarnya, tidak ada batasan waktu tertentu untuk melakukan transaksi jual beli di pasar sekunder. Namun, berbeda halnya dengan pasar primer yang waktunya dibatasi dalam kurun waktu singkat.

5. Uang Hasil Jual Beli

Uang hasil jual beli di pasar primer akan langsung masuk ke emiten terkait. Sedangkan, dalam pasar sekunder uang hasil penjualan akan diberikan lebih dulu pada investor institusi atau investor individu yang menjual efek tersebut.

6. Kegiatan Transaksi

Secara umum, pasar primer hanya bisa melakukan kegiatan pembelian efek saja, sedangkan di pasar sekunder bisa untuk transaksi pembelian ataupun penjualan.ACD borrower

 

Itulah beberapa perbedaan pasar primer dan sekunder yang wajib Anda pahami sebagai seorang investor pemula. Sambil memperkaya pengetahuan terkait dengan instrumen investasi, Anda dapat mencoba melakukan pendanaan pinjaman di Investree terlebih dahulu. Mulai dari Rp 1 juta, dapatkan imbal hasil hingga 20% per tahun. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang dan Surat Berharga Negara (SBN Ritel) melalui Investree.

 

Referensi :

Chandra Nathalie, S.E. Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder. Doseninvestor.com : https://bit.ly/3kppF4C

Share this Post

Artikel Terbaru