Investasi

Berikut 6 Jenis-Jenis Investasi yang Wajib Kamu Ketahui

Investasi sering diartikan sebagai kegiatan penanaman modal untuk meningkatkan kekayaan investor melalui distribusi jenis investasi demi memperoleh royalti, dividen, atau imbal hasil. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan aset kekayaan, penerapan gaya hidup hemat, serta memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Menyinggung soal jenis, investasi dibagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan besaran nilai investasi, jangka waktu, dan skalanya.

Macam-Macam Investasi

1. Deposito

Deposito merupakan produk investasi yang disediakan oleh perbankan bagi para nasabahnya yang ingin meraih manfaat lebih selain dengan membuka rekening tabungan. Investasi dalam bentuk deposito dibagi menjadi sertifikat deposito dan deposito berjangka.

2. Saham

Perusahaan-perusahaan besar kelas nasional dan internasional banyak melakukan investasi dalam bentuk saham. Secara garis besar, saham merupakan bentuk lain dari aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Sebagai contoh, Anda mempunyai saham sebesar 50% dari sebuah perusahaan, maka bisa disimpulkan Anda memiliki setengah dari total aset yang dikantongi perusahaan tersebut. Biasanya, saham dibuat dalam bentuk surat berharga untuk menunjukkan kepemilikan investor.

3. Obligasi

Obligasi umum ditemui pada bisnis yang mengakomodasi jasa pinjaman modal. Manfaat yang akan diperoleh dari investasi obligasi cenderung lebih tinggi dibandingkan deposito, mengingat bunga yang ditawarkan pun lebih tinggi. Kendati demikian, menginvestasikan modal finansial Anda pada obligasi cukup beresiko karena jika si peminjam modal bangkrut, kemungkinan besar utang modal yang Anda berikan tidak akan dibayarkan.

4. Reksa dana

Reksa dana turut meramaikan dunia investasi di kalangan pebisnis dan masyarakat umum. Pada dasarnya, reksadana merupakan tempat untuk menghimpun uang secara kolektif untuk kemudian dikelola oleh manajer. Seluruh manfaat dari kegiatan ini akan dibagi rata kepada semua investor yang bergabung. Tidak mengherankan jika kemudian reksadana disebut-sebut sebagai tempat berkumpulnya para investor.

5. Emas

Sebagian masyarakat Indonesia menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas. Jika dibandingkan dengan bentuk investasi riil lainnya, emas memiliki manfaat yang lebih beragam. Selain dalam bentuk perhiasan, investasi ini bisa berupa emas murni dan emas batangan.

6. Investasi Properti

Investasi properti termasuk dalam tipe investasi non riil lantaran tidak melibatkan uang secara langsung, melainkan berupa bangunan seperti gedung, rumah, atau apartemen. Investasi properti pun terus diminati dikarenakan harga jual sebuah properti cenderung mengalami kenaikan.

Ragam Investasi Khusus

1. Investasi Berdasarkan Asetnya

Jika ditilik berdasarkan asetnya, aset riil merupakan investasi yang berwujud seperti halnya sebuah properti. Sementara aset finansial (financial asset) adalah suatu dokumen klaim tidak langsung terhadap sebuah aktivitas riil yang diterbitkan oleh sekuritas tertentu.

2. Investasi Berdasarkan Sumber Pembiayaannya

Investasi berdasarkan sumber pembiayaannya dibagi menjadi 2 bagian. Yakni investasi yang bersumber dari modal asing dan investasi dari modal dalam negeri.

3. Investasi Berdasarkan Pengaruhnya

Terdapat 2 macam investasi berdasarkan pengaruhnya yang banyak dipilih masyarakat. Yang pertama ialah investasi autonomous atau investasi yang tidak dipengaruhi oleh tingkat pendapatan investor. Yang kedua adalah investasi included atau suatu investasi yang dipengaruhi oleh peningkatan permintaan barang dan/ atau jasa.

Demikian sekilas informasi mengenai jenis investasi yang menjadi primadona di Indonesia. Kalau Anda, pilih yang mana?

Referensi:

Guru Ekonomi. 1 Agustus 2020. Investasi Adalah. https://bit.ly/35qa6lS

Share this Post