Investasi

Ini 6 Produk Investasi Syariah yang Dapat Anda Ketahui

Banyak pilihan produk investasi syariah yang bisa Anda coba. Dengan investasi syariah, Anda bisa melakukan investasi dengan aman dan nyaman tanpa takut adanya riba. Anda bisa berinvestasi sekaligus menjalankannya sesuai syariat islam. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa produk investasi secara syariah yang bisa Anda miliki.

Daftar Produk Investasi Syariah

1. Reksa Dana Syariah

Secara garis besar, reksa dana syariah dikonotasikan sebagai instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Dalam hal ini, reksa dana syariah bisa berupa produk pasar uang, saham, atau obligasi dan harus sesuai dengan prinsip syariah. Harga reksa dana di pasar modal sendiri cukup bervariasi. Beberapa diantaranya bahkan bisa dibeli dengan tarif Rp 100 ribuan saja. Oleh karena itu, reksa dana syariah diklaim sebagai instrumen investasi yang sangat cocok bagi para pemula dengan modal kecil.

2. Saham Syariah

Pada praktiknya, jenis investasi saham syariah menerapkan konsep musyarakah, atau penyertaan modal dengan bagi hasil bagi pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi jual-beli. Akibatnya, pengelolaan saham syariah terbebas dari berbagai unsur yang menyertai riba.

3. Sukuk

Sukuk diartikan sebagai efek obligasi berupa sekuritas aset yang memiliki skema pengelolaan yang didasarkan pada syariat Islam. Secara umum, sukuk bisa dibedakan menjadi sukuk korporasi yang diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan swasta dan sukuk negara yang diterbitkan oleh Pemerintah.

 

Jika Anda ingin membeli sukuk negara atau SBN Ritel, Anda bisa membelinya di Investree yang sudah terpercaya dan terdaftar OJK. Daftar sebagai Lender di Investree untuk membeli SBN Ritel secara cepat dan mudah menggunakan prinsip syariah yaitu akad ijarah asset to be leased. Jangan khawatir, investasi pada instrumen SBN Ritel dijamin 100% oleh Pemerintah Republik Indonesia.

4. Deposito Syariah

Sederhananya, deposito syariah merupakan simpanan berjangka yang dikelola atas dasar prinsip syariah. Dimana instrumen investasi ini menempatkan pesertanya sebagai pemilik berikut pengelola dana. Adapun terkait dengan pembagian keuntungannya, akan ditentukan lewat akad mudharabah.

5. Tanah atau Properti

Tanah atau properti termasuk sebagai investasi syariah yang dinilai paling banyak memberikan imbal hasil. Sebab, harga jual keduanya cenderung naik di setiap tahunnya. Namun perlu diingat, sebelum membeli investasi ini, pastikan untuk memperhatikan kembali akses, lokasi, serta risiko bencana di sekitar lokasi tersebut. Mengingat faktor-faktor itu akan mempengaruhi stabilitas harga properti di pasaran.

6. Emas Syariah

Sejak dulu, emas dinilai sebagai investasi yang halal dan sesuai syariat Islam. Bahkan, kebanyakan muslim menjadikan produk emas sebagai alat tukar semasa Nabi dan sahabatnya.

Kenapa Harus Produk Investasi Berbasis Syariah?

1. Bebas Riba

Salah satu alasan mendasar mengapa banyak orang yang lebih percaya pada instrumen investasi syariah adalah bebas riba. Riba sendiri sangat erat kaitannya dengan interest alias bunga yang ditawarkan pihak bank pada nasabahnya.

2. Minim Risiko

Seperti yang kita ketahui, setiap jenis investasi tentulah mempunyai risikonya masing-masing. Hanya saja, pada investasi syariah, perhitungan risiko didasarkan pada unsur kekeluargaan sehingga dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang.

3. Manajemen Islami

Mengingat seluruh proses dan pengelolaan investasi syariah wajib mendasarkan pada syariat islam, investor pasti akan merasa lebih nyaman dan aman saat bertransaksi.

4. Mengedepankan Kegiatan Sosial

Investasi syariah kerap dimanfaatkan sebagai sarana kegiatan sosial. Yang mana manfaat beserta keuntungannya bukan hanya akan dirasakan oleh investor atau pihak lain yang terlibat langsung di dalamnya, namun juga untuk orang lain. Selain itu, produk-produk investasi syariah dapat digunakan sebagai medium penggerak kualitas di bidang ekonomi dengan meminimalisir angka pengangguran.

5. Halal

Pengelolaan investasi syariah terjamin halal sepenuhnya dari hasil yang didapatkan. Prinsip syariat yang dijalankan pada instrumen investasi syariah bisa memberikan banyak manfaat, baik untuk duniawi hingga pertanggungjawaban di mata agama Islam nantinya.

Itulah beberapa produk investasi syariah yang paling banyak diminati akhir-akhir ini untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin melakukan pembiayaan secara syariah, silahkan masuk ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Download aplikasi Investree for Lender sekarang juga di Google Play Store dan App Store.

 

Referensi :

 

29 Mei 2020. Bentuk-Bentuk Investasi Syariah, Keunggulan dan Risikonya. Tokopedia.com : https://bit.ly/3r65LyX

Share this Post