Investasi

Berikut Pengertian Broker Serta Perannya Bagi Investor

Ada berbagai istilah dan peran dalam dunia investasi saham yang harus dipahami oleh para investor. Salah satunya, adalah broker. Broker adalah unsur penting pada kegiatan investasi yang merupakan perantara transaksi dengan pasar modal. Inilah pengertian dan peran broker yang harus Anda pahami sebelum mulai berinvestasi.

ACD marketplace

Mengenal Pengertian dan Peran Broker

Broker adalah sebuah profesi yang juga biasa disebut dengan pialang saham. Broker bisa berupa perseorangan atau perusahaan yang nantinya menjadi perantara di perdagangan pasar modal.  Tugas dari broker adalah sebagai jembatan penghubung transaksi antara investor dan pasar modal. Jadi, ketika Anda ingin melakukan investasi saham, Anda harus menggunakan broker supaya transaksi saham bisa diproses. 

Broker memiliki tanggung jawab yang penting. Paling utama yang perlu menjadi fokus broker yaitu membangun serta memelihara hubungan antara investor dengan pihak dari pasar modal. Kepuasan transaksi pun juga menjadi hal yang perlu diperhatikan betul oleh para broker. Intinya, broker perlu memberikan layanan yang maksimal pada investor juga pihak pasar modal.

  1. Melakukan Transaksi

Tugas dan tanggung jawab broker yang pertama adalah menjalankan transaksi. Seluruh transaksi antara investor dan pihak pasar modal diperantarai broker. Jika kesepakatan sudah jadi, tugas broker mempersiapkan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat untuk penjualan. Komunikasi yang baik dan rutin dengan investor sangatlah diutamakan di sini. 

  1. Menganalisa Pasar Modal

Tugas broker selanjutnya adalah melakukan analisa pada pasar modal. Pialang perlu melakukan hal ini guna bisa memberikan saran untuk kebaikan investor. Pialang memang akan lebih cermat serta teliti saat mengamati dan memahami pasar modal. Sebab pialang pasti sudah memiliki pengalaman yang banyak di pasar modal sebelumnya, sehingga sudah memahami betul seluk beluk pasar modal. 

Analisa yang dilakukan broker biasanya mencakup pengetahuan tentang produk serta layanan yang disediakan perusahaan. Oleh karena itulah pialang pasti bisa memberikan rekomendasi produk serta layanan yang sesuai dengan kebutuhan investor.

  1. Menjaga Hubungan dengan Klien

Broker memegang peran penting dalam menjaga hubungan baik antara investor dengan pelanggan. Caranya adalah dengan melakukan identifikasi masalah serta memberikan solusinya hingga melakukan tindakan selanjutnya. Broker pun juga bertanggung jawab dalam melakukan analisa data dan tren pasar hingga menjaring pelanggan potensial. 

ACD lender

Seberapa Penting Peran Broker?

Dilihat dari tanggung jawabnya fungsi broker di sini adalah untuk menyelesaikan masalah serta berperan sebagai perantara. Selain itu pialang juga memiliki fungsi sebagai penyedia informasi yang berhubungan dengan pasar modal. Berbagai peran broker adalah: 

  1. Sebagai platform

Broker umumnya pasti menyediakan situs atau software maupun platform online yang bisa memudahkan para investor untuk melakukan investasi dimana saja dan kapan saja. Sehingga, peran broker dalam hal ini sangat penting supaya kegiatan investasi bisa berjalan dengan lancar. 

  1. Melakukan analisis

Penting bagi para broker untuk memberikan pelayanan analisis yang selalu dibutuhkan oleh para trader dan investor. Dengan analisa tersebut trading yang dilakukan tidak akan asal namun didasari dari hasil analisa pasar modal yang cermat dan mendalam. 

  1. Melancarkan Transaksi

Peran paling penting di sini adalah sebagai perantara sebuah transaksi antara pihak pasar modal dengan investor. Tanpa adanya broker tidak akan ada transaksi yang berlangsung. Selain itu pialang juga memberikan berbagai instrumen seperti saham, komoditi, dan masih banyak lagi. 

Demikian penjelasan singkat mengenai broker dan peran pentingnya. Pada dasarnya, broker adalah penghubung antara investor dan pasar modal dalam kegiatan investasi saham. Jika ditanya seberapa penting peran broker tentu sangat penting. Tanpa broker, kegiatan investasi tidak akan bisa berjalan dengan baik. 

ACD borrower

Referensi: 

Hasna Wijayanti. 2020. Pengertian Broker, Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Portalilmu.com. https://bit.ly/3BZ9DpK

Share this Post

Artikel Terbaru