Investasi

Ingin Tahu Lebih Banyak Soal Investasi? Berikut 5 Buku yang Wajib Anda Baca pada 2022

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 yang dilansir dari situs Finansial Bisnis menyebut bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia hanya baru mencapai 38,03%. Indeks literasi keuangan mencakup pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, serta pengelolaan keuangan dalam mencapai kesejahteraan. Literasi keuangan sendiri mencakup pemahaman terhadap produk layanan jasa keuangan formal, termasuk soal investasi. 

Bila pemahaman masyarakat soal investasi masih rendah, keinginan untuk mereka berinvestasi pun jadi minim. Hasil riset yang dilakukan oleh OCBC NISP dan NielsenIQ juga menunjukkan masyarakat yang saat ini didominasi oleh Generasi Z dan Milenial, baru 3% yang memiliki produk investasi dan 16% yang memiliki tabungan dana darurat. Tentu ini juga dipengaruhi oleh rendahnya literasi keuangan yang mereka miliki. Itu mengapa, tidak ada salahnya bila Anda coba memperdalam literasi keuangan yang pasti berguna untuk ke depannya. Nah, berikut Investree punya sederet rekomendasi buku yang bisa Anda baca untuk menambah literasi keuangan terutama soal investasi. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

The Intelligent Investor by Benjamin Graham

Buku juga menjadi buku favorit Warren Buffet, investor terkenal di dunia. Menurutnya buku ini bisa mengajarkan kita sukses berinvestasi saham dengan kemampuan menjaga emosi dan pentingnya analisis. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1949, namun versi yang telah diperbarui juga mencakup komentar dan catatan kaki dari jurnalis keuangan Jason Zweig yang menambahkan sentuhan modernitas. Di buku ini dijelaskan tentang strategi investasi dan praktik membeli saham dengan harga lebih rendah dari nilainya. Ini menunjukkan bagaimana caranya agar Anda sebagai investor bisa menghasilkan uang di pasar saham tanpa mengambil risiko besar, sambil menangani aspek emosional dari praktik investasi itu sendiri. 

The Little Book of Common Sense Investing by John C. Bogle

John C. Bogle adalah pendiri Vanguard Group, perusahaan manajemen investasi di Amerika yang terbiasa memberi saran investasi kepada para nasabahnya. Tak heran bila kemudian beliau menerbitkan buku yang laris-manis di pasaran. Buku ini berfokus pada pembahasan reksa dana indeks atau index fund, yaitu reksa dana yang meniru portofolio indeks acuannya, baik itu indeks saham maupun obligasi. Semakin baik kinerja sebuah reksa dana indeks dapat diukur dari semakin kecilnya selisih nilai dari indeks acuannya. Di buku ini juga menjelaskan strategi investasi reksa dana indeks berbiaya rendah dengan sangat rinci, termasuk tips untuk membuat investasi dana indeks berhasil bagi portofolio Anda. Edisi ulang tahun ke-10 juga diperbarui dengan informasi baru yang berkaitan dengan pasar modern.

The Only Investment Guide You'll Ever Need by Andrew Tobias

Buku yang diterbitkan pada tahun 1970 ini, ditulis oleh penulis yang sekarang menjadi penulis untuk New York Magazine. Di dalamnya Anda bisa menemukan kiat-kiat tentang cara membangun kekayaan dengan apapun kemampuan yang Anda miliki. Cara terbaik untuk mempersiapkan masa pensiun dan bahkan strategi sehari-hari yang akan menyelamatkan keuangan Anda dalam jangka panjang. Semua dijabarkan dengan gaya penulisan yang cerdas dan lugas. Tobias juga merupakan penulis buku terlaris New York Times "Fire and Ice" dan "The Invisible Bankers". 

The Money Manual by Tonya B. Rapley

Karya Tonya Rapley ini adalah tempat yang ideal untuk memulai investasi bagi generasi milenial yang tak tahu harus memulainya dari mana atau mereka yang tak yakin apa yang harus mereka lakukan dengan uang yang mereka miliki. Di antara berbagai topik investasi yang dibahas, terdapat pembahasan tentang teknik pengelolaan uang sederhana, strategi menetapkan tujuan keuangan, cara meningkatkan dan membangun nilai kredit/pinjaman, dan bahkan cara mengatasi utang pinjaman mahasiswa yang banyak dialami para pelajar di Amerika. Rapley sendiri adalah pendiri My Fab Finance, sebuah perusahaan financial education and lifestyle yang membantu para milenial mengatasi masalah keuangan yang mereka alami.

Rich Dad Poor Dad by Robert T. Kiyosaki

Rich Dad Poor Dad merupakan salah satu buku keuangan pribadi paling populer sepanjang masa. Kenapa? Ya, di buku ini terdapat cerita kisah penulis yang tumbuh bersama ayahnya dan ayah temannya, serta apa yang dia pelajari dari kedua ayah tersebut. Mulai dari pengelolaan aset dan kewajiban, hingga bagaimana cara Anda bisa menghasilkan uang lebih banyak tanpa perlu penghasilan besar, serta hal apa saja yang tidak dibutuhkan anak-anak Anda. Selain materi tentang finansial, buku ini juga menyelipkan soal parenting yang berguna untuk mendidik anak soal keuangan sejak dini. Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1997, namun edisi ulang tahun ke-20 juga berisi pembaruan dari sang penulis. 

Pentingnya literasi keuangan juga yang akan membentuk kesehatan finansial. Ketika Anda memiliki literasi yang tepat dan lengkap terkait cara mengelola keuangan serta membangun aset masa depan, kesehatan finansial pun akan semakin mudah diraih. Karena nyatanya, masih ada 85,6% generasi muda yang tergolong "kurang sehat" secara finansial yang bisa dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman dalam mengelola keuangan dengan benar. Eits, jangan sampai Anda salah satunya. Yuk, berbenah demi masa depan yang lebih baik!

Referensi:

Rachel Morgan Cautero. 2 November 2021. The 12 Best Investing Books of 2022. Thebalance.com: https://bit.ly/3KcYbuL 

Fajar Widhiyanto. 7 September 2021. Saat Tingkat Literasi Keuangan Milenial Tak Setinggi Populasinya. Investor.id: https://bit.ly/3tqHZAb

Dionisio Damara. 28 September 2021. Tingkat Literasi Keuangan Masih Rendah, OJK Pasang Target Tinggi pada 2024. Bisnis.com:https://bit.ly/3qtr5PH

Share this Post