Investasi

Berikut 6 Manfaat Investasi Jangka Panjang, Wajib Tahu!

Salah satu manfaat investasi jangka panjang yang bisa dinikmati oleh pelakunya adalah masa tua yang lebih terjamin dan nyaman. Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis instrumen investasi yang tersebar di masyarakat umum, mulai dari penanaman modal dengan dana yang kecil hingga besar. Terlepas dari nominalnya, investasi jangka panjang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dengan mudah dan cepat.

Manfaat Investasi Jangka Panjang

1. Masa Tua yang Lebih Terjamin

Dengan perhitungan matang, passive income yang didapat dari investasi bisa jadi sumber pendapatan di masa tua sehingga memberi kenyamanan secara psikis juga fisik. Sebab, nilai investasi bakal terus bertambah dari waktu ke waktu, sehingga bisa menjadi tabungan tersendiri di luar kebutuhan pokok masa kini. Inilah mengapa gagasan memulai investasi di usia muda saat masih produktif dianggap sangat penting.

2. Menjaga Aset dari Inflasi

Dari tahun satu ke tahun berikutnya, angka inflasi cenderung mengalami kenaikan. Meski tidak selalu signifikan, namun kenaikan inflasi jelas berimbas pada nilai aset. Kondisi ini mengakibatkan nilai mata uang, khususnya rupiah, menurun/melemah. Nah, untuk menjaga nilai aset yang Anda miliki supaya tidak tergerus oleh inflasi, maka mengalihkan modal aset ke investasi adalah hal yang bijak untuk dilakukan.

3. Mempersiapkan Masa Depan yang Lebih Baik

Manfaat lain dari investasi ini adalah dapat digunakan untuk persiapan masa depan. Baik itu untuk investor pribadi, bersama dengan pasangan, ataupun masa depan dari anak-anaknya. Misalnya saja investasi pendidikan, biaya pernikahan, pembelian rumah, dan lain sebagainya.

4. Lebih Siap dalam Menghadapi Masa Pensiun

Investasi yang dilakukan saat masih muda akan membuat Anda memiliki dana yang cukup untuk menghadapi masa pensiun nanti. Seperti yang kita pahami, masa-masa dimana kita sudah tak lagi produktif dalam bekerja pasti akan tiba. Entah itu pekerjaan di sektor formal maupun informal. Tanpa persiapan yang matang, keadaan fisik dan pikiran yang tak lagi mumpuni, masa pensiun bisa saja menjadi berat untuk dilalui. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan baik melalui program investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

5. Financial Freedom

Secara garis besar, financial freedom merupakan sebuah kondisi dimana seseorang sudah mampu mencukupi seluruh kebutuhan sehari-harinya bahkan tanpa perlu bekerja lagi. Nah, salah satu manfaat utama dari kegiatan berinvestasi adalah membantu investor merasakan kebebasan finansial. Semakin besar nilai investasi yang ditanamkan, akan semakin besar pula peluang Anda merasakan financial freedom di kemudian hari.

6. Memberikan Penghasilan Tambahan

Investasi pada dasarnya bisa dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Semisal saja Anda merupakan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, investasi yang Anda lakukan merupakan bentuk pekerjaan sampingan yang memiliki peran sebagai penghasil uang tambahan. Lebih jauh, penghasilan tambahan yang dimaksud diperoleh dari hasil laba yang dihitung dengan mengurangkan selisih harga beli dan harga jual suatu instrumen investasi. Atau bisa juga diperoleh dari pembagian dividen dan/atau bunga majemuk oleh pemegang efek.

Demikianlah sekilas informasi mengenai ragam manfaat investasi jangka panjang yang perlu Anda ketahui. Memutuskan untuk memulai investasi sedini mungkin (tentu saja dibarengi persiapan yang matang) saat Anda masih produktif dalam bekerja akan berdampak baik kondisi finansial Anda di masa mendatang. Jadi, yakin masih mau menunda melakukan investasi?

Referensi:
Rifzan. Memahami Pengertian, Jenis dan Manfaat Investasi Jangka Panjang. Carainvestasibisnis.com : https://bit.ly/2SMRWYX

Share this Post

Artikel Terbaru